Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Menarik Film 'Laura', Kisah Perjuangan Mendapat Keadilan!

Cerita berdasarkan true story

Adinda Tasya Mutiara

Rumah produksi MD Pictures kembali menghadirkan sebuah film berjudul LAURA yang diadaptasi dari kisah nyata (true story) mengenai perjalanan hidup mendiang selebgram, Edelenyi Laura Anna, berdasarkan sudut pandang keluarga perempuan tersebut.

Film ini dirancang khusus untuk menceritakan kehidupan Laura semasa hidupnya, mulai dari momen bahagia bersama keluarga dan teman, hingga mengalami kecelakaan dengan sang kekasih, sampai akhirnya harus berjuang demi keadilan.

Kali ini, Popbela akan memberikan fakta-fakta menarik setelah melihat cuplikan dan poster film LAURA yang baru pertama kali ditampilkan kepada publik pada Senin (27/5/2024) di Lantai 8 Gedung MD, Kuningan, Jakarta Selatan. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak!

1. Diangkat dari kisah nyata

Popbela.com/Adinda Tasya Mutiara

Film LAURA dibuat oleh MD Pictures berdasarkan kejadian-kejadian penting dalam hidup sang selebgram. Di mana Laura Anna yang kala itu masih berusia 19 tahun, harus berjuang sembuh sambil mencari keadilan atas kasus kecelakaan yang menimpanya bersama sang kekasih di tahun 2019 lalu.

Laura sendiri mengalami kelumpuhan lantaran menderita Spinal Cord Injury atau cedera tulang belakang. Namun, atas kejadian buruk yang menimpanya itu, Laura masih mempunyai semangat hidup yang luar biasa. 

2. Menggunakan barang asli milik Laura

Instagram.com/filmlaura

Menariknya, selama proses produksi film tersebut, beberapa properti ada yang menggunakan barang asli milik mendiang Laura Anna, seperti kursi roda dan boneka. Hal ini diungkap langsung oleh Amanda Rawles, selaku pemeran Laura saat menghadiri acara Launching Trailer & Poster Film LAURA tersebut.

“Saat syuting hari pertama, itu kata tim art kita tuh menggunakan peralatan aslinya Laura, dari kursi roda, dari bonekanya. Dan aku nggak tahu, posisinya aku belum tahu,” ucap Amanda.

3. Tayang perdana di bulan kelahiran Laura

Popbela.com/Adinda Tasya Mutiara

Produser film LAURA, Manoj Punjabi, membocorkan kalau MD Pictures akan merilis film tersebut pada 12 September 2024, tepat di bulan kelahiran Laura. Sebagai informasi, Laura Anna merupakan perempuan kelahiran 20 September 2000, sehingga kisah kehidupannya akan ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia satu pekan menjelang hari ulang tahunnya.

"Tunggu tanggal tayang, 12 September 2024 bertepatan ulang tahunnya juga 20 September. Jadi momen yang tepat kami merayakan, kami mengenang Laura,” kata Manoj Punjabi.

4. Inspirasi poster

Instagram.com/filmlaura

Poster film LAURA ternyata terinspirasi dari salah satu unggahan Laura itu sendiri yang terlihat akun Instagram @edlnlaura sekitar tahun 2021. Kala itu, Laura mengunggah foto bersama sang kakak, Greta Iren, dengan keterangan foto "Kelas bela diri • klarifikasi balik". 

Melihat hal tersebut, MD Pictures merasa unggahan Laura bersama Greta sangat layak dijadikan poster karena memiliki banyak makna yang terkandung di baliknya. Hal ini juga dijelaskan langsung oleh Greta yang mengungkapkan bahwa unggahan itu merupakan awal mula perjuangan.

"Posting pertama kali Laura memperjuangkan haknya dia. Apalagi dengan caption ‘Kelas bela diri’, ini adalah awal mula kenapa akhirnya Laura mencari keadilan untuk dirinya sendiri," jelas Iren.

5. Nama karakter yang diubah

Instagram.com/filmlaura

Meskipun jalan ceritanya diambil dari kisah nyata, namun MD Pictures tetap memilih mengubah nama karakter nyata yang sebenarnya sudah menjadi konsumsi publik. Manoj Punjabi menjelaskan bahwa pergantian nama itu dilakukan lantaran pihaknya ingin interpretasi cerita tetap berada di sudut pandang keluarga Laura.

"Teman-temannya kami interview, kami dapat faks-nya dan akhirnya jadi film. Filmnya very real. I can't imagine it already, jadi tinggal tunggu tanggal dan harinya, saya harap banyak yang bisa kita pelajari dari film ini. Saya juga tetap mau berada di sudut pandang keluarga laura dan tidak mau menghakimi siapa pun" jelas Manoj.

Itulah kelima fakta menarik dari film LAURA. Jangan sampai ketinggalan menjadi bagian perjuangan dari Laura melalui film ini, ya!

IDN Channels

Latest from Single