Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Hidden Seserahan, Hantaran a la Malaysia yang Penuh Kejutan

Seserahan yang tertutup isinya

Natasha Cecilia Anandita

Akhir-akhir ini sedang ramai tentang istilah hidden seserahan. Bahkan, banyak pula online shop yang menjual hidden seserahan dengan warna-warna yang unik dan beragam. Namun, apa sih sebenarnya hidden seserahan itu?

Sama seperti seserahan biasanya, ini merupakan hantaran atau hadiah yang diberikan calon pengantin laki-laki ke pengantin perempuan atau sebaliknya. Hanya saja, hantaran tersebut disembunyikan atau tidak secara langsung terlihat dalam proses pemberian seserahan. 

Berikut makna, contoh, hingga alasan memakai hidden seserahan dalam proses lamaran dan pernikahan.

1. Arti hidden seserahan

Dok. Internet

Seserahan adalah istilah yang umum digunakan dalam budaya Indonesia, terutama dalam konteks pernikahan, untuk merujuk pada barang-barang yang diberikan sebagai simbol penghargaan, dukungan, dan komitmen dalam hubungan.

Hidden seserahan atau "hidden gifts" adalah istilah yang merujuk pada hadiah atau barang-barang yang disembunyikan atau tidak secara langsung terlihat dalam proses pemberian seserahan. Konsep hidden seserahan sendiri adalah hantara a la Malaysia. 

Barang-barang ini dimasukkan dalam paket seserahan, tetapi menggunakan wadah yang tertutup sehingga tidak langsung terlihat atau tidak diumumkan secara terbuka. Tujuan dari hidden seserahan adalah untuk menambah unsur kejutan dan kesenangan dalam proses pemberian hadiah.

2. Fungsi dan manfaat hidden seserahan

Dok. Internet

Ada beberapa manfaat dan fungsi yang ditawarkan oleh konsep hidden seserahan ini, meliputi:

  1. 1. Menambah kejutan
    Hidden seserahan memberikan elemen kejutan bagi penerimanya. Ini menambah rasa antusiasme dan kebahagiaan ketika sang calon pengantin menemukan barang-barang tersembunyi di dalam paket. Hal tersebut menciptakan momen yang lebih spesial dan tak terlupakan.

  2. Memberikan sentuhan kreatif
    Hidden seserahan memberikan sentuhan kreatif atau menunjukkan kreativitas calon pengantin yang memberikannya. Ini bisa membuat pengalaman yang lebih berkesan, unik, personal dan menjadi kenangan yang berharga.

  3. Menunjukkan perhatian dan cinta
    Dengan memilih dan menyembunyikan barang-barang yang memiliki makna khusus, calon pengantin yang memberinya seakan menunjukkan perhatian dan cinta yang mendalam terhadap pasangannya. Ini membuatnya merasa dihargai dan diperhatikan.

  4. Menjadi privasi kedua belah pihak
    Konsep ini juga memberikan penghormatan terhadap keinginan pasangan untuk menjaga privasi mereka. Dengan menyembunyikan setiap seserahan di balik lapisan kain yang cantik, pasangan dapat merayakan momen-momen intim tanpa kehilangan keindahan tradisi seserahan.

3. Isi hidden seserahan

pexels.com/element5

Sama seperti seserahan pada umumnya, isi dari hidden seserahan bisa berupa perlengkapan ibadah, perhiasan, perawatan tubuh, produk kecantikan, makanan, pakaian, tas, sepatu, dan lainnya. 

Untuk lebih romantis atau tak terduga, kamu mungkin bisa memasukkan tiket liburan, voucher makan malam, foto-foto berharga kalian, atau barang kenangan yang memiliki makna emosional, atau surat cinta. 

Nah, semua isinya bisa dipersonalisasi dalam kotak seserahan berbagai bentuk, warna, atau ukuran tertentu. Biasanya dilapisi dengan kain satin dan dikemas dengan cantik ditambah beberapa hiasan lainnya.

4. Alasan menggunakan hidden seserahan

instagram.com/lecache.artproject

Beberapa hal yang biasa dijadikan alasan menggunakan hidden seserahan, anta lain:

  1. Tak menjadi bahan omongan atau fitnah
    Hidden seserahan selain karena bisa menjadi keintiman dan privasi kedua mempelai, ini juga menghindarkan dari bahan omongan orang lain atau adanya fitnah. Barangkali ada beberapa orang yang melihat seserahan sebagai bahan riya atau pamer, ada juga mungkin yang mengunjing jika seserahannya terlihat biasa saja. Nah, menghindari hal tersebut hidden seserahan bisa jadi solusinya.

  2. Bisa menekan pengeluaran
    Dengan konsep hantaran a la Malaysia ini, kamu juga bisa menekan pengeluaran untuk pernikahan. Jika biasanya seserahan dikemas dalam box yang harus disewa dan dirangkai seindahnya dengan harga yang cukup fantastis, konsep ini hanya memerlukan box dan kain saja. Mungkin bisa menambahkan sedikit bunga atau pita untuk mempercantiknya.

  3. Mudah dibawa
    Dalam seserahan yang umum, barang-barang seserahan dikemas secantik mungkin dan dipastikan tidak akan terguncang saat dibawa. Hal ini tentu memerlukan banyak effort untuk menjaganya tetap cantik. Membawanya pun harus hati-hati agar tidak rusak. Sementara dengan hidden seserahan, barang-barang tersebut akan lebih mudah dibawa. Ini lebih minimalis dan tak perlu terlalu khawatir tentang barang di dalamnya.

5. Persiapan dan contoh tempat hidden seserahan

pinterest.com

Sama dengan prosesi lainnya, kamu juga memerlukan persiapan untuk hidden seserahan. Pertama, dimulai dari menentukan konsep yang sesuai dengan tema pernikahan. Lalu,  pilih barang-barang seserahan yang akan disembunyikan.

Pastikan barang-barangnya berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasangan. Terakhir, tentukan tempat atau wadah yang akan digunakan untuk menyembunyikan seserahan.

Beberapa contoh tempat atau wadah seserahan yang bisa digunakan menyembunyikan hantarannya, yaitu:

  1. Kotak berlapis barang-barang, yaitu barang yang disembunyikan dalam beberapa lapisan kotak, dengan lapisan-lapisan yang semakin kecil di dalamnya.
  2. Kotak puzzle, untuk barang-barang berharga bisa kamu letakkan dalam kotak puzzle. Jadi, pasanganmu harus memecahkan puzzle-nya sebelum dibuka.
  3. Kotak kunci, bisa juga menggunakan kotak dengan kunci yang harus ditemukan kuncinya terlebih dahulu.
  4. Bungkusan misterius, selanjutnya coba gunakan bungkusan yang tidak transparan bisa dengan warna tertentu atau motif tertentu yang sesuai dengan tema pernikahanmu untuk menyembunyikan isi di dalamnya.

Itulah arti dari hidden seserahan, konsep seserahan a la Malaysia yang mulai tren di Indonesia.

IDN Channels

Latest from Married