Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Dekorasi Wedding Outdoor Vintage, Antik nan Estetik!

Dari bunga rustic hingga gramofon

Astri Amalia

Mengusung tema vintage alias jadul pada acara wedding sering kali menjadi favorit banyak calon mempelai pengantin. Bukan tanpa alasan, penggunaan konsep vintage di acara resepsi pernikahan akan memberikan kesan nostalgia, hangat, serta intimate.

Maka dari itu, entah dilaksanakan pada venue indoor atau di dalam ruangan, atau outdoor alias di luar ruangan, tema vintage selalu cocok dipakai di dalam acara sakral tersebut.

Nah, kalau kamu punya rencana untuk mengadakan acara pernikahanmu secara outdoor dengan tema vintage, kamu harus tahu, nih, beberapa dekorasi wedding outdoor vintage yang cocok untuk acara spesialmu itu.

Penasaran apa saja dekorasinya? Cus, simak informasinya di bawah ini, Bela!

1. Bunga rustic

thehallbarns.com

Dekorasi wedding outdoor vintage yang pertama sudah pasti bunga-bunga rustic. Bunga rustic yang punya tampilan antik ini bisa dijadikan sebagai buket bunga, hiasan untuk pelaminan, maupun ditaruh di dalam vas bunga sebagai dekorasi meja penerima tamu, meja buffet, atau di setiap sudut venue acara.

2. Backdrop vintage

shohola.com

Untuk memberi kesan vintage pada backdrop pelaminan, pastikan untuk menghiasnya dengan menggunakan bunga-bunga kering, daun moleka, sirih gading, dan daun sikat botol yang akan bikin latar pelaminanmu semakin terlihat artistik.

Padukan juga dengan kain berbahan tulle atau renda berwarna putih, tambahkan lampu gantung kelap-kelip, dan voilà! Backdrop pelaminanmu siap memukau para tamu yang hadir!

3. Buku tamu dari kertas daur ulang

exiarts.com

Selanjutnya, buku tamu juga jangan sampai luput dari perhatianmu nih, Bela. Supaya sesuai dengan konsep wedding-mu, coba, deh gunakan kertas daur ulang untuk buku tamu. Ini akan memberikan nuansa lawas nan ciamik di acara pernikahanmu nanti.

4. Photo booth retro

jessglass.com

Kamu pasti setuju kalau photo booth merupakan dekorasi yang wajib tersedia di acara pernikahan zaman sekarang. Nah, demi mendukung konsep pernikahan vintage outdoor, pastikan untuk mengusung tema retro untuk photo booth-mu, ya. Penggunaan kamera pin hole hingga polaroid adalah pilihan terbaik untuk memberi kesan jadul pada photo booth.

5. Lampu fairy

wedinspire.com

Lampu fairy atau lampu cabe adalah dekorasi wedding outdoor vintage yang akan membuat suasana venue pernikahan jadi lebih syahdu dan intimate, terutama kalau kamu menggelar resepsi di malam hari.

Untaian lampu fairy yang berpendar dengan warna putih kekuningan di tengah langit malam pastinya bakal membuat acara pernikahanmu jadi semakin romantis dan istimewa.

6. Furnitur vintage

chicvintagebrides.com/Sue Gallo Designs

Beberapa furnitur bergaya vintage juga nggak boleh ketinggalan untuk kamu gunakan sebagai dekorasi. Seperti sofa dengan ukiran Jepara untuk tempat duduk di pelaminan, hingga meja dan kursi tamu kayu dengan desain klasik.

7. Mobil pengantin klasik

pexels.com/İbrahim Hakkı Uçman

Mobil pengantin bukan hanya dijadikan kendaraan untuk membawa mempelai pengantin ke venue pernikahan saja, tapi juga menjadi salah satu dekorasi pernikahan yang nggak boleh terlewatkan.

Untuk tema pernikahan vintage di luar ruangan, maka gunakanlah mobil pengantin jenis klasik. Tambahan dekorasi bunga dan balon bertuliskan “Just marriedpada body mobil juga akan menambah kesan elegan dan cantik.

8. Alat makan antik

tohaveandtohireweddings.com

Memilih alat makan antik, seperti piring, gelas, sendok, dan garpu yang akan dipakai oleh tamu undangan juga akan menambah kesan lawas yang sesuai dengan konsep acaramu, Bela. Contohnya gelas dan piring dengan motif bunga vintage, serta sendok dan garpu dengan aksen ukiran di gagangnya.

9. Gaun pengantin vintage

Freepik.com/prostooleh

Mengusung tema vintage di acara pernikahan bukan hanya terbatas di dekorasi venue-nya saja, melainkan juga harus terlihat pada pakaian yang digunakan oleh mempelai pengantin.

Untuk itulah, kamu bisa memilih gaun pengantin bernuansa jadul. Penggunaan bahan lace atau renda dengan model pas di badan, serta pemberian aksen ruffle pada kedua lengan gaun dapat menciptakan tampilan lawas yang khas.

10. Hiasan warna pastel

hillcitybride.com

Siapa bilang mengusung konsep jadul di acara wedding berarti hanya bisa menggunakan dekorasi berwarna earth tone seperti coklat, krem, putih, hijau sage, dan lain sebagainya?

Nyatanya, kamu juga bisa, lho memilih warna pastel untuk dekorasi acara pernikahanmu. Malah, dengan menggunakan warna pastel, bakal bikin suasana acara jadi semakin manis dan juga romantis!

11. Lilin hias

Freepik.com/Drazen Zigic

Menempatkan lilin hias di beberapa sudut lokasi acara akan membuat tempat acara jadi makin menarik, nih. Entah itu di atas meja konsol yang biasa dipakai untuk menaruh dekorasi, seperti foto pre-wedding dan lain sebagainya, di meja prasmanan, hingga meja makan tamu.

12. Gramofon

Pexels.com/Skitterphoto

Pemutar musik jadul, gramofon juga bisa jadi ide dekorasi wedding vintage outdoor selanjutnya. Nggak hanya membuat para tamu bak kembali ke zaman dulu, menggunakan gramofon sebagai salah satu dekorasi akan memberi kesan elegan, sekaligus estetik, serta unik pastinya.

13. Bingkai foto klasik

tiki.vn

Printilan kecil, seperti bingkai foto juga harus sesuai dengan tema acara. Maka dari itu, pilihlah bingkai foto klasik untuk hasil jepretan foto pre-wedding-mu. Dijamin foto-fotomu jadi terlihat makin menarik, deh!

14. Koper jadul

theweddingplaybook.com

Koper jadul bisa difungsikan sebagai pengganti meja untuk menaruh dekorasi, seperti lilin, foto, dan vas bunga. Sebab, apabila dibandingkan dengan memakai meja, koper jadul tentu akan memberikan kesan yang lebih artistik dan unik yang sesuai dengan tema acara.

Pastikan menggunakan beberapa tumpukkan koper untuk menyesuaikan dengan tinggi meja dekorasi, ya.

Nah, itulah beberapa dekorasi wedding outdoor vintage yang bikin acara pernikahan di luar ruangan semakin cantik. Semoga bisa jadi inspirasi untukmu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Married