Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Tarot, Saju, dan Shaman Mengenali Jodoh dalam 'Possessed Love'

Ketika peramal mencari jodohnya lewat ramalan

Windari Subangkit

Biasanya orang akan meminta bantuan peramal untuk mencari tahu tentang jodoh. Namun, bagaimana jika seorang peramal ingin menemukan jodohnya? Apakah mereka bisa meramal jodoh mereka sendiri?

Pertanyaan itu mau tidak mau bakal terlintas ketika kamu menonton acara Possessed Love. 

Possessed Love, ajang pencarian jodoh untuk para peramal

Dok. Viu

Untuk yang belum tahu, Possessed Love adalah dating show terbaru dari SBS dan bisa kamu tonton di Viu. Possessed Love diikuti delapan peserta dengan latar belakang peramal tarot, peramal saju, dan shaman. Kalau biasanya orang bertanya pada mereka untuk mencari tahu jodoh dan kecocokan mereka dengan orang yang mereka kencani, dalam acara ini mereka akan membuktikan ramalan mereka sendiri. 

Sebelum bertemu langsung, mereka diberi kesempatan untuk memilih pasangan menggunakan cara mereka masing-masing. Tentu saja mereka tidak diberi tahu bagaimana penampilan peserta lain. Mereka hanya diberi kartu berisi informasi shio, energi, dan tanggal lahir peserta lain, tanpa tahu nama dan wajahnya. Pada pertemuan awal, mereka juga tidak tahu keahlian masing-masing dan tanggal lahir mereka. 

Acara yang dipandu oleh panelis Shin Dong Yeob, Yoo In Na, Gabee, dan Yoo Seon Ho ini mulai menayangkan episode perdana pada 18 Juni 2024. Kedelapan peramal muda ini tinggal bersama selama satu minggu. Setiap harinya mereka diminta memilih akan berkencan dengan siapa.

Kamu akan terkejut, karena ramalan sebelum bertemu dan orang yang mereka pilih setelah bertemu ternyata banyak yang sama. Seolah mereka dipandu oleh kekuatan magis untuk menemukan pasangan lewat acara ini. Namun setelah bertemu dengan peserta lain, mereka harus menentukan akan mengikuti kata hati atau takdir yang diramalkan.

Korea Selatan termasuk negara maju dalam hal teknologi dan ekonomi. Yang unik, selain menggunakan logika, sebagian masyarakat Korea sangat percaya pada ramalan. Itu yang membuat Possessed Love menarik perhatian penonton. Sebenarnya bagaimana cara kerja tarot, saju, dan shamanisme meramal jodoh seseorang?

1. Tarot

Dok. Viu

Di Italia dan Prancis, kartu tarot awalnya merupakan permainan kartu. Baru pada abad ke-18, tarot mulai digunakan sebagai alat ramalan. Kartu tarot tersusun atas 78 kartu yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu Mayor Arcana dan Minor Arcana. Mayor Arcana memiliki 22 kartu yang melambangkan seluruh perjalanan hidup, sedangkan Minor Arcana yang berjumlah 56 kartu melambangkan urusan hidup sehari-hari.

Pada dasarnya, peramal kartu tarot menggunakan kemampuan membaca simbol-simbol dan intuisi. Kemampuan ini bisa dilatih. Kartu tarot tidak dapat memprediksi masa depan, namun dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan lebih tepat.

Dalam acara Possessed Love ada dua peserta perempuan yang memiliki keahlian membaca kartu tarot. Yang unik, mereka biasanya menggunakan kartu tarot sebelum dan sesudah kencan untuk melihat kecocokan, serta untuk mengambil keputusan apakah akan melanjutkannya atau tidak.  

2. Saju

Dok. Viu

Saju adalah ramalan kuno yang populer di Korea. Saju berarti empat pilar, masing-masing merepresentasikan tahun, bulan, tanggal, dan jam lahir seseorang. Saju menganalisa energi berdasarkan keempat pilar tadi.

Ada perhitungan rumit yang digunakan peramal saju. Biasanya saju digunakan untuk menentukan kecocokan dan keharmonisan dengan seseorang. Juga untuk menentukan nama yang membawa keberuntungan. Terkadang peramal saju menyarankan seseorang untuk mengganti namanya agar cocok dengan pasangan atau mendapat nasib yang lebih baik.

Dua peserta dalam acara Possessed Love yang tayang di Viu adalah peramal saju. Sangat menarik melihat bagaimana peramal saju bisa menemukan seorang peserta yang sejak awal cocok, baik lewat ramalan maupun setelah bertemu. 

3. Shaman Korea atau Musok

Dok. Viu

Musok adalah kepercayaan yang dianut masyarakat yang meyakini kekuatan dewa dan arwah nenek moyang. Dalam praktiknya, kekuatan dewa dan arwah itu menyusup dalam tubuh seorang dukun yang disebut mudang. Kekuatan itu biasanya digunakan untuk mengusir roh jahat, tetapi juga bisa digunakan untuk mengetahui pilihan yang tepat seperti yang dilakukan peserta acara Possessed Love.

Dalam acara ini, ada tiga peserta yang berprofesi sebagai mudang. Salah satunya So Hyeon, yang membunyikan lonceng sambil memejamkan mata untuk meminta petunjuk dari arwah nenek moyang untuk menentukan orang yang tepat untuk dirinya. 

Ironisnya, menurut mudang yang ikut dalam acara ini, sangat sulit bagi mereka untuk berkencan. Orang biasanya takut dengan kekuatan mereka.  

Nah, seru banget kan? Jangan lupa saksikan Possessed Love hanya di Viu, ya!

IDN Channels

Latest from Dating