Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Drama, Begini Perjalanan Cinta Brad Pitt dan Angelina Jolie

Berawal dari cinta lokasi

Natasha Cecilia Anandita

Sejak tahun 2005 hingga saat ini resmi bercerai, kisah cinta Brad Pitt dan Angelina Jolie penuh drama dan lika-liku. Keduanya diketahui cinta lokasi saat beradu akting di film Mr. & Mrs. Smith. Sempat tutupi hubungan, keduanya go public pada 2006 sekaligus mengumumkan kehamilan anak pertama. 

Pada 2016, pasangan ini berakhir dengan perceraian panjang. Keduanya berstatus single secara legal pada 2019, namun Agustus 2023 lalu Brad dan Angelina baru resmi cerai setelah 7 tahun penuh konflik. Kini, anak perempuan mereka, Shiloh, juga menghapus nama Pitt dari namanya karena kecewa dengan sang ayah.

Pernah jadi power couple, berikut lika-liku kisah asmara Brad Pitt dan Angelina Jolie yang penuh drama.

1. Pertemuan pertama di film Mr. & Mrs. Smith

glamour.com

Angelina Jolie dan Brad Pitt pertama kali bertemu saat syuting film thriller mata-mata, Mr. & Mrs. Smith. Di film tersebut, mereka berperan sebagai pembunuh bayaran yang sudah menikah. 

Pada saat itu, Brad masih menikah dengan Jennifer Aniston, sementara Angelina Jolie baru saja berpisah dengan mantan suaminya, Billy Bob Thorton. Mereka menjadi teman dekat selama syuting, apalagi mengingat status Brad yang masih menjadi suami Jennifer.

2. Rumor kedekatan mulai menyebar

glamour.com

Pada tahun 2005, rumor kedekatan Brad dan Angelina mulai menyebar. Mereka mulai memanggil dua artis itu sebagai Brangelina. Brad sendiri terlihat berlibur dengan Angelina dan melakukan pemotretan bak pasangan yang mesra. Brad diketahui menemani Angelina saat mengadopsi Zahara yang berusia enam bulan dari Ethiopia.

Di tahun yang sama, Brad Pitt dan Jennifer Aniston mengumumkan perceraian mereka. Keduanya bercerai karena ada perbedaan yang tak dapat diselesaikan, di samping, rumor Brad dan Angelina memiliki hubungan khusus. Meski begitu, pihak Brad dan Jennifer mengatakan kalau perpisahan mereka bukanlah hasil dari spekulasi apa pun yang diberitakan oleh media tabloid.

3. Jatuh cinta setelah banyak habiskan waktu bersama

people.com

Awalnya membantah adanya hubungan, akhirnya pasangan tersebut mengakui kalau keduanya jatuh cinta pada tahun 2006. Pengakuan mereka sempat kontroversial dan disayangkan karena kala itu Brad Pitt masih menikah dengan Jennifer Aniston.

Dalam wawancara dengan Vogue, Angelina Jolie mengenang bahwa itu bukanlah cinta pada pandangan pertama; ia dan Brad Pitt hanya menjadi tim yang baik awalnya.

“Karena film ini, kami akhirnya dipertemukan untuk melakukan semua hal gila ini, dan aku pikir kami menemukan persahabatan dan kemitraan yang aneh yang tiba-tiba saja terjadi,” kata Angelina kepada majalah tersebut pada tahun 2007.

“Aku pikir beberapa bulan kemudian aku menyadari, 'Ya Tuhan, aku tidak sabar untuk mulai bekerja. Apa pun yang harus kami lakukan satu sama lain, kami hanya menemukan banyak kegembiraan di dalamnya bersama-sama dan banyak kerja sama tim yang nyata," tambahnya.

4. Umumkan kehamilan anak pertama pada 2006

people.com

Sempat sembunyikan hubungan, Angelina dan Brad go public pada Januari 2006 sekaligus mengumumkan akan menyambut kehadiran anak pertama mereka. Pengumuman tersebut hanya berselang tiga bulan setelah perceraian Brad Pitt dengan Jennifer Aniston selesai. 

Dua anak adopsi Angelina, Maddox dan Zahara, juga secara legal berganti nama belakang menjadi Jolie-Pitt. Pada 27 Mei 2006, seorang putri bernama Shiloh lahir sebagai anak sulung mereka. Shiloh lahir di Rumah Sakit Cottage di Swakopmund, Afrika, Namibia.

5. Bahas awal hubungan hingga pernikahan

people.com

Dalam sebuah wawancara dengan Esquire tahun 2006, Brad Pitt mengatakan kepada media tersebut bahwa ia dan Angelina bahwa keduanya tak akan menutup kemungkinan untuk menikah.  

