Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Intip Gaya Parenting a la Asmirandah, Zaskia Sungkar & Nagita Slavina

Tetap perlu dukungan suami

Natasha Cecilia Anandita

Pola asuh, nutrisi, dan stimulasi sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Pola asuh yang sesuai dengan perkembangan zaman dan usia anak akan menentukan jati dirinya kelak. 

Mengembangkan pola asuh yang sesuai dan mencukupi kebutuhan nutrisinya akan berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan anak, termasuk perkembangan emosional, sosial, kognitif, bahasa, moral, dan fisik. 

Kehadiran sosok ibu dan ayah pun punya peran yang begitu penting. Bukan hanya sebagai pengasuh dan perawat, ibu dan ayah akan dilihat sebagai role model yang diikuti anaknya. Dalam bincang-bincang di acara Explore Wonderland Tempo Scan Group di Summarecon Mall Bekasi, Asmirandah, Zaskia Sungkar, dan Nagita Slavina sebagai mom celebrity membagikan gaya parenting masing-masing dalam membesarkan buah hatinya. 

Bekerja sama dengan suami, begini pola asuh Asmirandah, Zaskia Sungkar, dan Nagita Slavina dalam membesarkan anak-anaknya.

1. Asmirandah dan suami kompak tak gunakan gadget

Dok. Tempo Scan Group

Dalam mengasuh anak, Asmirandah mengatakan kalau ia tetap memperkenalkan gadget pada anaknya, seperti smartphone. Namun, Asmirandah dan suaminya, Jonas Rivanno, hanya memperkenalkan fungsi dari smartphone tersebut dan membatasi screen time sang putri, Chloe.

“Aku tuh ingin Chloe pastinya sama seperti gen-gen alfa lainnya, aktif banget dan dia benar-benar ingin tahu apa sih dunia digital itu sendiri. Dan aku inginnya dia tetap keep up dengan perkembangan zaman sekarang, tapi jangan sampai bikin attitude-nya nggak baik,” katanya. 

Artis yang disapa Andah itu mengaku kalau ia bersama sang suami dan keluarganya kompak untuk tidak menggunakan gadget saat bersama dengan anak mereka. Alhasil, kadang Chloe justru yang menegur sang ayah kalau menggunakan gadget saat makan.

2. Bebaskan anak bereksplorasi

Dok. Tempo Scan Group

Asmirandah juga mengatakan ia sangat membebaskan anaknya untuk bereksplorasi. Sebagai orang tua, ia tak takut untuk membiasakan anaknya berinteraksi dengan hewan-hewan yang membuatnya mengenal banyak hal. Tak hanya itu, Chloe juga diajarkan untuk bersosialisasi dengan teman-teman seusianya di lingkungan tempat tinggalnya.

“Karena memang aku membiasakan Chloe eksplorasi dengan ruangan di luar. Jadi, kalau di rumah aku lebih membiarkan Chloe itu main di luar, bisa berinteraksi dengan hewan-hewan, entah itu kupu-kupu, kucing, anjing. Jadi, tuh, benar-benar aku membiasakan Chloe untuk berinteraksi dengan teman-teman seusianya," kata aktris 34 tahun itu.

3. Zaskia Sungkar jadi contoh untuk sang anak

Popbela.com/Natasha Cecilia

Setelah penantian panjang selama 10 tahun, Zaskia mengaku sangat bersyukur akhirnya bisa diberi kesempatan sebagai seorang ibu. Ia juga mengatakan masih dalam proses belajar untuk menjadi ibu yang baik. 

Salah satunya mencoba menjadi contoh untuk sang anak, Ukkasya. Dalam acara tersebut, Zaskia bercerita kalau dirinya sangat tidak suka makan sayur. Namun, untuk menjadi contoh dan menemani sang anak makan sayur demi nutrisi yang baik, Zaskia pun jadi ikut makan sayur.

“Aku dulu nggak terlalu suka makan sayur, iya, tapi karena aku nggak mau anak aku kayak gitu, dari hamil aku sudah biasakan makan sayur, karena aku paksain pelan-pelan walaupun semuanya nggak ada yang instan, ya. Waktu Ukkasya sudah MPASI, makan sayur di baby chair, kita sudah biasakan tuh makan bareng,” cerita Zaskia.

4. Irwansyah turut bantu urus anak

Dok. Tempo Scan Group

Menurut Zaskia, peran orang tua sangat penting dalam pertumbuhan anak, khususnya di golden age. Nggak hanya ibu, ayah pun harus turut serta dalam mengurus dan membesarkan. 

“Menurut aku peran orang tua itu penting banget, ya. Bukan hanya ibu, tapi juga bapaknya,” kata Zaskia.

Zaskia dan sang suami, Irwansyah, bekerja sama dalam mengasuh anak mereka. Contohnya, saat Ukkasya sedang susah makan buah atau sayur, Irwansyah akan mengajak sang anak berlomba makan sayur. 

Siapa yang makan paling banyak ia akan menang, dengan begitu Ukkasya pun turut makan sayur. Tak hanya memenuhi nutrisi, hal tersebut juga bisa menumbuhkan koneksi dan keakraban anak dan ayah, serta menumbuhkan jiwa kompetitifnya.

5. Nagita Slavina beri pesan untuk percaya diri sebagai ibu

Dok. Tempo Scan Group

Nagita Slavina mengaku ia menggunakan bantuan internet untuk mencari tahu tentang parenting. Misalnya, untuk belajar tentang nutrisi yang dibutuhkan, berkonsultasi dengan dokter, dan hal-hal lainnnya. 

Ia juga sangat detail saat memilih asupan untuk sang anak, mulai dari makanan, cemilan, susu, hingga vitamin atau suplemen. Tak hanya itu, Nagita juga membagikan kalau ia harus sadar bahwa dirinya adalah ibu terbaik untuk anak-anaknya dan nggak mengambil semua perkataan dari orang lain. 

“Percayalah, kita harus percaya diri sebagai ibu yang lebih tahu tentang anak kita,” kata Nagita.

Itulah gaya parenting Asmirandah, Zaskia Sungkar dan Nagita Slavina yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang sedang atau mau menjadi ibu.

IDN Channels

Latest from Married