Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ide Altar Pernikahan Outdoor, Bikin Momen Sakral Makin Istimewa

Mana favoritmu?

Astri Amalia

Prosesi mengikrarkan janji suci sehidup semati di atas altar pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan hanya terjadi satu kali seumur hidup. Maka dari itu, altar haruslah dipercantik dengan desain ciamik dan penambahan dekorasi sedemikian rupa. Seperti penggunaan backdrop atau latar dengan desain tertentu, hingga menambahkan bunga-bunga hias.

Jika upacara pernikahan dilangsungkan di luar ruangan alias outdoor, tentu altar bisa didesain dengan lebih beragam, mengingat ruang yang lebih luas, ketimbang di dalam ruangan.

Berikut 10 ide altar pernikahan outdoor untuk dijadikan inspirasi. Check this out!

1. Menggunakan backdrop berbentuk lingkaran

Pinterest.com

Ide altar pernikahan outdoor yang pertama yakni dengan menggunakan dekorasi backdrop yang dibentuk melingkar.

Desain backdrop satu ini cukup populer untuk digunakan sebagai dekorasi wedding di luar ruangan. Meski terkesan sederhana, namun lingkaran bak melambangkan cinta yang tidak berujung dari kedua mempelai pengantin. Romantis banget, kan?

2. Menambahkan aksen rajut

Pinterest.com

Memberikan aksen rajut pada altar pernikahan dapat memberikan nuansa yang menarik dan tentu saja, unik! Sebab, ide dekorasi satu ini belum banyak digunakan oleh calon pengantin. Rajutan bisa dibuat berbentuk bunga, dedaunan, lambang cinta, dan lain sebagainya.

3. Bernuansa pastel

Pinterest.com

Mau altar pernikahanmu terlihat lebih romantis dan terkesan dreamy? Maka gunakan paduan warna-warna pastel sebagai dekorasinya!

Pilih bunga segar berwarna pink, biru, dan ungu pastel untuk tampilan altar yang lebih feminin. Tapi kalau mau terlihat lebih netral, maka gunakan saja paduan bunga berwarna hijau sage, krem, serta putih tulang.

4. Dekorasi simpel

Pinterest.com

Kalau kamu tipe orang yang sangat simpel, tentunya dekorasi altar yang sederhana bisa jadi pilihan terbaik. Nggak perlu menempelkan terlalu banyak bunga warna-warni di sekitar backdrop, cukup letakkan di beberapa sudutnya agar tetap memberi kesan dekoratif yang nggak berlebihan.

Psst! Selain simpel, dekorasi seperti ini juga akan sangat menghemat budget, lho!

5. Tema bohemian rustic vintage

brideandbreakfast.ph

Apakah kamu penyuka hal-hal vintage berpadu dengan unsur etnik? Kalau iya, tema bohemian rustic vintage bakal cocok, nih jadi ide altar pernikahan outdoor untukmu!

Dekorasi backdrop menggunakan dedaunan kering, seperti ilalang, pampas, eucalyptus dipadu dengan baby’s breath, lavender, dan bunga kapas akan sangat sesuai.

Jangan lupa juga tambahkan lampu gantung berbentuk bohlam berwarna putih kekuningan untuk menambahkan kesan yang hangat dan intimate.

6. Tema putih elegan

Pinterest.com

Mengusung tema putih elegan untuk altar wedding outdoor akan memberikan kesan sakral dan murni dari upacara pernikahan. Apalagi hiasan bunga-bunga berwarna putih, seperti mawar, hydrangea, peony, dan lain sebagainya bakal bikin dekorasi terlihat simpel namun romantis.

7. Dekorasi backdrop berbentuk bunga

Pinterest.com

Bunga memang jadi dekorasi yang nggak boleh terlewatkan untuk mempercantik altar, maupun sudut lainnya di dalam venue pernikahan. Nah, supaya makin istimewa, kenapa nggak sekalian saja menggunakan backdrop berbentuk bunga?

Kendati akan merogoh kocekmu cukup dalam, tapi backdrop dengan desain bunga bakal bikin altar wedding-mu nggak cuma spesial, tapi juga cantik.

Belum lagi dengan latar ini akan bikin hasil foto pernikahanmu jadi lebih ciamik.

8. Dekorasi backdrop kupu-kupu

Pinterest.com

Selain backdrop berbentuk bunga, latar berbentuk kupu-kupu kuga bisa jadi opsi lainnya. Selain bikin nuansa altar jadi lebih unik, penggunaan latar berdesain kupu-kupu akan menambah keceriaan dan sukacita di sepanjang upacara pernikahanmu.

9. Dekorasi bunga berwarna cerah

Pinterest.com

Altar pernikahan nggak melulu harus menggunakan warna-warna netral, seperti putih, coklat, krem, ataupun warna pastel. Apalagi kalau kamu penyuka warna cerah menyala. Penggunaan warna netral ataupun pastel mungkin akan kurang sesuai denganmu.

Jadi, mengapa nggak menggunakan dekorasi bunga berwarna cerah saja sebagai gantinya?

Paduan bunga mawar, gerbera, krisan, dahlia, hingga peony berwarna terang dijamin mempercantik tempatmu mengikrarkan janji setia sehidup semati.

10. Tema biru estetik

Pinterest.com

Biru yang menyimbolkan warna ketenangan dan perdamaian bakal cocok untuk dekorasi altar. Menggunakan warna biru seperti melambangkan harapan supaya rumah tanggamu kelak selalu diisi dengan ketenangan serta kedamaian.

Itulah tadi 10 ide altar pernikahan outdoor untukmu. Gimana, kamu paling cocok dengan ide yang mana nih, Bela? Coba tuliskan jawabanmu di kolom komentar, ya!

IDN Channels

Latest from Married