Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menghindari Friendzone Sebelum Terlambat!

Lakukan dengan berani!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Cara menghindari friendzone mungkin menjadi teka-teki bagi banyak orang. Jelas saja, nggak ada yang mau terjebak dalam hubungan yang nggak ada kejelasan. Rasanya juga menyiksa, ketika kita hanya dijadikan teman oleh orang yang sangat kita sukai.

Keluar dari friendzone dan beralih ke hubungan yang lebih romantis tentu membutuhkan perpaduan antara strategi dan ketulusan. Oleh karena itu, Popbela akan merangkum cara menghindari friendzone yang bisa kamu terapkan.

1. Jangan terus menunggu

Pexels.com/Andres Ayrton

Cara menghindari friendzone yang pertama adalah jangan selalu menunggu. Inilah yang sering kali membuat seseorang terjebak ke dalam friendzone. Boleh saja meluangkan waktu sampai merasa nyaman, tetapi jangan terlalu lama.

Jika kamu benar-benar menyukainya, carilah waktu lebih cepat untuk berterus terang dan tunjukkan padanya. Bagaimanapun, jangan sampai kamu membuang waktu.

2. Selalu ada untuk dia

Pexels.com/Ajay Donga

Untuk benar-benar menunjukkan pada seseorang bahwa kamu adalah pasangan terbaik, maka kamu harus menjadi support system yang kuat bagi dia. Kalau kamu ingin menghindari friendzone, dia perlu tahu bahwa kamu selalu dapat diandalkan dan lebih peduli daripada orang lain.

3. Jangan terlalu 'melekat'

Pexels.com/Dejan Krstevski

Konsisten memang harus, tetapi bukan berarti kamu harus terus bergantung padanya. Memperlihatkan usaha kita untuk suatu hubungan memang harus jelas, namun jangan lupa bahwa memberi ruang untuk dia sangatlah penting. Jangan sampai membuat dia merasa nggak nyaman berada di dekatmu.

4. Nggak perlu membuat dia cemburu

Freepik.com/shurkin_son

Orang-orang sering berpikir cara menghindari friendzone dengan mudah adalah membuat si dia cemburu. Perlu kamu tahu, cara seperti ini sebenarnya nggak baik, lho. Bahkan terkadang, rasa cemburu justru membuat dia semakin menjauh. Jadi sebaiknya nggak perlu membuat drama seperti ini, ya.

5. Sentuhan fisik sesekali

Pexels.com/ Juan Pablo Serrano

Sentuhan fisik selalu menjadi hal penting dalam hubungan. Begitu juga dalam situasi ini, agar kamu bisa menghindari friendzone. Nggak perlu berlebihan untuk melakukannya. Misalnya, kamu menyentuh bahu dia sambil tertawa, atau trik klasik seperti nggak sengaja memegang tangannya. Intinya tunjukkan kalau kamu memang nggak mau jadi sekadar teman.

6. Berikan dia pujian

Pexels.com/Josh Willink

Semua orang suka pujian, ini penting agar mereka merasa dihargai. Begitu juga untuk orang yang kita sukai, kamu bisa melakukannya untuk meluluhkan hatinya. Buatlah dia tersipu malu dengan kata-kata manismu.

7. Nyatakan perasaanmu

Pexels.com/Vera Arsic

Untuk memecahkan teka-teki cara menghindari friendzone adalah dengan mengungkapkan perasaanmu. Ya, artinya kamu harus berani ambil risiko kalau nggak ingin terjebak terlalu lama. Ajak dia untuk menjalin hubungan serius, dan sampaikan komitmenmu.

Bagaimana cara mengetahui kalau kamu terjebak dalam friendzone?

Pexels.com/Hadi Slash

Umumnya ketika ada orang saling menyukai satu sama lain, sudah pasti akan ada rayuan, ketertarikan, dan pujian. Namun, apakah friendzone ada hal seperti itu? Untuk jelasnya, berikut ini cara mengetahui kalau kamu sudah terjebak dalam friendzone:

  • Dia secara eksplisit mengatakan bahwa kamu hanyalah teman mereka, nggak lebih.
  • Sering bercanda padamu layaknya seorang teman.
  • Nggak pernah melakukan kontak fisik apa pun yang mungkin sugestif.
  • Dia nggak pernah menggodamu, atau nggak tertarik menanggapimu.
  • Dia berbicara denganmu tentang orang yang disukai.
  • Dia mencoba menjodohkanmu dengan orang lain.

Kembali lagi, dinamika seperti ini bergantung pada masing-masing pengalaman setiap orang. 

Itulah beberapa cara menghindari friendzone yang bisa kamu lakukan. Tetapi kalau semuanya berakhir penolakan, kamu tetap harus menghargai perasaannya. Bagaimanapun, setidaknya mencoba satu kali daripada tidak sama sekali, bukan?

IDN Channels

Latest from Dating