Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Prediksi Tanggal Paling Beruntung untuk Menikah di Tahun 2024

Ada tanggal cantik

Natasha Cecilia Anandita

Saat berencana menikah, menentukan tanggal pernikahan adalah salah satu hal yang penting. Beberapa orang memilih tanggal yang pas sesuai yang diinginkan, bertepatan dengan hari libur, mengikuti kepercayaan tertentu, bahkan mengikuti jadwal kosong. 

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan pernikahan, berikut ada prediksi dan rekomendasi tanggal cantik dan paling beruntung untuk menikah di tahun 2024. Dari astrologi sampai numerologi, berikut tanggal yang diyakini paling beruntung untuk menikah di tahun depan, melansir dari Brides. 

1. Hari paling beruntung menikah di tahun 2024 menurut zodiak

pexels.com/thiều-hoàng-phước

Bagi seseorang yang terobsesi dengan zodiak, melihat astrologi dalam menentukan tanggal pernikahan dianggap sebagai kewajiban. Salah satu hari yang dianggap membawa keberuntungan adalah saat bulan baru muncul.

Bulan baru atau new moon, dianggap sebagai salah satu tanggal paling menguntungkan dalam zodiak karena melambangkan harapan, potensi, dan awal yang baru, serta romansa dan kepositifan yang diinginkan setiap pasangan dalam pernikahan.

Fase bulan ini terjadi sebulan sekali. Pada tahun 2024, hilal akan terjadi pada tanggal:

  • 11 Januari
  • 9 Februari
  • 10 Maret
  • 8 April
  • 7 Mei
  • 6 Juni
  • 5 Juli
  • 4 Agustus
  • 2 September
  • 2 Oktober
  • 1 November
  • 1 Desember
  • 30 Desember 

2. Hari paling beruntung menikah di tahun 2024 menurut kalender Tiongkok

pexels.com

Kalender Tiongkok juga banyak digunakan sebagai rujukan tanggal pernikahan, terutama untuk orang-orang Tionghoa dan keturunannya di Indonesia. Banyak komunitas Tionghoa dan budaya Asia Timur menggunakan sistem lunisolar ini, yang didasarkan pada pengamatan bujur matahari dan fase bulan, untuk membantu memilih tanggal keberuntungan, terutama untuk pernikahan.

Berdasarkan kalender zodiak Tionghoa, 8 Agustus adalah hari paling beruntung untuk menikah di tahun 2024. Menurut budaya Asia, angka delapan melambangkan ketidakterbatasan.

Jika diterapkan pada konteks perkawinan, ini melambangkan cinta tak terbatas antara dua orang. Karena Agustus adalah bulan ke-8 dalam setahun, menikah pada tanggal 8 Agustus akan meningkatkan dampak positif pada hubungan.

Jangan sedih kalau kamu merasa tidak pas menikah pada tanggal 8 Agustus karena satu dan lain hal. Kamu bisa memilih tanggal 8 di bulan mana pun, khususnya tanggal 8 Februari atau 8 Oktober, yang katanya bisa meningkatkan keberuntungan di hubunganmu.

Meskipun tanggal 8 Agustus adalah hari paling beruntung untuk pernikahan, ada sejumlah tanggal penuh keberuntungan lainnya yang perlu dipertimbangkan pada tahun 2024 yang merupakan tahun Naga.

Bulan-bulan paling beruntung di tahun Naga adalah Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan November. Sedangkan tanggal yang paling beruntung adalah 2, 8, 13, 14, 17, 20, 25, dan 29. Jadi, kamu bisa mengombinasikannya sesuai preferensimu.

3. Hari paling beruntung menikah di tahun 2024 menurut kalender Hindu

pexels.com/spora-weddings

Kalender Hindu juga sering dirujuk untuk menentukan tanggal pernikahan. Dalam budaya Hindu, ada saat di mana kekuatan alam dan kekuatan kosmis berpadu yang menghasilkan keberuntungan dan hilangnya hambatan yang bernama shubh muhurat.

Ini dianggap saat yang tepat untuk melakukan sesuatu, terutama mengadakan pesta pernikahan. Menurut platform perencanaan pernikahan India, WedMeGood, ada banyak hari keberuntungan yang perlu kamu perhatikan untuk melangsungkan pernikahan tahun 2024.

Kalau kamu ingin menikah pada bulan pertama tahun 2024, kami bisa mempertimbangkan tanggal 16, 17, 21, 22, 27, 28, dan 30 Januari. Bulan berikutnya, Februari, juga memiliki banyak hari baik, seperti 1, 2, 4, 6, 7, 8, 12, 14, 18, 19, 24, 25, 26, 27, dan 28.

Tanggal 1, 2, 3, 4, 5, 7, 11, dan 12 Maret juga merupakan hari keberuntungan untuk pertukaran janji suci. Kalau kamu mau menggelar pesta di musim semi, kamu bisa memilih tanggal, 18, 19, 20, 21, 22, 24, 25, 26, atau 28 April. 

