Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Batal Menikah, Ini Alasan Ayu Ting Ting Putus dari Muhammad Fardhana

Ada masalah prinsip

Natasha Cecilia Anandita

Beberapa hari lalu netizen menyoroti bahwa Muhammad Fardhana menghapus semua foto dirinya bersama Ayu Ting Ting di Instagram. Sejak itu, dugaan bahwa keduanya telah putus pun mulai muncul. Banyak netizen yang berspekulasi kalau penyanyi 32 tahun itu akan batal menikah.

Ayu sempat bungkam beberapa waktu tentang rumor tersebut, hingga akhirnya pada Senin (1/7/2024) malam, pelantun “Alamat Palsu” itu memberikan konfirmasinya bahwa hubungannya dengan Muhammad Fardhana sudah resmi berakhir. 

Ayu juga mengungkap alasan putusnya mereka dengan tidak membuka aib siapa pun. Berikut alasan Ayu Ting Ting putus dari Muhammad Fardhana.

1. Konfirmasi telah putus sejak 22 Juni lalu

instagram.com/derazala

Saat ditemui oleh rekan-rekan media pada Senin (1/7/2024) malam, Ayu memberikan konfirmasi terkait rumor hubungan dirinya dan Muhammad Fardhana. Dengan tenang dan senyuman di wajah, Ayu mengatakan kalau dirinya dan Fardhana telah putus. 

Secara pribadi di antara mereka, hubungan tersebut sudah berakhir sejak 22 Juni 2024 lalu, sedangkan secara resmi di hadapan orangtua satu sama lain, yaitu pada Kamis (27/6/2024) kemarin.

“Jadi, saya memberitahukan bahwa pertunangan saya dengan Mas Dhana sudah dinyatakan putus sejak tanggal 22 Juni. Itu di antara kami, dan di tanggal 27 Juni kemarin hari Kamis, itu di antara sesama orangtua. Alhamdulillah sudah secara resmi, ya,” ujar Ayu Ting Ting.

2. Putus karena masalah prinsip

instagram.com/ayutingting92

Terkait alasan putus dan beberapa rumor-rumor dari netizen, Ayu pun menjelaskan dan menegaskan mengapa dirinya memilih menyudahi hubungan tersebut. Bukan karena masalah ekonomi, gagal move on, atau hal lainnya, putusnya Ayu dan Dhana karena masalah prinsip yang sudah tidak bisa dijembatani lagi. 

"Jadi, di mana memang ada hal yang sangat prinsip bagi saya yang tidak bisa kami jembatani lagi satu sama lain. Jadi, cukup saya, Allah, teman-teman, dan keluarga saja yang tahu. Biarlah ini menjadi hal yang privasi buat kami,” jelas Ayu.

Ayu juga mengatakan kalau keputusan tersebut sudah melalui pertimbangan panjang. Baginya, ini bukanlah waktu untuk bermain-main lagi. 

“Iya dong, saya tidak mungkin mengambil langkah sejauh ini (tanpa pertimbangan). Sudah bukan waktunya untuk main-main juga. Banyak yang bilang karena masalah ekonomi dan lain-lain, ini saya tegaskan sekali lagi, ya, kalau dari masalah ekonomi saya nggak mungkin sampai sejauh ini," tambahnya lagi.

3. Sudah menerima keadaan

instagram.com/ayutingting92

Menurut Ayu, kegagalan hubungannya kali ini juga merupakan yang terbaik dari Tuhan baginya. Ia mengatakan kalau Tuhan masih menjaga dan mengasihinya dan Bilqis, sehingga hal ini pun adalah pemberian yang terbaik untuk semua yang terlibat. 

“Mungkin memang ini sudah yang terbaik, ya, buat saya dan juga Bilqis. Jadi, menurut saya karena Allah menjaga saya dan juga Bilqis, saking sayangnya Allah sama saya dan juga Bilqis, mungkin ini sudah jadi yang terbaik buat kami masing-masing,” ungkap Ayu. 

4. Masih menjalin hubungan baik dengan keluarga

instagram.com/ayutingting92

Meski sudah putus, Ayu Ting Ting mengatakan kalau dirinya masih berhubungan baik dengan keluarga Dhana, terlebih kepada ayah Dhana yang ia panggil Papa. Ayah Muhammad Fardhana, Dharsyi Akib, juga sudah menegaskan hubungan putranya dengan Ayu Ting Ting sudah tinggal kenangan. Walau tak tahu alasan pasti perpisahan mereka, Dharsyi sebagai orangtua hanya bisa menerima dan mengambil hikmahnya saja.

"Kalau hubungan mereka ya memang sudah putus dan nggak berlanjut. Mereka sudah sama-sama sepakat untuk mengakhirinya. Sejak kapan putusnya secara pasti, saya nggak tahu, yang tahu hanya mereka berdua. Mereka sudah sama-sama setuju mengakhiri. Sebagai orang tua harus menerima apa pun keadaannya kan itu mungkin hikmah bagi itu," tutur Dharsyi Akib.

5. Tunangan selama 4 bulan

instagram.com/ayutingting92

Kisah cinta Ayu dan Dhana terbilang singkat. Keduanya memutuskan bertunangan pada Februari 2024 lalu setelah sebulan kenal. Pada Maret 2024, Ayu dan Dhana harus menjalani LDR karena Dhana tugas di Papua selama satu tahun. 

Selama itu, ada beberapa rumor yang melanda hubungan mereka. Salah seorang netizen yang mengaku memiliki kenalan yang dekat dengan Dhana mengatakan kalau sang abdi negara itu merupakan orang yang red flag. 

Rumor putus semakin panas kala Dhana terlihat menghapus semua fotonya bersama Ayu Ting Ting dan Bilqis hingga menyisakan foto-foto dinasnya saja, pada Rabu (26/6/2024). Sementara foto-foto mereka di Instagram Ayu masih ada saat itu. Pernikahan yang diperkirakan akan digelar tahun ini pun, dipastikan batal.

Itulah kabar terbaru dari putusnya Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Married