Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Drama Korea Romantis yang Kisah Cintanya Berawal dari Penipuan

Ada yang berawal bohong saat blind date

Natasha Cecilia Anandita

Drama Korea memiliki beragam genre drama yang membuat para penonton tertarik. Salah satunya genre romantis. Drama-drama tersebut juga mengisahkan perjalanan cinta dari yang klise hingga plot twist, tapi mampu membius penonton. 

Misalnya, tentang kawin kontrak, benci jadi cinta, sahabat jadi cinta, sampai berawal dari penipuan. Walau bisa tertebak jalan ceritanya, tapi kisah mereka mampu membuat baper dan gagal move on. Berikut ada 9 drama korea romantis populer yang kisah cinta tokoh utamanya berawal dari penipuan. 

1. Full House (2004)

Netflix

Pernah hits pada masanya, drama yang dibintangi Song Hye Kyo dan Rain ini berkisah tentang cinta yang tumbuh dari kebohongan. Han Ji Eun (Song Hye Kyo) adalah seorang penulis naskah yang bercita-cita tinggi, tapi polos.

Ia ditipu dua temannya saat berlibur, di mana teman-temannya mengatakan bahwa Ji Eun mendapat liburan gratis ke Shanghai, tapi ternyata tidak. Teman-temannya juga menjual rumah Ji Eun tanpa sepengetahuannya.

Saat liburan, ia bertemu dengan Lee Young Jae (Rain), seorang aktor terkenal dengan pesona sombong. Keduanya duduk berdampingan di pesawat, bahkan Ji Eun muntah di bajunya. Kehabisan uang, Ji Eun juga sempat meminjam uang pada Young Jae. 

Setelah liburan yang hancur itu, Ji Eun menyadari bahwa ia telah ditipu teman-temannya. Ia lebih kaget saat di rumahnya ada seorang laki-laki asing. Ternyata dia adalah Young Jae pemilik baru rumah tersebut. 

Awalnya tak ada yang mau mengalah dan mereka tak akur. Sampai akhirnya keduanya berkompromi dan sepakat untuk tinggal bersama dengan syarat Ji Eun bekerja sebagai pembantu.

Suatu kali, Young Jae ingin balikan lagi dengan mantannya, Kang Hye Won (Han Da Gam). Untuk membuat Kang Hye Won cemburu, Lee Young Jae dan Han Ji Eun pun membuat perjanjian kawin kontrak selama 6 bulan. Bukannya balikan, Young Jae dan Ji Eun malah jatuh cinta satu sama lain. 

2. Coffee Prince (2007)

Netflix

Drama yang tayang 16 tahun ini begitu legend dan sulit dilupakan sampai saat ini. Ini bercerita tentang laki-laki kaya dan tampan bernama Choi Han Gyul (Gong Yoo), yang selalu menghindar dari tanggung jawab dan berupaya menghindari perjodohan dari neneknya. Ia terjebak friendzone dengan temannya yang bernama Han Yoo Joo (Chae Jung An).

Han Gyul punya kedai kopi bernama “Coffee Prince” dan hanya mempekerjakan laki-laki untuk menarik pelanggan. Di sisi lain, ada Go Eun Chan (Yoon Eun Hye), seorang perempuan muda yang sibuk kerja part-time dan salah satu karyawan Han Gyul. Ia bisa masuk ke kedai tersebut karena berjiwa dan berpenampilan tomboy sehingga sering disangka laki-laki.

Han Gyul meminta Eun Chan menyamar sebagai pasangan gay-nya agar tidak dijodohkan dengan neneknya pada kencan buta. Dilema mulai terjadi ketika Han Gyul, tanpa mengetahui identitas asli Eun Chan, tertarik padanya. Ia pun mempertanyakan orientasi seksualnya. Di sisi lain, Eun Chan yang juga jatuh cinta pada Ha Gyul sulit untuk mengatakan jati dirinya yang sebenarnya. 

3. Lie To Me (2011)

teahub.io

Lie To Me bercerita tentang kisah cinta Gong Ah Jung (Yoon Eun Hye), seorang pegawai pemerintah, yang diawali dengan kebohongan. Awalnya ia ingin membohongi temannya yang manipulatif karena tak tahan selalu diintimidasi karena kehidupan cintanya yang tak mulus.

