Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu Cemburu untuk Mewakili Perasaan yang Terluka

Cocok untuk menemani kegalauanmu

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Cemburu adalah emosi yang umum dialami banyak orang, terutama dalam konteks hubungan. Ketika seseorang merasakan cemburu, ada rasa ketidakamanan, takut kehilangan, bahkan bisa terasa juga meskipun hubungan sudah berakhir. Perasaan ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, dari sedih hingga kemarahan. 

Tak jarang juga kita kesulitan mengungkapkan cemburu dan sakit hati yang dirasakan. Namun, ada media lain untuk kita melampiaskannya, seperti mendengarkan lagu. Oleh karena itu, Popbela akan merangkum beberapa lagu cemburu sebagai pelipur lara yang tengah kamu rasakan sekarang. Keep scrolling!

1. Ghea Indrawari - "Kamu Anggap Apa"

Kamu anggap apa
Perasaanku ini
Kau menangis di pundakku
Dan tertawa bersamanya
Jangan hanya karna
Kau tau aku ada
Seenaknya saja kau datang
Dan semudah itu kau pergi

Lagu cemburu berjudul "Kamu Anggap Apa" dipopulerkan oleh Ghea Indrawari. Lagu ini bercerita tentang ketidakpastian sebuah hubungan, ketika seseorang merasa diabaikan. Melalui liriknya, dia mengekspresikan rasa cemburu saat orang yang disukainya sering bercerita tentang perempuan lain. Padahal, kita merasa lebih mampu membuatnya bahagia.

2. Tiara Andini ft. Arsy Widianto - "Masih Hatiku"

Sungguhkah aku untukmu?
Kenyataan masih untuknya
Ku cemburu, namun, hanya sebatas itu

Lagu cemburu berikutnya yaitu "Masih Hatiku" yang dinyanyikan oleh Tiara Andini dan Arsy Widianto. Lagu ini bertema kecemburuan sekaligus kerinduan dalam hubungan yang rumit. Liriknya mengekspresikan rasa ragu, sakit hati dan ketidakpastian ketika melihat pasangan dekat dengan orang lain, meski mereka masih saling cinta. Dengan melodi yang emosional, lagu ini seperti mengungkap harapan ingin mendapatkan cinta yang sebelumnya sia-sia.

3. Juicy Luicy - "Lantas"

Pantaskah aku menyimpan rasa cemburu
Padahal bukan aku yang memilikimu
Sanggup sampai kapankah ku tak tahu
Akankah akal sehat menyadarkanku

Selanjutnya ada lagu dari Juicy Luicy yang bertajuk "Lantas". Lagu ini menggambarkan kerinduan sekaligus rasa cemburu. Dari liriknya seperti menceritakan seseorang yang merasa kehilangan dan ditinggalkan. Karena itu, rasanya ragu untuk masih menaruh hati, bahkan untuk sekadar rasa cemburu.

4. Vionita Sihombing - "Cemburu"

Bagaimana bisa
Ku terlalu cemburu
Saat melihatmu bersamanya
Tapi aku sadar
Kau tak pernah jadi milikku
Sebenarnya ku tak berhak cemburu

Seperti judulnya, lagu "Cemburu" dari Vionita ini benar-benar menggambarkan perasaan cemburu yang mendalam. Melihat liriknya, kita bisa merasakan betapa nggak nyaman saat lihat pasangan dekat dengan orang lain, yang membuat insecure. Situasi ini tentu related oleh banyak orang, yaitu ketika kita nggak berhak cemburu dengan sosok yang nggak pernah kita miliki. Nyesek abis!

5. Raim Laode - "Cemburu"

Aku cemburu melihat kau bersamanya
Aku cemburu tanganmu digenggam dia
Tapi ku tak tahu mengapa aku cemburu
Kau bukan milikku kau bukan milikku

Meski dikemas dengan easy listening, tapi lagu yang dibawakan Raim Laode ini memiliki makna mendalam. Dari judul "Cemburu", liriknya bercerita tentang kecemburuan seseorang saat melihat sosok yang dia cintai sudah memiliki pasangan. Rasanya sakit dan nggak tenang, namun sang penyanyi membawa lagu ini dengan ringan dan santai. Bisa dikatakan lagu ini sederhana tapi begitu ngena di hati.

