Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta Pernikahan Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah, Kental Adat Aceh

Maskawinnya seharga Rp500 juta

Natasha Cecilia Anandita

Setelah bertunangan dan menggelar acara lamaran pada tanggal 21 April 2024 lalu, pasangan Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah telah resmi menikah pada Minggu (23/6/2024) kemarin. Keduanya dinyatakan sah menjadi suami dan istri setelah menjalani prosesi akad nikah yang dilangsungkan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta pada Minggu pagi. 

Dalam prosesi akad nikah, Beby dan Rizki menggunakan busana adat Aceh sekaligus mengikuti beberapa prosesi adat lainnya. Beberapa hari terakhir pun Beby tampak mengunggah momen-momen pra-nikah di media sosial, mulai dari potret pre-wedding, pengajian, siraman, prosesi adat, sampai kejutan bridal shower dari teman-temannya. 

Berikut fakta-fakta pernikahan Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah yang kental adat Aceh. 

1. Tampil anggun dan memesona dengan busana pengantin Aceh

instagram.com/bebytsabina

Di momen Akad Nikah, Beby dan Rizki mengangkat budaya Aceh, yang merupakan latar belakang adat keluarga Beby. Aktris kelahiran 2002 itu tampil anggun dalam balutan busana Dara Baro berwarna merah marun dan sunting Aceh. Rizki sendiri tak kalah menawan mengenakan setelan Linto Baro warna hitam.

2. Ingin mereka ulang pernikahan orangtuanya

instagram.com/bebytsabina

Dekorasi pernikahan Beby dan Rizki didominasi dengan warna merah yang dihias indah oleh Classy Decor, dengan rangkaian flora mawar merah dan anggrek ungu. Sentuhan warna emas juga tampak pada latar pelaminan tradisional khas Aceh dari rancangan Cut Marlyn Decoration. Beby mengatakan memilih warna tersebut karena ia mau melakukan reka ulang momen pernikahan orangtuanya.

“Aku sengaja memilih busana warna merah selain karena memang identik dengan adat Aceh, tapi aku juga ingin mereka ulang tampilan orangtuaku saat menjadi pengantin dulu. Mereka menikah dengan busana khas Aceh berwarna merah dan hitam, sehingga kami terinspirasi untuk memilih palet warna yang sama,” jelas sang aktris.

3. Lakukan beberapa tradisi pernikahan Aceh

instagram.com/bebytsabina

Selain busana dan dekorasi, adat Aceh pun dihadirkan melalui tradisi penukaran Bate Ranup, Bungong Jaro, serta tarian Serunai Kale yang mengiringi pengantin perempuan saat memasuki area akad nikah. Tak hanya itu, seusai prosesi ijab kabul dilaksanakan, rangkaian ritual pernikahan adat Aceh seperti Antat Linto (pengantaran pengantin laki-laki ke pihak keluarga pengantin perempuan), Gidong Boh Manoek (injak telur), dan Peusijuek (penaburan beras padi dan tepung tawar) pun dilakukan, ditutup dengan tarian Ratoh Jaroe.

4. Yakin menikah karena merasa selaras

instagram.com/bebytsabina

Menikah di usia yang terbilang cukup muda, Beby mengungkapkan bahwa keyakinannya untuk melangkah ke jenjang tersebut bersama Rizki didasari oleh rasa saling menghargai, adanya keselarasan dalam berkomunikasi, serta sikap saling mendukung untuk karier satu sama lain. 

“Impianku adalah memiliki pasangan atau suami yang selalu bisa aku ajak berdiskusi tentang apa pun dan dapat aku andalkan untuk saling membantu dalam melakukan peran di rumah tangga. Aku menemukannya di sosok Rizki dan kita saling membantu satu sama lain menjadi orang yang lebih baik,” jelasnya.

5. Jadwal yang padat, wedding planner jadi prioritas untuk Beby dan Rizki

instagram.com/bebytsabina

Untuk mewujudkan dream wedding-nya, pasangan ini punya tiga kategori vendor yang menjadi prioritas utama. Salah satu yang paling penting adalah wedding planning, pasalnya jadwal Beby dan Rizki sangat padat satu sama lain. Beby sebagai aktris dan Rizki sebagai anggota DPR. Kehadiran wedding planner diakui Beby sangat membantu pernikahannya dari acara pra-pernikahan hingga resepsi. 

“Selain venue dan dekorator, wedding planner merupakan salah satu vendor yang aku tentukan di masa awal perencanaan. Karena dengan kesibukan kami yang cukup padat, adanya tim wedding planner yang senantiasa siap membantu persiapan kami menjadi hal yang krusial. Beruntungnya kami dipertemukan dengan tim Hilda by Bridestory yang memudahkan proses persiapan acara kami, bahkan dari gelaran acara lamaran kemarin,” ungkap pemilik nama lengkap Cut Putri Tshabina ini.

