Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menyesal Menikah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Jangan sampai salah mengambil keputusan

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Menyesal menikah mungkin pernah dirasakan oleh banyak orang, bahkan mungkin kamu sedang mengalaminya. Padahal sebelum itu, kamu merasa sangat bahagia dan meyakini bahwa dia adalah pasangan terbaik untukmu. Namun, begitu masuk ke dalam dunia pernikahan, semuanya terasa berbeda, bahkan muncul keraguan.

Banyak faktor yang menyebabkan semuaya terjadi. Entah itu rasa kecewa atau tingginya ekspektasi sehingga kamu merasa salah dalam mengambil keputusan. Namun, rumah tangga tak seperti pacaran yang mudah saja meminta putus.

Pernikahan bukanlah hal sepele, karena itu sangat sakral. Jadi jika kamu sedang dalam situasi menyesal menikah dengannya, ikuti cara-cara berikut ini yang dikutip dari laman Marriage Dynamics.

1. Mengingat kembali kisah kalian

Pexels.com/KATRIN BOLOVTSOVA

Mengapa kamu dan pasanganmu menikah? Coba pikirkan kembali tentang apa yang membuat kalian bersatu dan ungkapkan kenangan itu dalam percakapan. Kemudian bicarakan cara-cara untuk meninjau kembali atau menciptakan lagi apa yang membuat kalian saling jatuh cinta.

2. Bicara dari hati ke hati

Freepik.com/freepik

Mungkin ini saatnya untuk membicarakan secara jujur ​​tentang ekspektasimu terhadap pernikahan. Tanyakan pasanganmu apa gagasannya tentang pernikahan ideal, dan sampaikan pendapat mu mengenai hal tersebut. Apakah ada kesamaan pendapat di antara kalian? Kembangkan itu.

Cobalah untuk menghadapi situasi ini dengan kerendahan hati. Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna.

3. Luangkan waktu

Freepik.com/DC Studio

Prioritaskan kamu dan pasangan untuk terhubung secara teratur. Jika jadwal padat, setidaknya duduklah 5-10 menit sebelum tidur dan saling mengobrol. Kalau bisa, keluarlah sendiri seminggu sekali, meski hanya satu jam. Secara bergiliran menanyakan kabar, dan dengarkan baik-baik apa yang dia katakan. Jangan menawarkan solusi atau nasihat kecuali diminta, cukup dengarkan saja.

4. Tonjolkan hal positif

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Buatlah daftar tentang apa saja yang kamu hargai dari pasanganmu. Simpan daftar itu di dompet atau ponselmu dan tambahkan ketika ada hal lain yang terlintas dalam pikiran. Tinjaulah daftar ini secara berkala, terutama ketika kamu jauh dari pasangan atau sedang berselisih paham.

5. Mendekatkan diri pada Tuhan

Pexels.com/olia danilevich

Ketika kamu menyesali pernikahanmu ini, sampaikan kekhawatiran itu kepada Tuhan dalam doa. Mintalah petunjuk untuk mengungkapkan tentang segala hal yang mungkin kamu berkontribusi terhadap masalah dalam pernikahanmu. Mintalah pada-Nya untuk meningkatkan cinta yang kamu miliki untuk pasangan. Lalu, berdoalah juga untuk dia.

Perpisahan tidak selalu menjadi solusi, maka dari itu perbaiki selagi bisa. Kekurangan yang wajar masih bisa diubah. Jadi cobalah saling introspeksi diri untuk kebaikan kalian!

IDN Channels

Latest from Married