Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Memilih Tanggal Pernikahan

Jangan sampai miss komunikasi, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Setelah menerima lamaran dari pasanganmu, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan hari pernikahan. Memilih tanggal pernikahan tentunya menjadi hal paling penting. Tanggal akan sangat menentukan pemilihan tempat dan vendor juga. 

Ada banyak faktor yang memengaruhi dalam memilih tanggal hari bahagiamu. Tak terkecuali kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat memilih tanggal menikah. Untuk membantu kamu menghindari kesalahan dalam memilih tanggal pernikahan, yuk intip tips-tipsnya di sini mengutip dari Brides berikut ini. 

1. Memilih tanggal sebelum menyewa perencana pernikahan

freepik.com

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi adalah memilih tanggal pernikahan dulu sebelum memilih vendor wedding planner. Profesional seperti wedding planner lebih paham waktu terbaik untuk menikah, khususnya di lokasi yang kamu inginkan. Mereka bisa memandu kamu untuk menggelar pernikahan impian, salah satunya melalui proses pemilihan tanggal.

Perspektif mereka akan menghasilkan keputusan yang lebih lancar dan efektif. Ini karena mereka lebih mengetahui tanggal-tanggal tersibuk, sampai membantu menghindari persaingan untuk mendapatkan vendor pernikahan lainnya.

2. Memilih tanggal sebelum mengecek dengan tim vendor

pexels.com/alena-darmel

Selain berkonsultasi dengan wedding planner, banyak pasangan yang melewatkan hal penting lainnya, yaitu menghubungi tim vendor lain. Lebih baik untuk menghubungi vendor lainnya terlebih dahulu, baru bersama-sama menetapkan tanggal pernikahan.

Misalnya, ada fotografer tertentu yang karyanya sangat kamu kagumi, atau band yang kamu incar untuk tampil di pernikahanmu, kamu harus memastikan mereka available pada tanggal yang kamu inginkan.

Pastikan bahwa vendor tersebut tidak memiliki kewajiban lain di hari tersebut. Cobalah hang out bareng dengan mereka dan berbincang santai, serta mencatat tanggal mana yang dapat mereka hadiri.

3. Tak mempertimbangkan hari-hari libur atau peristiwa nasional dan lokal

freepik.com

Hari-hari besar di area sekitar tempat penyelenggaraan pernikahanmu bisa berdampak pada acaramu, lho, Bela. Misalnya, ini bisa mengganggu perjalanan para tamu karena mungkin hari itu bertepatan dengan hari libur atau penyampaian pendapat, sehingga macet. Bisa juga hari tersebut bersamaan dengan keagamaan lainnya yang tak bisa diganggu. 

Untuk itu, penting untuk memeriksa kalender kota atau daerah tempat kamu melangsungkan pernikahan untuk mengetahui apakah ada event, seperti maraton, konser, festival, acara olahraga, dan acara berskala besar lainnya yang dapat mengganggu keberlangsungan pesta pernikahan dan merusak pengalaman para tamu undangan.

4. Lupa meninjau jadwalmu sendiri

freepik.com

Sebelum menentukan tanggal pernikahan, duduklah bersama calon pasanganmu dan tentukan tanggal-tanggal mana saja kalian libur. Catat mana saja tanggal atau hari di mana kalian ada pekerjaan, hari raya keagamaan, tradisi keluarga, atau rencana liburan yang akan datang.

Ini akan membantu mempersempit tanggal mana yang berpeluang besar untuk kamu bisa menggelar pernikahan. Jangan sampai kamu sudah menetapkan tanggal pernikahan, namun kamu baru ingat pada tanggal tersebut atau mendekati tanggal tersebut kamu memiliki penting lainnya yang tak bisa ditunda. 

5. Mengabaikan tanggal penting dalam hubunganmu

pexels.com/sandro-crepulja

Memilih tanggal pernikahan berdasarkan ketersediaan kamu dan pasangan atau ketersediaan tempat acaramu memang penting, namun jangan lupa untuk selalu mengingat hari-hari sentimental dalam hubungan kalian.

Misalnya, kamu bisa mengikat janji suci bertepatan pada hari peringatan di mana kalian bertemu pertama kali atau berkencan pertama kali. Ini menjadi cara yang menyentuh dan romantis untuk mengingat pernikahanmu, terutama jika itu jatuh pada akhir pekan.

6. Memilih tanggal yang sangat dicari

Dok. Internet

Tanggal cantik biasanya dipilih untuk melangsungkan pernikahan, seperti 23/2/23 atau 24/2/24. Banyak pasangan yang ingin menikah dengan cara yang istimewa, jadi tanggal yang mengandung pola atau urutan adalah pilihan yang diidam-idamkan.

Tapi yang perlu diketahui juga, banyak pasangan lain yang ingin menikah di tanggal tersebut yang membuat sainganmu juga semakin banyak untuk menyewa vendor. Belum lagi harganya akan lebih mahal. 

7. Menetapkan tanggal tanpa berkonsultasi dengan orang tercinta

unsplash.com/istockphoto

Sebelum membuat keputusan, diskusikan tanggal pernikahan dengan orang-orang tercintamu, termasuk keluarga dekatmu untuk memastikan mereka dapat hadir. Periksa kembali apakah ada acara penting lainnya, seperti pernikahan lain yang bertepatan juga dengan pernikahanmu.

Jika ada orang terdekatmu yang juga akan menikah pada tahun yang sama denganmu, pastikan ada jarak dari kedua acara tersebut. Disarankan untuk memberi jeda setidaknya satu bulan.

8. Tak melihat perkiraan cuaca atau musim

freepik.com

Salah satu kesalahan lain yang terjadi adalah tidak mempertimbangkan musim atau cuaca. Semua orang pasti ingin menikah di cuaca yang bagus. Untuk itu disarankan untuk memeriksa pola cuaca di daerah tersebut. Hindari cuaca buruk dan musim hujan, terutama jika kamu ingin menggelar pesta outdoor. Cek perkiraan cuaca dan konsultasikan dengan wedding planner-mu. 

Itulah kesalahan-kesalahan saat memilih tanggal pernikahan yang perlu kamu hindari. 

IDN Channels

Latest from Married