Dalam wawancara terpisah, Angelina Jolie mengungkap awal hubungannya dengan Brad Pitt pada majalah Vogue edisi Januari 2007. Mereka mulai memiliki perasaan pada satu sama lain dan mevalidasinya setelah syuting selesai. 

"Butuh waktu hingga akhir [syuting Mr. and Mrs. Smith] bagi kami, aku pikir, untuk menyadari bahwa hal itu mungkin memiliki arti yang lebih besar daripada yang kami percayai sebelumnya. Dan keduanya mengetahui bahwa kenyataan itu adalah hal yang besar, sesuatu yang akan membutuhkan banyak pertimbangan serius,” katanya.

Hubungan mereka berlangsung dalam proses yang lamban, Maddox-lah, anak Angelina Jolie, yang membantu mereka mulai menjajaki jenjang yang lebih serius dalam hubungan. 

“[Maddox] tiba-tiba saja memanggilnya Ayah,” kenang Angelina. 

"Itu sungguh luar biasa. Kami sedang bermain mobil-mobilan di lantai kamar hotel, dan kami berdua mendengarnya dan tidak mengatakan apa-apa dan hanya saling memandang. Jadi, itu mungkin momen yang paling menentukan, ketika dia memutuskan bahwa kami semua akan menjadi sebuah keluarga," ujar Angelina.

6. Makin cinta karena sama-sama suka filantropi

glamour.com

Angelina Jolie dikenal sebagai salah satu artis Hollywood yang lantang menyuarakan kemanusiaa. Begitu juga dengan Brad Pitt, meski tak aktif di depan umum, aktor tersebut secara pribadi juga kerap melakukan filantropi. 

Dalam majalah Vanity Fair edisi Juli 2008, Angelina menjelaskan bahwa pekerjaan filantropi itu yang menyatukan dirinya dan Brad. Keduanya punya tujuan yang sama untuk dunia dan minat yang sama, walau pendekatannya berbeda. 

“Meskipun dia tidak terlalu aktif di depan umum, aku mendapati dia sangat sadar akan dunia, sangat ingin tahu, dan sangat penyayang. Secara pribadi, dia telah melakukan banyak hal. Ketika kami bertemu, kami menyadari tujuan kami yang sama, yaitu bahwa kami berdua ingin terlibat di dunia dan melihat apa yang bisa kami lakukan," kata Angelina. 

“Kami memiliki minat yang sama namun dengan pendekatan yang berbeda. Dia lebih terlibat dalam membangun kembali New Orleans, isu-isu lingkungan, keberlanjutan hijau. Aku lebih kepada pengungsi. Namun, jika menyangkut tujuan yang sama—anak yatim piatu, hak-hak anak yatim piatu, anak-anak—kami saling mendukung satu sama lain. Hal ini menyatukan kami dan membuat hubungan kami berhasil," tambahnya lagi.

7. Semakin bahagia dengan kehadiran 3 anak lagi

popsugar.com

Pada Maret 2007, Angelina kembali mengadopsi seorang anak laki-laki yang diberi nama Pax yang berasal dari Vietnam. Tak sampai di situ, kebahagiaan keluarga itu semakin bertambah saat dua anak kembar Angelina dan Brad lahir. Pasangan ini dikaruniai seorang putra bernama Knox dan seorang putri bernama Vivienne. Dua saudara kembar fraternal tersebut lahir pada tanggal 12 Juli 2008, di Nice, Perancis. 

8. Bertunangan dan gelar pernikahan intim

thequint.com

Dalam wawancara dengan CBS News, Brad Pitt mengatakan kalau anak-anak mereka mendesak keduanya untuk segera bertunangan. Bahkan, menyuruh Brad untuk membelikan Angelina cincin.

“Ini merupakan sesuatu yang berarti bagi mereka dan mereka, kamu tahu, mereka memiliki pertanyaan ketika orangtua teman-teman mereka menikah dan mengapa begitu?” ujar Brad Pitt.

"Kami akan melakukannya suatu hari nanti. Kami akan melakukannya. [Tapi anak-anak berkata], 'Belikan ibu sebuah cincin! Oke, aku akan membelikannya, saya akan membelikannya’," tambahnya lagi.

Pada 12 April 2012, manajer Brad Pitt, Cynthia Pett-Dante, mengkonfirmasi kepada PEOPLE bahwa power couple tersebut telah bertunangan. Tentunya, hal ini disambut bahagia oleh anak-anak mereka. 

Berselang dua tahun, Angelina dan Brad akhirnya menggelar sebuah pernikahan intim yang dihadiri oleh 20 teman dan kerabat terdekat. Keduanya mengucap janji pernikahan pada tanggal 23 Agustus 2014. Upacara yang sangat privat tersebut berlangsung di kapel Château Miraval, tanah milik keluarga di desa Correns, Prancis.