6. Lanjut bulan madu dan beradaptasi dengan status baru

instagram.com/leovir_

Saat ditanya tentang rencananya setelah menikah, Beby mengaku ingin berkomitmen untuk mendedikasikan waktunya untuk beradaptasi dengan peran barunya sebagai seorang istri. Ia juga benar-benar menikmati masa bulan madunya bersama sang suami tercinta. 

“Untuk sementara waktu, aku akan menyesuaikan aktivitasku di dunia hiburan agar kami bisa membangun fondasi hubungan yang kuat di awal-awal masa pernikahan kami. Setelah kami dapat saling menyelaraskan kehidupan personal dan profesional kami berdua, aku akan dengan senang hati menyambut proyek-proyek baru yang akan datang,” jelas Beby. 

7. Maskawin ditaksir mencapai Rp500 juta

instagram.com/bebytsabina

Maskawin yang diberikan Rizki untuk menikahi Beby Tsabina juga menjadi sorotan karena ditaksir memiliki nilai Rp542 juta jika dikonversi ke harga emas saat ini. Ia diketahui memberikan maskawin berupa emas 121 mayam atau sekitar 400 gram dan seperangkat alat salat. 

"Ananda Rizki Aulia Rahman Natakusumah bin Ahmad Dimyati Natakusumah, saya nikahkan dan kawinkan Ananda dengan anak kandung saya, Cut Putri Tsabina binti Teuku Darmawan, dengan maskawin seperangkat alat salat dan logam mulia sebesar 121 mayam dibayar tunai," ucap Teuku Darmawan sembari menjabat tangan Rizki. 

"Saya terima nikah dan kawinnya Cut Putri Tsabina binti Teuku Darmawan dengan mas kawin yang tersebut dibayar tunai," kata Rizki.

8. Dihadiri para pejabat

instagram.com/leovir_

Melihat latar belakang dan profesi Rizki dan keluarganya, tak heran kalau hari bahagia pasangan tersebut dihadiri sejumlah pejabat negara. Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, dan politisi Partai Gerindra, Ahmad Muzani, didapuk menjadi saksi nikah Beby dan Rizki. Kemudian Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, juga ikut ambil bagian sebagai perwakilan keluarga Rizki Natakusumah.

9. Unggah prosesi pra-pernikahan secara beruntun

instagram.com/leovir_

Kabar pernikahan Beby mungkin cukup mengejutkan, pasalnya selang beberapa hari mengunggah foto pre-wedding, ia dan kekasih mengumumkan akan melangsungkan pernikahan di hari Minggu (23/6/2024). Secara beruntun, aktris tersebut juga mengunggah momen-momen prosesi jelang pernikahna, seperti pengajian, siraman, hingga bridal shower

Prosesi pra-pernikahan Beby diikuti dengan pengajian, lalu prosesi siraman khas Aceh yang bernama Seumano Pucok. Prosesi ini disebut nyaris punah karena sudah jarang dilakukan. Seumanoe Pucok dilakukan sebagai tanda akan melepas masa lajang. Siraman yang dilakukan pemuka adat, kedua orangtua atau wali, dan keluarga dekat juga bertujuan untuk membersihkan diri.

Dalam Instagram-nya, Beby selanjutnya mengunggah momen kala ia dan keluarga melakukan tradisi adat Aceh, Boh Gaca. Tradisi ini adalah tradisi orang Aceh saat seorang anak perempuan hendak menikah. 

Dalam bahasa Indonesia, Boh Gaca memiliki arti memakai inai atau henna dan daun pacar yang telah digiling atau dihaluskan pada telapak tangan, jari-jari tangan dan kaki. Tradisi Boh Gaca menjadi momen meminta dan memberi doa restu agar kelak pernikahan mempelai pengantin berlangsung lancar. 

10. Idol K-Pop Sorn eks 'CLC' jadi bridesmaids Beby

instagram.com/bebytsabina

Hal yang menjadi sorotan lainnya di pernikahan Beby dan Rizki adalah penampilan dari Sorn eks 'CLC', idol K-Pop asal Thailand. Sorn menjadi bridesmaids bersama dengan sahabat artis yang lain, termasuk Elina Joerg, Rebecca Klopper, Herleyava Princy, Jovita Karen, Adzwa Aurell, Syifa Hadju, Cassandra Lee, dan Gabriella Eka Putri. Para bridesmaid tampil menawan dengan gaun berwarna abu-abu.

Itulah fakta pernikahan Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah yang mencuri perhatian. Bahagia selalu untuk keduanya!

IDN Channels

Latest from Married