Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Bacaan Doa untuk Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian

Agar rumah tangga dilindungi oleh Allah SWT

Felia Putri Dewinta

Sejatinya, pertengkaran atau konflik adalah hal yang lumrah dalam rumah tangga. Terlebih lagi, menjalani kehidupan rumah tangga artinya suami maupun istri harus siap menerima kehadiran satu sama lain sepenuhnya, termasuk segala perbedaan yang justru bisa memicu konflik.

Namun, perselisihan dalam rumah tangga tidak boleh dibiarkan apalagi sampai bercerai dan mengkhianati janji suci ibadah pernikahan yang telah dibuat. Untuk menghindarinya, pasangan wajib melakukan yang terbaik, serta berdoa memohon perlindungan Allah SWT untuk menghindari perceraian.

Berikut ini Popbela merangkum beberapa bacaan doa menyelamatkan rumah tangga dari perceraian yang wajib diamalkan, agar kehidupan pernikahan senantiasa harmonis dan dalam lindungan Allah SWT.

1. Doa untuk meluluhkan dan melembutkan hati pasangan

Pexels.com/Yan Krukov

Salah satu kunci rumah tangga harmonis dan terhindar dari perceraian adalah perilaku baik, hati yang lembut serta penuh kasih sayang dari pasangan. Untuk mewujudkan keharmonisan tersebut, maka kamu bisa mengamalkan doa untuk meluluhkan dan melembutkan hati pasangan seperti berikut ini:

 مَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ اِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى ۙ تَنْزِيْلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْاَرْضَ وَالسَّمٰوٰتِ الْعُلٰى ۗ اَلرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى

Maa anzalnaa alaikal qur'aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol 'ardho wassamaawaatil 'uula. Arrohmaanu 'alaa ul 'arsyi 'ustawaa.

Artinya: "Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Alquran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Alquran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah."

2. Doa agar hubungan suami istri semakin dekat dan kuat

Pexels.com/August de Richelieu

Menyelamatkan rumah tangga dari perceraian juga bisa dilakukan dengan menciptakan hubungan suami istri yang dekat dan kuat, sehingga mampu menghadapi segala konflik pernikahan bersama-sama. Berikut ini bacaan doa memohon agar mendapatkan hubungan yang kuat bagi suami istri, yaitu:

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا ، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ ، وَنَجِّنَا مِنْ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ ، وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ ، مُثْنِينَ بِهَا ، قَابِلِيهَا ، وَأَتِمَّهَا عَلَيْنَا

Allohumma allif baina qulubina wa ashlih zata bainina wahdina subulas salami wa najjina minadz dzulumati ilan nuri wa jannibnal fawahisya ma dzahara minha wama bathana wa barik lana fi asma’ina wa abshorina wa qulubina wa azwajina wa zurriyatina wa tub ‘alaina innaka antat tawwabur rohim waj’alna syakirina li ni’matika mutsnina biha qobiliha wa atimmaha ‘alaina.

Artinya: “Ya Allah, pertautkanlah di antara hati kami, perbaikilah hubungan di antara kami, tunjukkan kami jalan kedamaian, selamatkan kami dari kegelapan menuju kepada terang, jauhkan kami dari semua keburukan, yang tampak maupun yang tidak tampak. Berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, istri dan keturunan kami. Terimalah taubat kami, Engkau yang maha penerima taubat dan maha penyayang. Jadikan kami orang-orang yang bersyukur pada nikmat-Mu, pemuji nikmat-Mu, penerima nikmat-Mu, dan sempurnakanlah nikmat-Mu kepada kami.”

3. Doa memohon agar dijauhkan dari pihak ketiga pemicu perceraian

Jonathan Borba/Pexels

Hadirnya orang ketiga menjadi salah satu faktor terbesar pemicu perceraian. Untuk itu, baik suami maupun istri harus mampu menjaga diri agar tidak tergoda oleh orang lain yang bukan pasangannya. Selain itu, memohon perlindungan Allah SWT agar dijauhkan dari pihak ketiga juga harus dilakukan dengan membaca doa berikut:

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ خَيْرٌ مِّنْهَاۚ وَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِيْنَ عَمِلُوا السَّيِّاٰتِ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Man'jaa'a bil hasanati falahuu khoirumminha wa man'jaa'a bissay'aatii fala yuj'zaallaziina 'amilussayi'aati illa maa kaanu ya'malun.