Ia berkata pada temannya itu bahwa dia sudah bertunangan dan akan menikah dengan laki-laki kaya. Tak disangka, kebohongan itu semakin berkembang menjadi situasi di luar kendalinya. Berita pertunangannya menyebar dan banyak orang berasumsi bahwa tunangannya itu adalah presiden World Hotel, Hyun Ki Joon (Kang Ji Hwan).

Saat rumor semakin memanas, Ki Joon dan Ah Jung terpaksa harus berpura-pura telah tunangan karena keadaan. Cinta datang karena terbiasa, akhirnya pasangan ini pun benar-benar jatuh cinta. Namun, tak seru jika tak ada konflik, status sosial mereka dan mantan dari masa lalu datang untuk menguji kekuatan cinta mereka. 

4. Fated to Love You (2014)

asianwiki.com

Kisah tak terduga terjadi antara seorang chaebol  dan pekerja kantoran yang penakut. Lee Gun (Jang Hyuk) dan Kim Mi Young (Jang Nara) bertemu pada suatu malam dan mereka menjadi pasangan one night stand. Tak disangka, ternyata kejadian tersebut membuat Mi Young hamil. Ibu Mi Young yang tak terima mencari ayah dari anak Mi Young dan bertemu dengan Lee Gun yang juga sedang berada di daerah yang sama. 

Lee Gun pun mau bertanggung jawab dan mereka kawin kontrak. Mi Young dibawa Lee Gun ke rumahnya dan justru diperlakukan baik oleh nenek Lee Gun. Laki-laki yang egois dan dingin itu mulai luluh dan memberi perhatian pada Mi Young serta calon bayinya. Masalah mulai muncul saat Kang Sera, mantan kekasih Lee Gun, tiba-tiba kembali ke Korea dan ingin memulai hubungan lagi dengan Lee Gun.

5. Marriage, Not Dating (2014)

asianwiki.com

Kebencian dan kepalsuan merupakan awal dari kisah cinta Gong Ki Tae (Yeon Woo Jin) dan Joo Jang Mi (Han Groo). Ki Tae adalah seorang dokter bedah sukses yang tidak memiliki niat untuk terbebani oleh hubungan, apalagi pernikahan karena trauma masa lalu.

Namun, keluarganya justru berpikiran sebaliknya. Dia bertemu Jang Mi secara tidak sengaja di klub malam. Awalnya, kedua orang ini tak menyukai satu sama lain. Apalagi Jang Mi saat itu baru putus dengan pacarnya padahal ia berharap untuk bisa menikah.

Tapi, akhirnya Ki Tae menawarkan Jang Mi untuk berpura-pura menjadi calon istrinya agar tak terus-terusan dicecar oleh keluarganya. Jang Mi pun setuju karena ingin balas dendam pada sang mantan. Hubungan palsu tersebut membuat keduanya malah saling suka. 

6. Because This Is My First Life (2017)

twitter.com/TheDramaKorea

Relate dengan kehidupan, Because This Is My First Life merupakan drama terbaik walau sedikit underrated. Ini bercerita tentang kehidupan Nam Se Hee (Lee Min Ki) dan Yoon Ji Ho (Jung So Min).

Se Hee adalah laki-laki yang canggung secara sosial dan tidak berkencan karena suatu kenangan masa lalu dengan kekasihnya. Ia menyayangi kucingnya, dan menghabiskan tabungan hidupnya untuk membeli rumah.

Namun, kondisi keuangannya terbatas, hipoteknya sangat mahal, dan pekerjaannya sebagai spesialis IT membuat dia hampir tidak mempunyai uang untuk berbelanja. Sementara Ji Ho adalah seorang penulis drama yang bercita-cita tinggi.

Ia terpaksa keluar dari rumahnya sejak saudara laki-lakinya dan pasangannya yang sedang hamil pindah ke apartemennya. Kehidupan finansialnya juga tak begitu baik. Hingga akhirnya, Se Hee dan Ji Ho bertemu sebagai orang yang menyediakan kamar dan penyewa kamar. Keduanya menandatangani kontrak dan memutuskan untuk tinggal bersama.

