Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Pengeluaran yang Disesalkan Pengantin Baru saat Resepsi Pernikahan

Penyesalan memang datangnya belakangan

Elga Windasari

Pernikahan mungkin menjadi salah satu momen yang dinanti-nantikan oleh pengantin perempuan.

Karena ini adalah acara sekali seumur hidup, sebenarnya tidak aneh jika perempuan biasanya tidak keberatan untuk menghabiskan lebih banyak uang demi memastikan bahwa hari spesialnya ekstra istimewa dan berkesan.

Namun, pertanyaannya adalah berapakah ukuran lebih banyak yang terlalu banyak? Karena nyatanya, ada pengeluaran yang disesalkan oleh para pengantin baru saat resepsi pernikahan mereka.

Bagi kamu yang mau menikah, wajib tahu hal ini agar kamu juga tidak membuat kesalahan yang sama.

1. Gaun pengantin

Pexels/Daniel Moises Magulado

Secantik apa pun gaun pengantinmu, kamu mungkin tidak akan pernah memakainya lagi. Meskipun saat membeli atau membuatnya, kamu meyakinkan diri sendiri bahwa akan memakainya lagi,

Jadi, sebenarnya daripada membeli gaun pengantin yang mahal, kamu dapat memangkas biaya dengan menyewanya.

Banyak pengantin perempuan yang berniat untuk menyimpan gaun pengantinnya sebagai kenang-kenangan. Namun, setelah menghitung total biaya pernikahan, barulah mereka menyadari bahwa gaun pengantin tersebut menghabiskan banyak biaya.

Tidak sedikit perempuan yang menyesal karena menghabiskan banyak uang untuk membeli atau membuat gaun pengantin, padahal bisa menghabiskannya untuk bulan madu atau biaya awal menjalani rumah tangga.

2. Rangkaian bunga

Pexels.com/Asadphoto

Selain perhiasan, bunga berada di urutan kedua sahabat perempuan. Itulah mengapa banyak perempuan yang ingin ada rangkaian bunga dalam dekorasi resepsi pernikahannya.

Namun, bukan rahasia lagi kalau bunga segar tidak murah. Jadi, bayangkan jika kamu harus menghiasi seluruh tempat resepsi pernikahan dengan bunga. Bukan tidak mungkin kamu malah jadi membuang-buang uang.

Banyak pasangan yang menyesal menghabiskan uangnya untuk bunga. Padahal, tujuan dari bunga tersebut adalah untuk mempercantik tempat resepsi, tetapi hanya dibuang setelahnya.

Jadi, daripada buang-buang uang dengan menggunakan bunga segar, kamu tetap bisa menghiasi tempat resepsi pernikahan dengan bunga palsu berkualitas yang akan benar-benar menghemat biaya.

3. Videografer

Pexels/Reneasmussen

Memiliki video untuk melihat kembali hari pernikahan dengan penuh kasih sayang, memang dapat membantu menangkap momen-momen berharga tersebut selamanya.

Namun, banyak pasangan mengaku bahwa mereka berharap dapat menghemat budget untuk videografer profesional dan hanya menggunakan jasa fotografer.

Banyak pengantin perempuan yang bilang kalau mereka tidak terlalu sering melihat kembali video profesional yang dimilikinya. Mereka malah lebih sering melihat-lihat video yang diambil para tamu di media sosial.

Salah satu alasannya karena video diambil dari sudut yang berbeda sehingga lebih menarik untuk dilihat.

4. Wedding planner

Pexels/Coralbellestudios

Perencana pernikahan atau wedding planner benar-benar anugerah bagi sebagian calon pasangan pengantin.

Mereka tidak hanya dapat membantu sebagian besar kebutuhan persiapan pernikahan, tetapi juga berpengalaman dalam memastikan bahwa semua aspek—baik besar atau kecil—diperhitungkan.

Namun, layanan perencana pernikahan juga tidak murah. Itulah sebabnya banyak pasangan pengantin baru yang menyuarakan penyesalannya karena melangsungkan resepsi pernikahan dengan wedding planner.

Jika kamu dan si calon adalah pasangan yang terorganisir dan terbiasa mengatur banyak hal, maka lebih baik lakukan sendiri persiapan pernikahanmu. Hanya saja, pastikan komunikasi antara kalian selalu terbuka.

Lalu, karena merencanakan pernikahan bisa membuat stres dan memakan waktu, pastikan untuk selalu bekerja sama dan saling membantu.

5. Dekorasi dan properti foto

Ibrahim Boran/Unsplash

Kamu dan pasangan mungkin ingin memberikan kesan yang baik dan tidak terlupakan dengan menyiapkan dekorasi dan properti untuk para tamu berfoto.

Namun, meskipun terlihat sederhana, tetapi biaya tambahan dari barang-barang tersebut dapat menambah budget biaya resepsi. Banyak pasangan yang menyesal menghabiskan uang di sana.

Apalagi para tamu sebenarnya hanya akan melihatnya sekali sebelum akhirnya lebih fokus untuk mencari makanan atau bersosialisasi dengan tamu lainnya.

6. Tempat resepsi di luar kota

Pexels/Asadphoto

Kecuali budget kamu dan pasangan memang tidak terbatas, maka sebaiknya tidak usah berpikir untuk melangsungkan resepsi pernikahan di luar kota karena uang yang dikeluarkan tidak akan sedikit.

Meskipun awalnya kalian akan berpikir itu ide yang baik karena kamu dan pasangan dapat memiliki pengalaman yang spesial bersama keluarga dan teman-teman, tetapi sebenarnya itu tidak layak dilakukan.

Alasan utamanya karena kamu dan pasangan harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya transportasi para tamu, tetapi tetap harus menyewa tempat resepsi pernikahan yang mungkin jauh lebih mahal.

Jadi, budget apa yang tidak boleh dihemat?

Unsplash.com/Mariah Krafft

Jika kamu bisa menghemat enam budget di atas, ada satu hal yang sebaiknya jangan dihemat, yaitu fotografi.

Meskipun banyak pasangan pengantin baru yang bilang jasa videografer tidak diperlukan, tetapi mereka akan menyarankan untuk berinvestasi dalam fotografer yang profesional.

Mengabadikan momen pernikahan sangat penting untuk semua pengantin. Kamu mungkin tidak akan ingat dekorasi, gaun pengantin yang dipakai, atau kue pengantin mewah. Namun, kamu pasti akan ingat bagaimana bahagianya saat resepsi pernikahan.

Seorang fotografer pernikahan yang baik akan mengetahui sudut dan momen yang tepat untuk ditangkap, serta membantu mengedit fotomu dengan sempurna.

Foto-foto ini nantinya akan bertahan seumur hidup sehingga kamu sebaiknya menyewa seorang fotografer profesional yang tidak dapat memberikan gambar berkualitas.

IDN Channels

Latest from Married