Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Keluarga Raline Shah, Anak Konglomerat di Medan!

Karier Raline sukses berkat didikan ayahnya

Adinda Tasya Mutiara

Raline Shah merupakan salah satu aktris Indonesia yang namanya sudah melanglang buana. Kini, dirinya semakin dikenal berkat bakat dan pesonanya yang sangat memukau. Namun fakta menarik lainnya, Raline sendiri terlahir dari keluarga terpandang di Medan, Sumatra Utara. 

Anak pertama dari Rahmat Shah, seorang pengusaha, politisi, sekaligus pemilik Rahmat International Wildlife Museum and Gallery, ini diketahui tumbuh serta berkembang dengan dorongan kuat dan kedisiplinan dari kedua orang tuanya. 

Penasaran dengan kisah lebih lengkap tentang keluarga Raline? Yuk, kita intip lebih dalam!

1. Terlahir dari keluarga terpandang

Instagram.com/ralineshah

Raline lahir dan tumbuh dalam keluarga konglomerat terkenal di Medan. Ayahnya, Rahmat Shah, sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dengan berbagai usaha sukses di industri pertanian, properti, manufaktur, ekspor, dan impor. 

Perusahaan besar yang lahir dalam bidang tersebut antara lain, Cakra Compact Alumunium Industries, PT Unitwin Indonesia, PT Wiraco, dan mengembangkan Cemara Hijau, sebuah kompleks perumahan di Medan. 

Tidak hanya dikenal kaya, keluarga ini juga punya kepedulian besar terhadap lingkungan. Alhasil, sejak kecil Raline diketahui cukup aktif terlibat dalam berbagai gerakan cinta lingkungan dan sekitarnya yang menjadi sebuah komitmen hingga kini.

2. Latar belakang beragam

Instagram.com/ralineshah

Raline memiliki latar belakang yang sangat menarik, dengan kombinasi darah Melayu, Pakistan, dan Tionghoa dari kedua orang tuanya. Tak banyak yang menyadari bahwa ibunya, Roseline, adalah warga negara Singapura. Dari sang ibu, Raline juga mendapatkan warisan budaya Melayu Singapura-Malaysia. 

3. Anak pertama dari tiga bersaudara

Instagram.com/ralineshah

Sebagai anak pertama dalam keluarga, Raline memiliki dua adik laki-laki bernama Rollin Shah dan Rollan Shah. Diketahui, Rollin, sang adik tertua telah melepas lajang usai meminang perempuan idamannya pada 7 April 2022. Pernikahan mereka digelar dengan indah di Bali, dikelilingi oleh panorama lautan yang memukau

4. Punya kebun binatang keluarga

Instagram.com/ralineshah

Sejak kecil, Raline sudah akrab dengan dunia satwa dan petualangan. Hal ini disebabkan oleh ayahnya yang mempunyai hobi berburu, sehingga sangat peduli terhadap pelestarian hewan langka. 

Kepeduliannya ini diwujudkan dengan mendirikan Rahmat International Wildlife Museum and Gallery, sebuah museum yang telah menerima banyak penghargaan nasional dan internasional atas upayanya dalam konservasi satwa liar dan perlindungan habitat. 

Museum ayah Raline diinformasikan menjadi yang pertama di Asia dengan koleksi lebih dari 5.000 spesimen taksidermi. Bahkan pada 1996, Rahmat mengambil alih kebun binatang terbesar di Sumatra Utara, Pematangsiantar, lho.

5. Sang ibu mempunyai jiwa sosial tinggi

Instagram.com/ralineshah

Seolah saling melengkapi, ibu Raline yang bernama Roseline adalah sosok yang penuh kepedulian terhadap orang-orang di sekitarnya. Ia dikenal sebagai pegiat di YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), sebuah lembaga yang memberikan pendidikan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, baik mental maupun fisik. 

Tak hanya itu, Roseline juga pernah menjabat sebagai Presiden Women's International Club di Medan pada tahun 2002 hingga 2004. Hal ini sangat menunjukkan dedikasinya dalam memberdayakan perempuan lewat komunitas yang tersedia.

6. Didikan tegas ayahnya

Instagram.com/ralineshah

Raline pernah berbagi cerita menarik tentang cara sang ayah mendidik anak-anaknya. Sejak kecil, mereka sudah diajarkan disiplin, bahkan dituntut untuk selalu meraih peringkat satu di sekolah. Jika tidak berhasil, hukuman yang menanti adalah larangan untuk ikut liburan keluarga. 

Dia mengungkapkan bahwa ayahnya selalu merasa kecewa jika anak-anaknya tidak mencapai hasil maksimal di sekolah. Sehingga, pengalaman Raline ditinggal liburan selama sebulan itu pun meninggalkan bekas yang cukup dalam.

7. Dekat dengan neneknya

Instagram.com/ralineshah

Raline bukan hanya akrab dengan keluarga intinya saja, tetapi ia juga memiliki ikatan yang sangat erat dengan nenek dari pihak ibunya. 

Meskipun sudah berusia lanjut, nenek Raline tetap menunjukkan semangat yang luar biasa. Bahkan, sang nenek sering disebut-sebut selalu terlihat awet muda. Menariknya, momen spesial yang terekam dalam foto antara Raline dan sang nenek sukses menjadi perhatian banyak orang.

Itulah tujuh fakta tentang keluarga Raline Shah yang sangat memukau. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Single