Bulan Mei, Juni, Agustus, September, Oktober dikatakan tidak memiliki hari baik. Keberuntungan baru mulai lagi di bulan Juli di tanggal 2, 3, 4, 9, 11, 12, 13, 14, dan 15. Lalu ada tanggal 13, 17, 18, 22, 23, 24, 25, 26, 28, dan 29 November. Jika kamu ingin mengadakan pernikahan di akhir tahun, tanggal 2, 3, 4, 5, 10, 11, 12, dan 14 Desember bisa kamu pertimbangkan. 

4. Hari paling beruntung menikah di tahun 2024 menurut numerologi

pexels.com/trần-long

Hal lain yang mungkin dipertimbangkan dalam menentukan tanggal pernikahan adalah numerologi, apalagi untuk kamu dan pasangan yang suka dengan hal-hal spiritual. Menurut numerologi, angka berulang (juga dikenal sebagai angka malaikat) menyampaikan pesan penting dari alam semesta.

Menikah pada tanggal yang menunjukkan pola atau rangkaian angka dipercaya akan memberkati pernikahanmu. Untuk menghadirkan simetri dan keberuntungan pada pernikahan di tahun 2024, pilih bulan dan tanggal dengan angka dua atau empat di dalamnya.

Kamu mungkin bisa memilih Februari dan April yang merupakan bulan kedua dan keempat dalam setahun. Keduanya memiliki beberapa hari keberuntungan, berdasarkan numerologi.

Pada bulan Februari, 2/2/24, 2/4/24, dan 24/2/24 akan menjadi beberapa tanggal yang paling menguntungkan. Semenatara pada bulan April, 24/4/24, 4/4/24, dan 24/4/24 juga merupakan hari yang menguntungkan. 

Angka dua dan empat yang disebutkan pada rentang tanggal di atas berdampak positif pada hubungan, menurut numerologi. Angka dua melambangkan keharmonisan, keseimbangan, dan kedamaian. Sedangkan angka empat melambangkan perencanaan, komitmen, dan kepraktisan.

Angka malaikat 222 pada 2/2/24 menunjukkan banyak hal positif yang akan hadir dalam hubunganmu. Angka malaikat lainnya, 2424 pada 24/2/24 dan 24/4/24, dikaitkan dengan keseimbangan, stabilitas, kesabaran, dan tekad. Karena tahun 2424 penuh dengan keberuntungan dan makna, menikah pada tanggal 24 setiap bulan juga dipercaya akan menambah kemakmuran di hari bahagiamu itu.

5. Hari paling beruntung menikah di tahun 2024 menurut Islam

pexels.com/fadhil-wy

Sebagai tambahan, dengan mayoritas umat Muslim, banyak masyarakat Indonesia yang berpatokan pada ajaran Islam saat merencakanan pernikahan salah satunya dalam memilih tanggal.

Dalam Islam, ada beberapa hari dan bulan yang dianggap lebih baik dan dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan. Hari-hari yang bisa kamu pertimbangkan untuk menikah di tahun depan, yaitu:

1. Bulan Syawal (19 April–18 Mei 2024)
Bulan Syawal adalah bulan ke-10 dalam kalender Islam yang dianggap baik untuk menikah. Ini karena bulan Syawal adalah bulan yang penuh sukacita, kebahagiaan dan berkah, sehingga menikah di bulan ini dianggap sebagai awal yang baru yang penuh harapan.

2. Bulan Muharram (30 Agustus–28 September 2024)
Bulan Muharram adalah bulan suci dalam Islam, sehingga pernikahan di bulan ini dianggap sebagai ibadah yang mulia. Bulan Muharram juga dianggap bulan yang penuh harapan.

3. Rabiul Awwal (4 September–3 Oktober 2023)
Bulan Rabiul Awwal merupakan bulan yang memiliki peristiwa penting, yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam bulan ini juga Nabi Muhammad SAW juga menikah dengan Khadijah binti Khuwailid yang berlangsung pada tanggal 10 Rabiul Awwal. 

4. Bulan Safar (18 September–16 Oktober 2024)
Selain bulan Rabiul Awwal, bulan Safar juga dianggap baik untuk menikah menurut pandangan Islam. Pada bulan ini, Rasulullah SAW menikahkan putri tercintanya, Fatimah az-Zahra dengan Ali bin Abi Thalib. Peristiwa ini memiliki nilai sakral dan menggembirakan.

Itulah prediksi tanggal baik dan paling beruntung untuk menikah di tahun 2024. Terlepas dari percaya atau tidak pada maknanya, kamu bisa memilih sesuai referensimu. Kalau kamu ingin menikah di tanggal berapa?

IDN Channels

Latest from Married