Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa agar Anak Saleh dan Berhati Lembut yang Bisa Dilafalkan Orang Tua

Supaya anak menjadi berbakti

Audia Natasha Putri

Anak adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada orang tua. Sebagai orang tua, kita punya komitmen dan kewajiban untuk membahagiakan mereka.

Namun dalam kenyataannya, merawat anak itu sulit-sulit gampang. Tidak sedikit anak mempunyai sifat keras kepala dan sulit diatur.

Selain mendidik, orang tua juga bisa membacakan doa agar anak saleh supaya mereka menjadi patuh dan berhati lembut. Kekuatan doa sangat besar, sehingga tidak ada salah untuk mengamalkannya.

Berikut adalah kumpulan doa agar anak saleh dan berhati lembut yang bisa kamu panjatkan.

1. Doa supaya anak memiliki hati yang lembut

Freepik.com/paansaeng

Doa melembutkan hati anak yang satu ini bermakna mengenai sifat Allah yang Maha Lembut dan Maha Kuat. Mengamalkan doa ini niscaya bisa menanamkan kelembutan di dalam hati anak-anak kita. 

Berikut adalah lafaznya:

ٱللَّهُ لَطِيفٌۢ بِعِبَادِهِۦ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ ۖ وَهُوَ ٱلْقَوِىُّ ٱلْعَزِيزُ

Allahulathiifum bi’ibaadihii, yarzuqumayyasak’ wahuwal qawiyyul ‘aziiz.

Artinya: "Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki.

2. Doa agar anak menjadi saleh

Nooracademy.com

Doa ini dipanjatkan tak hanya agar hati anak kita menjadi lembut. Tetapi juga sebagai doa agar anak menjadi saleh. Doa ini dipetik dari ayat ke-100 Surah Ash-Shaffat.

Simak doanya di bawah ini, ya!

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab lî minash-shâliḫîn

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang yang saleh." (QS. Ash-Shaffat: 100).

3. Doa Nabi Ibrahim

Freepik.com/paansaeng

Doa Nabi Ibrahim juga bisa kamu panjatkan melembutkan hati anak-anak. Karena doa ini mengandung pesan berupa pentingnya kewajiban orang tua dalam mendoakan serta menuntun anak dalam kehidupan beragama.

Berikut doa Nabi Ibrahim yang bisa jadi referensi:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Robbi ‘j’alni muqima’s-Salaati, Wa min zurriyati, Robbana wa taqqobal du’a.

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku," (QS. Ibrahim: 40-41).

4. Doa agar hati anak dipenuhi kelembutan

pexels.com/thirdman

Doa ini tak hanya bermanfaat untuk melembutkan hati sang buah hati. Tapi juga dibaca untuk menanamkan kasih sayang dan cahaya di dalam hati anak.

Selain dibaca oleh orang tua, kamu juga bisa mengajari si Kecil membacanya juga. Hal ini berguna untuk membentuk karakter yang lembut, penurut, serta soleh dalam diri mereka.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا، وَفِي لِسَانِي نُورًا، وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا، وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا، وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُورًا، وَمِنْ أَمَامِي نُورًا، وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا، وَمِنْ تَحْتِي نُورًا، اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا

Allahumma ij'al fii qalbii nuuran, wa fii lisaanii nuuran, waj'al fii sam'ii nuuran, waj'al fii basarii nuuran, waj'al min khalfii nuuran, wa min amaamii nuuran, waj'al min fawqii nuuran, wa min tahti nuuran. Allahumma a'tinii nuuran.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah cahaya dalam hatiku, cahaya di lisanku, cahaya di pendengaranku, cahaya di penglihatanku, cahaya di belakangku, cahaya di depanku, cahaya di atasku, cahaya di bawahku. Ya Allah, berikanlah aku cahaya."

5. Doa untuk melembutkan hati anak agar tetap sabar dan tidak mudah marah

thestatesman.com

Marah adalah salah satu emosi yang cukup mengkhawatirkan apabila tidak bisa ditangani dengan baik. Tak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga bisa marah dan tantrum.

Supaya anak tumbuh menjadi sosok yang penyabar, kamu bisa memanjatkan doa satu ini. Doa ini niscaya bisa melembutkan hati dan membuat anak tidak mudah marah. Berikut ini doanya: 

ٱللَّهُ لَطِيفٌۢ بِعِبَادِهِۦ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ ۖ وَهُوَ ٱلْقَوِىُّ ٱلْعَزِيزُ

Allāhu laṭīfum bi'ibādihī yarzuqu may yasyā`, wa huwal-qawiyyul-'azīz

Artinya: "Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa."

6. Doa agar anak berbakti kepada orang tua

pexels.com/Monstera Production

Berbakti kepada orang tua merupakan bentuk kewajiban dan tanggung jawab bagi setiap anak. Kamu bisa melafalkan doa satu ini agar kelak sang anak bisa berbakti kepada orang tuanya.

Berikut ini doanya: 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladii, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqnii birrohum

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka."

Demikian pembahasan mengenai doa melembutkan hati anak yang bisa kamu amalkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Married