Artinya: "Barang siapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik daripadanya. Dan barang siapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan."

4. Doa meminta kebahagiaan dunia akhirat sebagai pasangan

freepik.com/pch.vector

Kebahagiaan pernikahan yang sejati tak hanya ada di dunia, namun juga hingga di akhirat kelak. Hal ini menandakan bahwa pasangan tersebut memiliki hubungan yang dirahmati Allah SWT. Untuk mewujudkannya, berikut amalan doa untuk meminta kebahagiaan dunia akhirat sebagai pasangan, yaitu:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi' lanaa min 'amrinaa rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

5. Doa agar segera mendapatkan momongan atau buah hati

unsplash.com/Kelly Sikkema

Selain rasa cinta dan kasih sayang dari satu sama lain, kehadiran momongan atau buah hati juga dianggap sebagai sumber kebahagiaan terbesar dalam rumah tangga. Maka tak heran bila banyak pasangan suami istri yang menantikan kehadiran anak segera setelah menikah. Usai mengusahakan yang terbaik, amalan doa ini juga bisa membantu kamu agar segera mendapatkan buah hati, antara lain:

ۚوَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Wazakariyyaa idznadaa robbahuu robbi laa tadzarni faaroda wa anta khoirul waarisiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, jangan lah engkau membiarkan aku hidup seorang diri, dan engkau lah pewaris yang paling baik."

6. Doa memohon agar rumah tangga dimudahkan dalam rezeki

pexels.com/Gabby K

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor ekonomi memegang peranan penting dalam rumah tangga, bahkan bisa menjadi pemicu perselisihan hingga berujung perceraian. Untuk itu, pasangan suami istri dianjurkan agar memperbanyak amalan serta berdoa, memohon agar rumah tangganya diberikan kemudahan rezeki, yakni dengan doa sebagai berikut:

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa'i takuunu lana iidalli'aqolina wa'akhirina wa'ayatamminka wa'urzukna wa'anta khoirurroziqin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkau lah pemberi rezeki yang paling utama."

7. Doa untuk meningkatkan kasih sayang antar pasangan

Pexels.com/Nur Andi Ravsanjani

Rasa cinta dan kasih sayang yang terus tumbuh dan tak pernah menghilang tentu akan menghadirkan rumah tangga harmonis serta bahagia. Untuk mewujudkannya, berikut bacaan doa untuk meningkatkan kasih sayang antar pasangan agar bisa menyelamatkan rumah tangga dari perceraian, antara lain:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Wa'alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna'a alaa ainii.

Artinya: "Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku."

8. Doa untuk meningkatkan ketakwaan seluruh anggota keluarga

pexels.com/Monstera

Memohon kebahagiaan dan perlindungan bagi kehidupan rumah tangga juga harus diiringi dengan iman serta takwa kepada Allah SWT. Pasangan yang mengamalkan doa ini diharapkan bisa meningkatkan ketakwaan seluruh anggota keluarga agar selalu mendapat rahmat dan berkah. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a'yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertakwa."

9. Doa memohon agar segala urusan rumah tangga dipermudah

pexels.com/Darwis Alwan

Terakhir, menyelamatkan rumah tangga dari perceraian juga bisa dilakukan dengan mengamalkan doa berikut, yaitu doa permohonan agar diberi kemudahan untuk segala urusan rumah tangga. Mengamalkan doa ini akan turut berpengaruh pada kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga, yakni sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa min ladunka rohmatan wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)."

Demikianlah sejumlah doa menyelamatkan rumah tangga dari perceraian lewat amalan-amalan agar tercipta kehidupan pernikahan yang harmonis. Semoga doa-doa ini senantiasa bisa melindungi kita semua dari perceraian, ya.

IDN Channels

Latest from Married