Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Melihat Pacar Teman Selingkuh

Beri tahu atau nggak, ya?

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bela, pernahkah kamu dalam situasi ketika melihat pacar dari teman baikmu sedang berselingkuh? Ya, ini benar-benar menempatkanmu pada posisi serba salah. Tentu saja kamu ingin memberi tahu temanmu, tetapi nggak sesederhana itu, kan? Lagi pula, itu bukan hubunganmu, dan kamu nggak ingin terkesan mengadu domba mereka.

Meski begitu, kamu perlu memberi tahunya tentang kabar buruk ini, karena pada akhirnya akan menyelematkan mereka dari hubungan yang salah. Melansir dari laman Bustle, ini hal yang bisa dilakukan saat melihat pacar teman selingkuh. Yuk, simak!

1. Pastikan terlebih dahulu kalau itu perselingkuhan

Pexels.com/cottonbro studio

Menurut pakar hubungan, sebelum seseorang mulai berasumsi itu perselingkuhan, maka pastikan dahulu kebenarannya. Tanyakan pada diri sendiri, interaksi seperti apa yang membuat itu tampak selingkuh. Apakah mereka begitu intim seperti pasangan kekasih? Atau mereka hanya dekat sekadarnya? Karena bisa saja itu hanya teman, anggota keluarga, atau bahkan rekan kerja. Jadi, jangan gegabah, ya!

2. Tanyakan dulu tentang hubungan mereka

Pexels.com/August de Richelieu

Kalau kamu merasa ragu untuk membicarakan topik perselingkuhan, cobalah untuk menanyakan lebih dalam ke temanmu tentang hubungan pacarnya dan orang tersebut. Kalau memang nggak ada masalah, maka kamu katakan maaf karena sudah salah memahami situasi. Tetapi kalau memang ada sesuatu, lebih baik ceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

3. Ceritakan secara langsung

Freepik.com/tirachardz

Jika sudah memastikan pacar temanmu sudah berselingkuh dengan orang lain, pastikan kamu akan menceritakan ini secara langsung. Meski mungkin bukan hal yang mudah, tetapi seperti kata seorang pakar hubungan, kabar ini seharunya disampaikan secara langsung melalui telepon atau bertemu langsung, bukan dari pesan teks.

4. Perhatikan kata-katamu

Freepik.com/freepik

Sebagai teman, kamu tentu ingin mengusahakan yang terbaik untuknya. Oleh karena itu, dalam hal ini kamu harus hati-hati dan bisa mengatakan dengan bahasa yang baik. Jangan sampai membuatnya langsung terkejut dan terkesan sangat menyakitkan. Menurut pakar hubungan, kamu hanya cukup menyampaikan fakta tanpa memberi tambahan komentar apa pun. 

5. Bersikap empati kepada temanmu

Freepik.com/freepik

Karena kamu memutuskan untuk memberi tahu temanmu kalau pacarnya sudah selingkuh, maka bersikaplah empati seperti menunjukkan rasa empati padanya. Kamu bisa menawarkan dukungan atau bantuan untuk menangani masalah ini. Yakinkan bahwa kamu akan selalu ada untuknya di kala sedih dan membutuhkanmu. 

Kalau temanmu nggak percaya dengan apa yang kamu katakan, tunjukkan saja bukti yang kamu dapatkan tanpa pendapat pribadi. Jika mereka masih bersikap begitu, maka kamu nggak perlu melakukan apa pun. Tetap fokus membantunya untuk memberi dukungan.

Kamu nggak bisa mengontrol reaksi temanmu, yang terpenting kamu sudah melakukan hal yang terbaik untuk menyelamatkan temanmu dari hubungan yang salah. Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika melihat pacar temanmu berselingkuh.

IDN Channels

Latest from Dating