Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Risiko Pacaran dengan Pria Lebih Tua, Wajib Tahu!

Perlu dipertimbangkan lagi, nih.

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Pacaran dengan pria yang lebih tua memang bisa menarik perhatian karena berbagai faktor seperti kematangan, stabilitas, hingga pengalaman hidup yang lebih luas. Namun, hubungan dengan perbedaan usia yang cukup besar nggak lepas dari risiko yang perlu dipertimbangkan.

Meski tak selalu buruk, penting bagi kita untuk menyadari beberapa potensi tantangan dalam menjalani hubungan ini. Lantas, apa saja risiko pacaran dengan pria lebih tua? Yuk, simak ulasannya.

1. Suka mengontrol

Pexels.com/Antoni Shkraba

Risiko pacaran dengan pria lebih tua biasanya mereka suka mengontrol. Karena tahu apa yang diinginkan, mereka mungkin memiliki kekuatan untuk mengendalikan situasi dan dirimu juga. Semakin tua usia kita, semakin kita terpaku pada kebiasaan kita, begitu juga sebaliknya. Namun, kalian harus bisa berkompromi agar hubungan bisa berhasil.

2. Hidup mungkin kurang menyenangkan

Pexels.com/Megan Ruth

Pria lebih tua sudah merasakan banyak pengalaman yang menyenangkan. Jadi kalau kamu mengajak dia bersenang-senang seperti berpesta, mungkin dia sudah malas, karena fase tersebut sudah lewat. Meski hal ini bergantung pada orangnya, namun biasanya mereka lebih menyukai rutinitas yang santai. Jika kamu masih suka kehidupan sosial, pria lebih tua nggak cocok untukmu.

3. Hubungan berjalan cepat

Pexels.com/RDNE Stock project

Risiko pacaran dengan pria lebih tua selanjutnya ialah hubungan berjalan cepat. Karena sudah tahu apa yang diinginkan, maka mereka sudah pasti ingin hubungan yang penuh komitmen dan jangka panjang. Sedangkan mungkin kebanyakan yang lebih muda nggak mau terburu-buru. Mereka ingin menjalaninya dengan santai dan nantinya akan serius.

4. Kamu nggak cocok dengan teman-temannya

Freepik.com/freepik

Pria lebih tua ini menerima perbedaan usia karena sudah mencintaimu, namun teman-temannya belum tentu. Mereka mungkin nggak mengerti mengapa dia berkencan denganmu dan ada saja yang bersikap dingin padamu.

Mungkin sulit untuk membuat mereka menganggapmu serius. Jika dia pantas, kamu pastinya akan berusaha. Tapi risiko pacaran dengan lebih tua ini membuat kamu sulit mencari kecocokan dengan teman-temannya.

5. Penampilannya kurang menarik

Pexels.com/Andres Ayrton

Salah satu risiko pacaran dengan pria lebih tua adalah perubahan penampilan fisik seiring bertambahnya usia. Pria yang lebih tua mungkin mengalami penurunan daya tarik visual, seperti kerutan atau penambahan berat badan.

Bagi pasangan yang lebih muda, hal ini bisa menjadi tantangan, terutama jika penampilan fisik memiliki peran penting dalam daya tarik hubungan. Namun, penting untuk mengingat bahwa dalam jangka panjang, hubungan yang sehat didasarkan pada koneksi emosional, bukan hanya fisik.

6. Perbedaan pandangan

Pexels.com/Katerina Holmes

Dalam risiko pacaran dengan pria lebih tua, perbedaan pandangan sering menjadi tantangan utama. Pria yang lebih tua mungkin sudah memiliki prinsip hidup yang mapan, sementara pasangan yang lebih muda cenderung lebih fleksibel dan suka bereksperimen dalam menghadapi berbagai hal. Hal ini bisa memicu konflik jika masing-masing nggak bisa saling menyesuaikan diri.

Jadi komunikasi yang terbuka sangat diperlukan untuk mengatasi perbedaan pandangan dan menjaga keharmonisan dalam hubungan.

7. Mendominasi dan ketergantungan

Pexels.com/Monstera Production

Pacaran dengan pria yang lebih tua juga bisa membawa risiko dominasi dalam hubungan. Karena perbedaan pengalaman hidup, mereka mungkin cenderung memimpin dalam pengambilan keputusan. Jika nggak diimbangi dengan komunikasi yang sehat dan setara, hal ini bisa mengarah pada ketergantungan, ketika pasangan yang lebih muda merasa kehilangan suara atau kendali dalam hubungan.

Memang nggak bisa dipungkiri, ada saja risiko pacaran dengan pria lebih tua dibalik keuntungannya. Namun apa pun pilihanmu, semua bergantung bagaimana sifat orang tersebut dan cara kita menangani masalahnya.

IDN Channels

Latest from Dating