6. SZA - "Kill Bill"

I might kill my ex, not the best idea
His new girlfriend's next, how'd I get here?
I might kill my ex, I still love him though
Rather be in jail than alone

Lagu "Kill Bill" dari SZA menceritakan tentang seseorang yang merasakan cemburu ekstrem setelah putus cinta. Dalam liriknya menggambarkan keinginan balas dendam kepada mantan dan pasangannya yang baru. Perasaan cemburu sangat jelas di sini,  menunjukkan bagaimana perasaan itu bisa membuat seseorang berpikir secara irasional dan terobsesi.

Bahkan, lagu cemburu ini juga menggambarkan sisi gelap dari cinta yang berakhir, ketika perasaan itu dapat mendorong seseorang ke arah tindakan yang ekstrem.

7. Taylor Swift - "You Belong with Me"

If you could see that I'm the one who understands you
Been here all along, so why can't you see?
You belong with me

Dipopulerkan penyanyi ternama, Taylor Swift, lagu cemburu satu ini rilis di tahun 2008. Meski sedikit lawas, tapi makna lagunya tetap membekas di hati. "You Belong with Me" memperlihatkan rasa cemburu dan harapan cinta yang belum terbalas.

Lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang jatuh cinta pada sahabatnya, namun sang lelaki malah menjalin hubungan dengan orang yang salah.

8. Labrinth - "Jealous"

It's hard for me to say, I'm jealous of the way
You're happy without me

Rilis pada tahun 2014, sebagai bagian dari albumnya "Take Me to the Truth". Lagu cemburu dari Labrinth ini dikenal karena liriknya yang emosional dan mendalam. Sang penyanyi mengekspresikan rasa cemburu yang muncul dari kehilangan seseorang yang pernah sangat berarti. Cemburu di sini bukan karena orang lain, tapi pada situasi saat orang tersebut mampu melanjutkan hidup tanpa dirinya.

9. Bebe Rexha ft. Doja Cat - "Baby I'm Jealous"

Baby, I'm jealous
Of the pictures that you like
Baby, I'm jealous
Of the girls with lighter eyes

"Baby, I’m Jealous" adalah lagu yang dirilis pada Oktober 2020 oleh Bebe Rexha dan berkolaborasi dengan Doja Cat. Lagu ini mengangkat tema kecemburuan yang muncul dari insecure dan perbandingan diri di media sosial.

Liriknya menggambarkan bagaimana seseorang merasa iri terhadap perempuan lain yang tampak lebih menarik. Terlebih lagi, pasangannya sering menyukai foto orang lain yang justru membuat semakin tidak percaya diri. 

10. Olivia Rodrigo - "Good 4 You"

Well, good for you, I guess you moved on really easily
You found a new girl, and it only took a couple weeks
Remember when you said that you wanted to give me the world?

Lagu cemburu satu ini memiliki campuran genre yang unik yaitu, pop, rock, dan punk. Namun di balik itu, ada kisah sedih yang bisa kita dengar dalam lagu ini. Rilis di tahun 2021, "Good 4 You"  menunjukkan perasaan cemburu dan frustrasi setelah melihat mantan pasangan dengan cepat move on dan tampak bahagia dengan orang lain.

Lagu ini penuh energi dengan lirik yang mengungkapkan kemarahan dan kepahitan, mencerminkan betapa sakitnya melihat seseorang yang dulu dekat dengan kita, tapi sekarang sudah bahagia bersama yang lain.

Itulah daftar lagu cemburu yang bisa kamu dengarkan untuk mewakili perasaan yang terpendam. Seiring waktu, kamu pasti bisa melewati masa-masa sulit ini!

IDN Channels

Latest from Dating