Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghadapi Ipar Bermuka Dua dan Menyebalkan

Terlihat baik bukan berarti menyukaimu

Anggita Ayu Pratiwi

Kamu mungkin sering mendengar ketika kita mau berkomitmen dan menerima pasangan untuk menikahi kita, itu artinya kamu juga harus siap untuk menerima keluarganya, termasuk saudara kandung dari pasanganmu. Namun, sayangnya tidak semua kakak atau adik dari pasangan kita akan menyukai keberadaan kita. 

Terkadang justru dia akan menganggap kamu sebagai sainganmu dan ingin sekali menjatuhkan martabatmu di depan mertuamu. Jika kamu sudah merasa memperlakukan iparmu dengan baik namun ternyata mereka bermuka dua, mungkin kamu harus tahu bagaimana cara menghadapi ipar bermuka dua. 

1. Pastikan dengan benar

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Terkadang apa yang kita dengar tidak selalu sesuai dengan kenyataan yang ada. Saat kamu mendengar iparmu adalah orang yang bermuka dua, akan lebih baik bagimu untuk tidak langsung percaya saja. Apalagi sampai ikut menjelek-jelekkan dia tanpa mempunyai bukti yang jelas.

Jika kamu ada di situasi yang seperti itu, cara menghadapi ipar bermuka dua yang terbaik adalah diam. Kecuali, kamu menyaksikan secara langsung kalau iparmu memang bermuka dua, baru kamu boleh percaya.

2. Tetap bersikap baik

pexels.com/August de Richelieu

Kalau kamu dijahatin bukan berarti kamu harus membalasnya dengan cara yang sama. Terlebih dalam menghadapi ipar, kamu harus punya kesabaran yang tinggi. Jika menghadapinya dengan penuh emosi, masalah yang kamu hadapi tidak akan kunjung selesai atau bahkan menjadi lebih rumit dari saat ini.

Oleh karena itu, penting untuk kamu bisa bersabar dan lebih meredam emosimu untuk menghadapi ipar bermuka dua. Jangan coba tunjukkan rasa tidak nyaman di depannya. Karena kalau kamu melakukan itu, akan membuat dia memiliki cara untuk memojokkanmu di dalam keluarga pasanganmu.

3. Menjaga jarak

pexels.com/Alexander Suhorucov

Jika kamu sudah tahu kalau ternyata iparmu bermuka dua, akan lebih baik untuk kamu bisa menjaga jarak darinya. Namun, menjaga jarak bukan berarti kamu memutuskan komunikasi dengannya. Membuat jarak dengan cara tidak terlalu dekat atau akrab dengannya sehingga kamu bisa membatasi hal-hal tidak diinginkan yang terjadi ke depannya. 

Dengan membuat jarak, kamu akan bisa lebih meminimalisir informasi yang kamu bagikan kepada saudara iparmu. Coba juga untuk tidak terlalu terbuka kepada iparmu.

4. Menyadari karakternya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau kamu sudah menyadari karakter iparmu bermuka dua, kamu bisa lebih memahami sifat dan karakternya. Hindarilah pikiran untuk terus menyangkal kalau dia tidak bermuka dua agar kamu tidak dirugikan kedepannya. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga hubungan baik dengan iparmu tanpa khawatir membuat masalah.

5. Jangan coba menjelaskan diri pada ipar

Pexels/ Liza Summer

Jika kamu terus mendapatkan masalah dari ipar yang bermuka dua, maka jangan pernah coba untuk menjelaskan dirimu sendiri padanya. Mereka akan terus mengkritik setiap pergerakanmu, maka tidak ada gunanya menjelaskan dirimu sendiri pada mereka. 

Gunakanlah waktumu dengan melakukan hal yang lebih bermanfaat, hargailah dirimu sendiri dan percaya dirilah pada setiap hal yang kamu lakukan. Kamu tidak perlu mendengarkan setiap kritik dari iparmu.

6. Abaikan dia

Pexels/ Anete Lusina

Jika iparmu menghinamu terus-menerus di belakangmu, pasti kamu akan sangat kesal. Namun, cara untuk menghadapi ipar bermuka dua yang berbuat hal seperti ini adalah dengan mengabaikannya. Akan lebih baik jika kamu mengabaikan segala ucapannya.

Jika dia tidak mendapatkan apa yang dia cari, pada akhirnya dia akan bosan dengan sendirinya dan semoga saja tidak lagi bermuka dua denganmu.

7. Komunikasikan dengan mertua atau pasanganmu

freepik.com/freepik

Saudara iparmu adalah saudara kandung dari pasanganmu dan anak dari mertuamu. Pastinya mereka mengenal iparmu lebih baik darimu. Cobalah bicarakan dengan pasanganmu tentang kelakuan dari iparmu dan apa yang kamu rasakan. 

Kalau memang iparmu bermuka dua, ada kemungkinan pasanganmu tidak tahu bagaimana perlakuan saudaranya terhadapmu. Jelaskanlah situasi kepada pasangan atau mertuamu dengan logis dan tenang dan coba untuk mencari solusi bersama mereka.

8. Fokus pada solusi, bukan masalah

unsplash.com/sean Kong

Kamu tidak bisa terus-menerus berlarut memikirkan masalah yang ada, cobalah untuk mulai menetapkan masalahmu dan fokus mencari solusi tentang iparmu yang bermuka dua. Hidupmu akan jauh lebih tenang dan bahagia ketika kamu lebih berfokus pada solusi positif dan mengabaikan iparmu. 

Rencanakan tindakan untuk bisa mencapai solusi yang ideal dalam membantu masalahmu. Dengan kamu terus fokus mencari solusi, energi positif akan lebih banyak hadir dalam dirimu sebagai bentuk manifesting membantu keinginanmu menjadi kenyataan.

Itulah cara menghadapi ipar bermuka dua. Jika kamu menemukan karakternya tidak bisa diubah, coba untuk fokus pada keluargamu, ya!

IDN Channels

Latest from Married