Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tanda Kamu Harus Cut Off dalam Hubungan Asmara yang Toxic

Nggak semua hubungan harus dipertahankan

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Cut off dalam hubungan adalah istilah ketika seseorang memilih untuk sepenuhnya memutuskan kontak dengan orang lain, yang sering kali tanpa peringatan atau penjelasan yang detail. Hal ini sering kali terjadi dalam konteks hubungan romantis, persahabatan, atau keluarga.

Selain itu, seseorang merasa sudah nggak tahan dengan situasi atau konflik yang ada, sehingga mereka memilih untuk menghentikan semua bentuk interaksi. Meski mungkin terasa sebagai solusi instan, namun cut off dalam hubungan sering kali meninggalkan luka emosional yang dalam bagi kedua belah pihak.

Well, apakah wajar kalau kita melakukan hal tersebut kepada pasangan? Sebenarnya sah-sah saja asal dengan situasi dan kondisi tertentu. Agar nggak salah, simak tanda-tanda ketika kamu harus melakukan cut off dalam hubungan asmara yang toxic berikut ini.

Apa itu hubungan asmara yang toxic?

Pexels.com/Timur Weber

Hubungan yang toxic adalah ketika sepasang kekasih terus-menerus merusak rasa kesejahteraan, kebahagiaan, dan terkadang menghancurkan kepercayaan diri. Perselisihan atau konflik sesekali adalah hal yang normal, tapi pola kekerasan emosional, rasa tidak hormat, dan manipulasi yang terus-menerus dapat menyebabkan hancurnya kesehatan mental dan emosional.

Tanda hubungan asmara yang toxic

Setiap orang tentu ingin berada dalam hubungan yang sehat dalam hal apa pun. Melalui penjelasan di bawah ini, kamu akan memahami tanda-tanda kalau kamu harus cut off dalam hubungan asmara yang toxic sebagai berikut.

1. Hubungan yang penuh kekerasan

pexels.com/Timur Weber

Tanda kamu harus cut off dalam hubungan toxic yang pertama adalah ketika hubungan tersebut penuh kekerasan. Ini terjadi ketika salah satu pasangan menggunakan kekuasaan dan kendali atas pasangannya melalui kekerasan fisik, emosional, atau seksual. Jenis hubungan ini berbahaya dan dapat menimbulkan dampak fisik dan psikologis yang serius pada korbannya. 

Jika kamu berada dalam hubungan yang penuh kekerasan, segera cari bantuan dan dukungan untuk menjamin keselamatanmu.

2. Kamu nggak dihargai lagi

pexels.com/Keira Burton

Tanda kamu harus cut off dalam hubungan yang toxic adalah ketika pasangan sering merendahkanmu. Mereka membuat pasangannya merasa nggak berharga melalui komentar yang merendahkan, ejekan, atau kritik.

Perilaku ini dapat berdampak buruk pada harga diri seseorang, membuat mereka merasa rendah diri atau nggak layak mendapatkan rasa hormat dan cinta.

3. Kebutuhan yang nggak pernah terpenuhi

freepik.com/gpointstudio

Cut off dalam hubungan asmara yang toxic harus dilakukan ketika kebutuhanmu nggak pernah terpenuhi. Baik itu tentang emosional, fisik, dan psikologis, semuanya penting dalam kehidupan. Memang dalam hubungan nggak ada yang sempurna, tapi kalau nggak pernah merasakannya sama sekali, tentu ini sudah nggak sehat.

4. Nggak ada timbal balik dalam hubungan

Pexels.com/Alena Darmel

Hubungan yang sehat harus memiliki timbal balik yang seimbang, ketika kedua pihak saling memberi dan menerima. Jika kamu terus memberi tanpa pernah menerima, ini bisa menyebabkan kelelahan emosional dan perasaan nggak dihargai.

Ketidakseimbangan ini kalau dibiarkan, maka dapat merusak kesehatan mental. Dalam situasi seperti ini, mempertimbangkan cut off mungkin menjadi langkah yang diperlukan untuk menjaga kesejahteraanmu.

5. Konflik yang sudah nggak bisa diselesaikan

Pexels.com/RODNAE Production

Ketika pasangan nggak bisa menyelesaikan perbedaan pendapat atau konflik, maka salah satu pihak mungkin merasa bahwa memutuskan komunikasi adalah solusi terbaik. Ketidakmampuan untuk mencapai kesepakatan atau memahami perspektif masing-masing dapat memperburuk situasi.

Dalam beberapa kasus, ketidakmampuan ini membuat mereka merasa frustrasi dan kehabisan opsi lain. Akibatnya, mereka memilih untuk menghindari konflik lebih lanjut dengan menghentikan semua bentuk komunikasi. 

6. Selalu merasa nggak aman

Pexels.com/Neo Rioux

Dalam hubungan yang sehat, kamu seharusnya merasa aman dan terlindungi, baik secara fisik maupun emosional. Tapi kalau kamu terus-menerus merasa gelisah, cemas tentang bagaimana reaksi pasanganmu, atau khawatir akan memancing kemarahan, itu pertanda bahwa hubungan tersebut bukanlah tempat yang aman bagimu lagi. Jadi inilah saatnya untuk lakukan cut off dalam hubungan asmara yang toxic.

Apa dampaknya kalau kamu tetap bertahan dalam toxic relationship?

Unsplash

Bertahan dalam hubungan yang toxic bisa berdampak besar pada kesehatan mental, emosional, bahkan fisik. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya kecemasan, depresi, dan menurunnya rasa harga diri. Stres dan kenegatifan yang terus-menerus dapat menyebabkan gejala seperti insomnia, perubahan nafsu makan, atau masalah kesehatan kronis.

Hubungan yang toxic dapat menyebabkan isolasi diri, sehingga lebih sulit untuk mencari bantuan ketika kamu sangat membutuhkannya.

Apakah tanda-tanda di atas sedang kamu rasakan? Jika iya, kamu boleh melakukan cut off dalam hubungan itu demi kesehatan mental dan fisikmu.

IDN Channels

Latest from Dating