Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tanda Pasangan Mengalami Depresi, Menarik Diri dari Sosial

Sadari sebelum memberikan dampak negatif pada hubungan

Raden Putri

Setiap orang pasti pernah mengalami stres karena berbagai hal yang memengaruhi. Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak mengungkapkan apa yang ada di dalam pikirannya karena takut dihakimi. Dalam banyak kasus, seseorang bahkan tidak menyadari bahwa dia sedang depresi, sampai teman, pasangannya, atau siapa pun memberi tahu mereka.

Mengenali depresi pada pasangan bisa menjadi tantangan tersendiri, karena gejalanya yang mungkin tidak selalu terlihat jelas. Depresi adalah suatu kondisi kesehatan mental kompleks yang tidak hanya memengaruhi individu, tetapi juga orang-orang terdekatnya. Hal ini dapat merusak hubungan dan menghancurkan ikatan yang paling erat. Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi ini, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mewaspadai tanda-tanda bahwa pasanganmu mungkin sedang depresi.

Melansir dari Times of India, terdapat beberapa tanda bahwa pasangan tengah mengalami depresi. Apa saja? Simak informasinya berikut ini, yuk!

1. Kesedihan yang terus-menerus

Pexels.com/MART PRODUCTION

Salah satu tanda besar bahwa pasanganmu mengalami depresi adalah perasaan sedih yang berkepanjangan. Jika pasanganmu selalu merasa rendah diri, putus asa, atau jauh secara emosional, maka itu bisa menjadi indikasi depresi. Mereka mungkin mengungkapkan perasaan putus asa dan tidak berharga.

2. Hilangnya minat dan kesenangan

Pexels.com/Anastasia Kolchina

Penderita depresi sering kali kehilangan minat terhadap aktivitas dan hobi. Jika pasanganmu menarik diri dari aktivitas sosial, hobi, atau mungkin keintiman, itu mungkin merupakan tanda depresi. Mereka mungkin tidak lagi menikmati hal-hal yang pernah membuatnya bahagia.

3. Pola tidur

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Depresi dapat mengganggu pola tidur. Pasanganmu mungkin mengalami kesulitan untuk tidur, tetap tertidur, atau bahkan menjadi lebih mudah ketiduran. Mereka juga mungkin terjaga sepanjang malam dan tidur di siang hari. Waktu tidurnya menjadi tidak menentu dan berantakan.

4. Perubahan nafsu makan dan berat badan

Pexels.com/Andrew Neel

Depresi juga menyebabkan perubahan nafsu makan yang mengakibatkan penambahan atau penurunan berat badan secara drastis. Beberapa orang yang depresi akan makan berlebih untuk mengatasi emosinya. Sedangkan, beberapa lainnya mungkin kehilangan minat terhadap makanan.

5. Kelelahan dan energi rendah

Pexels.com/THIS IS ZUN

Penderita depresi sering kali merasa lelah terus-menerus, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak. Kelelahan yang terus-menerus ini dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, mereka juga akan terlihat lebih lesu.

6. Mudah tersinggung dan gelisah

Pexels.com/Inzmam Khan

Kesedihan memang merupakan gejala depresi yang paling umum. Namun, beberapa orang juga bisa menjadi mudah tersinggung dan mudah gelisah. Mereka mengembangkan masalah kemarahan, membentak orang yang dicintai, atau mengungkapkan kemarahannya tanpa alasan yang jelas.

7. Penarikan dan isolasi

Pexels.con/THIS IS ZUN

Depresi sering kali menyebabkan penarikan diri dari pergaulan dan isolasi. Pasanganmu mungkin menjauhkan diri dari teman dan keluarga. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendirian. Mereka juga sangat mungkin untuk menghindari pertemuan sosial dan menolak undangan.

Itulah tanda pasangan mengalami depresi. Jika kamu melihat tanda-tanda ini pada pasanganmu, segeralah beri bantuan untuknya, ya.

IDN Channels

Latest from Dating