Karena suatu keadaan, mereka memutuskan untuk kawin kontrak selama dua tahun dengan sejumlah persyaratan. Rasa cinta dan berbagai persoalan mulai muncul, termasuk masalah orangtua Ji Ho dan kehadiran mantan istri Se Hee.

7. Her Private Life (2019)

Netflix

Mengambil kisah romansa kantor dan kehidupan fangirl, Her Private Life banyak disukai penggemar drama. Kisahnya tentang Sung Duk Mi (Park Min Young) yang menjalani kehidupan ganda.

Dia adalah kurator yang sangat efisien dan berbakat di galeri seni pada siang hari. Namun, ia punya kehidupan rahasia menjadi fangirl setia idol K-pop, Cha Shi An (ONE). Dia adalah manajer fansite Shi An, dan suka mengunggah foto-foto terbaiknya.

Kehidupannya semakin rumit saat kedatangan direktur seni baru di galeri tempat kerjanya bernama Ryan Gold (Kim Jae Wook). Keduanya suka berselisih di tempat kerja sampai Ryan menemukan rahasia Duk Mi.

Suatu ketika, Duk Mi pernah diserang oleh sekelompok siswa sekolah menengah karena diduga menjadi pacar rahasia Shi An, Ryan Gold pun turun tangan untuk menyamar sebagai pacarnya, dan keduanya mulai berkencan palsu. Dari kencan palsu, perasaan mereka mulai tumbuh dan tanpa sadar, Cha Shi An mulai tergantikan dengan Ryan Gold yang selalu ada di kepalanya.

8. Business Proposal (2022)

soompi.com

Business Proposal menjadi salah satu drama favorit sepanjang masa. Drama ini bernuansa romansa kantor dengan semua kiasan romansa klasik. Tokoh utamanya ada Shin Ha Ri (Kim Sejeong), seorang peneliti makanan dan jatuh cinta dengan temannya, yang merupakan seorang koki.

Ia memiliki sahabat bernama Jin Young Seo (Seol In Ah), seorang pengusaha dan anak konglomerat. Young Seo terus-menerus disuruh kencan buta oleh ayahnya dan selalu menghindar, terkadang ia meminta Ha Ri menggantikannya dan membuat image yang kurang baik untuk si teman kencan. 

Suatu kali, Young Seo kembali meminta Ha Ri untuk menggantikannya pada salah satu kencan buta. Ternyata itu adalah kencan buta dengan Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop), CEO Go Food, yang tidak tertarik untuk berkencan dan menikah. Tae Moo datang karena ancaman dari sang kakek. 

Pertemuan Tae Moo dan Ha Ri begitu unik sampai tak terlupakan. Sampai akhirnya Tae Moo sangat tertarik dan meminta Ha Ri untuk menjalin hubungan kontrak dengannya. Masalah muncul saat Ha Ri mengetahui bahwa Tae Moo adalah bosnya. 

9. Love to Hate You (2023)

Netflix

Tayang awal tahun lalu, Love to Hate You juga merupakan drama korea romantis yang kisah cintanya berawal dari penipuan. Nam Kang Ho (Yoo Tae Oh) adalah aktor fantasi romantis yang hebat di layar, namun dalam kehidupan nyata, justru kebalikannya.

Kang Ho selalu curiga pada perempuan setelah hatinya dipatahkan oleh mantan pacarnya. Beradegan mesra dengan lawan mainnya di layar begitu menjijikkan baginya sehingga ia terpaksa meminum pil penenang sebelum beradegan romantis. 

Tapi, segalanya berubah ketika dia bertemu dengan seorang pengacara tangguh yang juga membenci laki-laki bernama Yeo Mi Ran (Kim Ok Bin). Mi Ran suka berpacaran dan akhirnya mancampakkan pacarnya. Ia sama sekali dia tidak punya niat untuk menjalin hubungan berkomitmen.

Karena suatu keadaan, Mi Ran akhirnya menjalin hubungan kontrak dengan Kang Ho untuk meredam rumor seputar kehidupan pribadinya. Dimulai dengan kebohongan dan kebencian, hubungan mereka justru berkembang menjadi romansa yang intens.

Itu dia drama Korea romantis yang kisah cinta para tokoh utamanya berawal dari kebohongan. Ada drama favoritmu?

IDN Channels

Latest from Dating