Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Konsep Wedding Dream Sederhana tapi Tetap Berkesan

Tak selalu mewah, sederhana pun bisa berkesan

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Wedding dream sederhana saat ini menjadi pilihan tepat bagi pasangan yang ingin lebih menghemat budget. Pasalnya, merencanakan pernikahan impian tak selalu harus mengeluarkan biaya yang besar dan menggunakan dekorasi yang mewah. Dengan kesederhanaan, kamu tetap bisa menciptakan suasana pernikahan yang intim, hangat, dan lebih dekat tanpa harus menguras kantong. 

Keindahan wedding dream sederhana bisa dilihat dari kreativitas kita. Dari lokasi yang nyaman, dekorasi minimalis, hingga pakaian pengantin yang simpel namun elegan. Semua dapat direncanakan dengan cermat.

Berikut ini Popbela akan merangkum artikel tentang konsep wedding dream sederhana hingga tipsnya sebagai berikut.

1. Halaman rumah

peperlovephotography.com

Menggelar pernikahan di halaman rumah bisa jadi idewedding dream sederhana, karena memberikan suasana yang sangat intim dan hangat. Kamu bisa menghemat biaya sewa tempat sekaligus memberikan sentuhan personal pada setiap detail acara.

Hiasi halaman dengan bunga-bunga segar, lampu hias, dan meja makan sederhana. Mungkin bisa juga dengan menambahkan tenda jika cuaca tidak bisa diprediksi. Dengan latar belakang yang familier dan nyaman, tamu undangan akan merasa lebih santai dan dekat dengan pengantin.

Selain itu, pernikahan di halaman rumah membuatmu lebih leluasa dalam menentukan tata letak dan dekorasi sesuai selera.

2. Menikah di KUA

Instagram.com/vebbypalwinta

Ingin wedding dream sederhana tanpa mengeluarkan banyak budget? Ada solusi praktis yang bisa kamu pilih, yaitu menikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Menikah di KUA umumnya tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Hal ini tentu sangat membantu bagi pasangan yang ingin menikah tanpa harus terbebani oleh biaya besar.

Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp30.000 saja. Proses pengurusan administrasinya pun cukup mudah dan cepat, sehingga kamu bisa fokus pada persiapan lainnya untuk hari bahagiamu. 

3. Menggelar intimate wedding dengan orang-orang terdekat

Green Wedding Shoes

Menggelar intimate wedding dengan hanya mengundang orang-orang terdekat bisa menjadi pilihan konsep yang menarik untuk wedding dream sederhana. Selain sederhana dan minimalis, pernikahan dengan konsep ini akan terasa lebih spesial karena semua tamu yang hadir adalah orang-orang yang kamu kenal baik. Dengan demikian, kebahagiaanmu akan lebih terasa karena dibagikan dengan orang-orang yang benar-benar dekat denganmu, menciptakan suasana yang akrab dan penuh kasih.

4. Kafe atau restoran kecil

Bridestory

Memilih kafe atau restoran kecil dengan dekorasi unik bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk wedding dream sederhana. Suasana yang nyaman dan dekoratif memberikan sentuhan keindahan tersendiri bagi mata yang memandang.

Tambahkan menu makanan atau minuman yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Setiap hidangan mulai dari appetizer hingga dessert akan membuat acara ini menjadi sebuah perayaan yang benar-benar berkesan.

5. Hutan atau kebun

Green Wedding Shoes

Latar belakang hijau di hutan atau kebun terasa menyejukkan dan alami. Dekorasi sederhana seperti meja kayu, lilin, dan bunga liar cukup untuk memperindah suasana untuk wedding dream sederhana kamu dan pasangan. Pernikahan di alam terbuka ini juga memberi kesan seolah kembali ke alam, cocok bagi pasangan yang menyukai nuansa rustic dan bohemian.

6. Tempat ibadah

Instagram.com/qausarhy

Melangsungkan pernikahan di tempat ibadah tentu sesuatu yang sederhana namun bermakna. Tempat ibadah biasanya sudah memiliki dekorasi tersendiri, atau jika memang diperlukan kamu bisa menambahkan kreativitas dekorasimu sendiri. Prosesi pernikahan yang khidmat di tempat yang sakral adalah sebuah momen yang berkesan seumur hidup.

Tips menggelar wedding dream sederhana

Freepik.com/freepik

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa menggelar pernikahan membutuhkan banyak biaya, padahal tidak selalu, lho, Bela. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menggapai wedding dream kamu dengan sederhana, yaitu:

  1. Tetapkan prioritas dan anggaran. Fokuskan dana pada elemen penting seperti lokasi, pakaian, dekorasi, dan makanan.
  2. Pilih lokasi yang terjangkau serta pertimbangkan untuk menggelar acara di luar musim pernikahan untuk harga lebih murah. 
  3. Batasi jumlah tamu untuk mengurangi biaya dan alokasikan anggaran pada hal-hal penting.

Itulah beberapa konsep wedding dream sederhana yang bisa kamu contek. Inti dari pernikahan adalah merayakan cinta dan kebersamaan, bukan seberapa besar biaya yang dikeluarkan.

IDN Channels

Latest from Married