Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Standing Party dalam Pernikahan dan Tips agar Tetap Nyaman

Simple dan menghemat budget

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Standing party kini semakin menjadi tren dalam acara pernikahan modern. Konsep ini memungkinkan para tamu menikmati hidangan sambil berdiri, memberikan suasana yang lebih santai dibandingkan dengan jamuan tradisional. Hal ini menjadikan momen pernikahan terasa lebih hangat dan inklusif.

Konsep ini juga sering kali lebih hemat biaya, karena tidak memerlukan tata letak yang rumit. Tak heran, jika standing party semakin banyak dipilih sebagai solusi jamuan makan dalam pernikahan yang berkesan dan efisien.

Berangkat dari pembahasan ini, yuk simak apa itu standing party dan tips mengadakannya sebagai berikut.

Apa itu standing party?

Pexels.com/Ahmet Kucukkara Photography

Standing party adalah sebuah konsep pesta yang digunakan untuk menjamu tamu undangan dalam jumlah besar. Cara ini dipilih karena dapat memaksimalkan pemanfaatan area pesta, serta dapat menambah euphoria.

Konsep ini sering kali dihubungkan dengan acara pernikahan. Dalam pengertian lain, standing party merujuk pada layanan jamuan makan, di mana para tamu menikmati hidangan sambil berdiri. Hal ini terjadi karena tidak adanya tempat duduk atau kursi yang disediakan selama jamuan tersebut.

Tips menggelar standing party

Mengadakan standing party juga perlu tips and tricks-nya lho, Bela. Supaya nggak gagal, ini dia tips menggelar standing party untuk pernikahanmu.

1. Memilih venue pesta yang luas

bridestory.com

Agar pesta berjalan lancar, tentunya kenyamanan tamu perlu diperhatikan. Dalam mengadakan standing party, pilihlah tempat pesta yang sesuai dengan kapasitas tamu. Hal ini bertujuan agar para undangan dapat leluasa dan nyaman saat menikmati acara.

2. Mengatur tamu undangan

Pexels.com/Juliano Astc

Tips menggelar standing party selanjutnya adalah membuat suasana yang ramai tetap kondusif. Jadi penting untuk mengatur jadwal kunjungan para tamu undangan. Dengan begitu, area pesta dapat dihadiri lebih banyak orang karena waktu kedatangan telah diatur.

Meski terlihat efisien, tips ini juga perlu pertimbangan karena membuat durasi acara lebih panjang. Maka dari itu, pemilik acara pernikahan perlu mendiskusikan hal ini dengan pasangannya. Jika sepakat, hal ini bisa diterapkan.

3. Percepat durasi acara

Pexels.com/Alax Matias

Umumnya sebuah acara atau perayaan akan dilaksanakan dalam waktu yang panjang. Namun dalam gelaran standing party, mempersingkat durasi acara adalah sebuah solusi. Hal ini bertujuan untuk mencegah para tamu berdiri kelelahan karena melewati panjangnya prosesi acara. Bisa dibilang, tamu dapat mengikuti bagian menarik dalam pesta meskipun dalam waktu singkat.

4. Sediakan meja

bridestory.com

Meskipun standing party biasanya dinikmati sambil berdiri, tapi tidak ada salahnya menyediakan beberapa meja. Jadi, meja berfungsi sebagai tempat untuk menikmati makanan bagi tamu undangan yang kesusahan menikmati makanannya.

Dengan adanya meja, mereka dapat menikmati makanan lebih mudah. Hal ini juga bisa menjadi antisipasi saat ada tamu yang sedang kurang sehat.

5. Susun beberapa kursi

younghipandmarried.com

Tak hanya meja, standing party juga perlu disarankan menyediakan beberapa kursi. Meski tak banyak, tapi ini bisa sangat membantu kalau ada beberapa tamu yang kelelahan. Agar penggunaannya maksimal, pemilik acara bisa berdiskusi dengan penyusun acara. Biasanya, kursi akan dibagi dibeberapa bagian dan diletakkan pada tempat yang sesuai kebutuhan.

Itulah pembahasan tentang standing party dalam pernikahan modern beserta tips menggelar standing party dalam pernikahan. Apa kamu tertarik dengan konsep ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Married