Maddox dan Pax menemani sang ibu berjalan menyusuri lorong, sementara Zahara dan Vivienne berperan sebagai pembawa bunga, dan Shiloh dan Knox sebagai pembawa cincin. Lebih istimewa lagi, gaun dan veil-nya dihiasi dengan gambar-gambar seni dari anak-anak mereka.

9. Bulan madu sambil kerja

people.com

Sama-sama aktor, menariknya, Angelina dan Brad memilih bulan madu sambil bekerja. Pasangan pengantin baru ini menghabiskan sebagian besar liburan mereka dengan membuat film By the Sea, di mana mereka kembali berperan sebagai pasangan suami istri. Film tersebut merupakan reuni kedua bintang itu setelah Mr. & Mrs. Smith di tahun 2005. Lebih istimewa lagi, Angelina sendiri yang menulis dan menyutradarai filmnya.

10. Angelina gugat cerai Brad Pitt

glamourmagazine.co.uk

Keluarga tersebut dikenal harmonis dan kerap bersama, sampai akhirnya sebuah kabar mengejutkan datang dari keduanya pada tahun 2016. Angelina Jolie mengajukan gugatan cerai kepada Brad Pitt pada 20 September 2016, dengan alasan ada perbedaan yang tidak dapat didamaikan dan meminta hak asuh fisik atas keenam anak mereka. Brad Pitt hanya diperbolehkan untuk kunjungan saja. Angelina pun tidak meminta tunjangan anak atau tunjangan pasangan.

"Angelina Jolie Pitt telah mengajukan pembubaran pernikahan. Keputusan ini dibuat demi kesehatan keluarga. Dia tidak akan berkomentar saat ini, dan meminta agar keluarganya diberikan privasi selama masa sulit ini,” kata pengacara Angelina Jolie kepada PEOPLE.

“Saya sangat sedih dengan hal ini, tapi yang paling penting sekarang adalah kesehatan anak-anak kami. Saya mohon kepada pers untuk memberikan ruang yang layak bagi mereka selama masa yang penuh tantangan ini," kata Brad Pitt kepada PEOPLE.

Hampir tiga tahun setelah gugatan cerai diajukan, Angelina dan Brad Pitt diputuskan secara hukum kalau keduanya sudah berstatus single. Kendati demikian, proses perceraian mereka masih berlangsung hingga 7 tahun lamanya. 

11. Perceraian penuh konflik hingga Shiloh hapus nama Pitt

people.com

Proses perceraian itu berlangsung lama dan penuh konflik. Keduanya bernegosiasi mengenai hak asuh anak dan pembagian keuangan mereka. Hak asuh anak-anak mereka terus-menerus berganti.

Pada Mei 2021, Hakim John Ouderkirk memberi Brad Pitt lebih banyak waktu untuk mengasuh anak-anaknya. Namun, dua bulan kemudian, keputusan itu dibatalkan dan tiga hakim mendiskualifikasi John Ouderkirk dari kasus tersebut karena melanggar kewajiban etikanya, karena ia memiliki hubungan bisnis dengan Brad Pitt.

Keduanya kembali melakukan pertarungan hukum usai Angelina Jolie menjual sahamnya di Château Miraval pada tahun 2021. Brad Pitt menggugat mantan istrinya itu pada bulan Februari 2022, mengklaim bahwa dia melanggar perjanjian. 

Di tengah perebutan hak asuh anak, Angelina Jolie, dengan nama samaran “Jane Doe”, meminta agar dokumen-dokumen FBI mengenai insiden pesawat pribadi keluarganya tahun 2016 dirilis kepadanya berdasarkan Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Dokumen tersebut memberikan rincian baru tentang dugaan konflik pada 14 September 2016, beberapa hari sebelum Jolie mengajukan gugatan cerai. Menurut laporan FBI, Brad Pitt diduga melakukan kekerasan kepada Angelina dan anakya. 

Akhirnya, perceraian mereka selesai pada Agustus 2023 setelah 7 tahun penuh konflik. Terbaru, anak sulung mereka, Shiloh, memilih untuk menghapus nama Pitt dari namanya setelah ulang tahunnya yang ke-18.

Sebelumnya, sang adik, Vivienne, juga menghapus nama Pitt dari nama lengkapnya. Alasan kedua putri Brad Pitt menghapus namanya dari nama lengkap mereka karena kecewa kepada sang ayah yang melakukan kekerasan kepada Angelina Jolie beberapa tahun silam. 

Itulah kisah cinta Brad Pitt dan Angelina Jolie yang berliku dan penuh drama.

IDN Channels

Latest from Married