Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Arti Mimpi Ketahuan Selingkuh, Tanda Keretakan Hubungan?

Mungkin, ada yang salah dalam hubunganmu

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Mimpi sering kali menjadi jendela bagi alam bawah sadar kita. Salah satu mimpi yang mungkin pernah dialami adalah mimpi ketahuan selingkuh. Mungkin bagi kamu yang merasakan akan bertanya-tanya, apa makna dari semua ini. Apakah menjadi pertanda kalau suatu saat kamu akan mengkhianati pasanganmu? 

Well, mimpi memiliki banyak interpretasi, jadi belum tentu juga menjadi kenyataan. Namun tentu saja, karena mimpi ini kamu akan merenung setelah bangun tidur. Untuk mencari tahu jawabannya, simak arti mimpi ketahuan selingkuh dari para ahli sebagai berikut.

1. Ada yang hilang dari hubunganmu

Pexels.com/Alex Green

Arti mimpi ketahuan selingkuh yang pertama menandakan masalah mendasar yang kamu miliki dengan pasangan, atau ada sesuatu yang hilang dalam hubungan tersebut. Menurut ahli decoding mimpi, Theresa Cheung, sebagaimana yang dikutip dari laman InStyle, ada kemungkinan hubungan itu tidak memenuhi kebutuhanmu, sehingga pikiranmu dalam mimpi seperti mencari orang lain untuk mewujudkannya.

Mimpi selingkuh juga bisa berarti kamu benar-benar ingin berselingkuh, jika mimpi tersebut terjadi hampir setiap malam dan terbawa ke dalam pikiran.

2. Kecemasan

Pexels.com/RDNE Stock project

Kalau menurut terapis hubungan, James Bronstein, mimpi ketahuan selingkuh merupakan pengaruh dari kecemasan, entah itu dari hubunganmu atau aspek lain dalam hidupmu. Mungkin saja, kamu sedang takut kehilangan dia.

"Ketika ada kecemasan dalam suatu hubungan, alasan paling umum mengapa mimpi selingkuh terjadi adalah karena takut hubungan akan berakhir. Sebagai manusia, ketakutan kita muncul selama keadaan tidur, ketika ego dan pikiran kita tidak ada untuk menyensor atau menyingkirkan perasaan dan pikiran," kata James Bronstein.

3. Kamu merasa bersalah tentang sesuatu

Pexels.com/Engin Akyurt

Berdasarkan penelitian dan pengalaman dari seorang analis mimpi bersertifikat, Lauri Loewenberg, seperti yang dilansir dari laman Women's Health, arti mimpi ketahuan selingkuh ternyata perasaan bersalah atau khawatir tentang sesuatu yang kamu lakukan. Hal ini mungkin menyita waktu yang seharusnya kamu curahkan untuk hubungan tersebut.

4. Kamu pernah mengkhianati mantanmu

bonobology.com

Mungkin kamu setia dalam hubunganmu saat ini, tapi berbeda halnya dengan hubungan asmaramu sebelumnya. Hal itu penting dalam hal penafsiran mimpi. Menurut Lauri Loewenberg, perselingkuhan bisa jadi traumatis dan sangat sulit disembuhkan. Bahkan jika sudah bertahun-tahun, bekas luka emosional tetap ada, termasuk bekas luka rasa bersalah di masa lalu.

5. Kamu merasa sudah membohongi diri sendiri

Pexels.com/Austin Guevara

Mimpi ketahuan selingkuh saat tidur dapat menjadi sinyal bahwa kamu tidak setia pada apa pun yang kamu percayai, itulah menurut asisten profesor psikologi, Deirdre Leigh Barrett, PhD. Hal itu bisa jadi keluarga asalmu, etnis leluhur, pekerjaan yang belum sepenuhnya kamu tekuni, atau bahkan aspirasi karier jangka panjang yang menjauhkanmu dari pekerjaan rutin.

Mungkin kamu selalu ingin memulai bisnis sendiri, tapi kamu membuang-buang waktu dan energi untuk pekerjaan kantoran yang tidak jamh sukai. Mimpi ini bukan tentang berselingkuh dari pasangan, tapi tentang menipu diri sendiri hingga kehilangan potensimu.

6. Ada yang salah dalam hubunganmu

Pexels.com/Vera Arsic

Jika kamu menyadari bahwa dalam mimpi hubunganmu tak sekadar selingkuh, tapi juga berhubungan seks, bisa jadi kamu merasa ada yang salah dalam hubunganmu, kalau menurut Deirdre Leigh Barrett, PhD. Ini Bergantung pada apa sebenarnya yang "salah", kamu mungkin dapat menyelamatkan hubunganmu, atau menjadi pertanda harus mengakhirinya.

7. Ada kaitannya jika orang tua kamu selingkuh

Freepik.com/freepik

Mimpi ketahuan selingkuh juga bisa jadi tentang hubungan yang lebih luas. Misalnya, dengan orang tuamu yang pernah melakukan hal tersebut. Tanyakan pada dirimu, mengapa kamu merasa seperti orang tuamu dalam mimpi itu? Bagaimana rasanya menjadi seperti mereka? Apakah itu mengubah caramu memandang mereka dan tindakan mereka?

Mimpi ini mungkin membantumu lebih memahami apa yang mereka lakukan. Mimpi itu mungkin tidak secara ajaib memperbaiki hubungan yang rengggang, tapi mimpi itu dapat membantumu untuk pulih.

8. Perasaan insecure

Pexels.com/Diva Plavalaguna

Bermimpi tentang ketahuan selingkuh menurut horoskop Jawa bisa menjadi pertanda insecure dalam hubungan yang sedang dijalani. Mungkin terdapat keraguan terhadap kepercayaan pasangan, atau ada ketidakpastian yang mengganggu pikiran.

Ketidakamanan emosional ini mungkin berasal dari kejadian atau pengalaman masa lalu yang masih berdampak pada hubungan saat ini. Bisa jadi ada hambatan dalam membuka diri sepenuhnya dan mempercayai pasangan.

Itulah arti-arti mimpi ketahuan selingkuh berdasarkan para ahli. Namun jangan terlalu overthinking! Jika memang ada yang kamu rasakan seperti di penjelasan di atas, maka perbaikilah hubungan itu jika masih bisa.

IDN Channels

Latest from Dating