Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tanda Healthy Relationship Ada dalam Hubunganmu dan Pasangan

Tandanya kamu dan pasanganmu itu green flag

Indah Utami

Setiap perjalanan dalam hubungan dengan pasangan pastinya akan selalu diwarnai oleh berbagai macam suka maupun duka. Biasanya harapan setiap pasangan adalah memiliki hubungan yang sehat atau healthy relationship. 

Namun, tolok ukur hubungan yang sehat untuk setiap orang terkadang berbeda karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda dalam sebuah hubungan yang pastinya akan berubah seiring berjalannya waktu. Jadi, pola hubungan sehat untuk kamu yang berusia 20-an tahun belum tentu sama dengan yang berusia 30-an tahun. Meski begitu, tetap ada tanda-tanda healthy relationship yang umum pada semua usia. Simak yuk!

1. Berlandaskan rasa saling percaya

Pexels.com/SHVETS production

Tanda healthy relationship yang pertama dan merupakan kunci utama dalam hubungan adalah rasa saling percaya satu sama lain. Tidak hanya tentang kejujuran satu sama lain, rasa percaya juga meliputi dengan rasa aman dan nyaman hingga membuat satu sama lain yakin bahwa pasangannya tidak akan mungkin menyakitinya, baik secara fisik maupun mental. 

Rasa percaya tidak akan hanya tumbuh begitu saja. Kamu dan pasanganmu harus bisa berperilaku baik dan diandalkan satu sama lain dalam suka maupun duka, sehingga perlahan-lahan akan timbul rasa saling percaya.

2. Bisa saling terbuka

Andrea Piacquadio/Pexels

Hubungan dikatakan sehat ketika kamu dan pasanganmu dapat bersikap saling terbuka satu sama lain. Selain kepercayaan, komunikasi juga merupakan salah satu pilar penting dalam sebuah hubungan dan salah satu tanda healthy relationship. 

Jadi, daripada kamu menunggu pasanganmu untuk peka, lebih baik kamu komunikasikan apa yang kamu rasakan dan inginkan kepadanya, sehingga hubunganmu terhindar dari miscommunication.

Dari kebiasaan berkomunikasi ini kamu juga akan merasa nyaman dalam saling berkata jujur dan membahas apa pun, mulai dari pekerjaan, kegagalan, hingga keuanganmu. Kalau ada perbedaan pendapat, kamu cukup dengarkan hingga selesai dan kemudian ungkapkan pendapatmu sendiri.

3. Menghargai satu sama lain

pexels.com/Anna Shvets

Ada banyak sekali cara dalam mengungkapkan rasa respect atau cara kamu menghargai pasanganmu, mulai dari memahami perasaannya, ikut memahami pekerjaan dan aktivitas yang dia sukai, dan tidak merendahkan pendapatnya. 

Selain itu, memberikan space atau waktu luang pada pasanganmu dengan hobi dan aktivitasnya sendiri juga merupakan bentuk dari sikap menghargai, lho. Hubungan yang sehat tidak akan mengekang pasanganmu dan menghargai segala bentuk aktivitasnya serta memercayainya dengan memberikan waktu pribadi untuk dirinya sendiri.

4. Setia dalam memberikan dukungan

unsplash.com/Andrik Langfield

Memberikan dukungan merupakan bentuk kasih sayang dan tanda healthy relationship. Namun, memberikan dukungan tidak hanya bisa dilakukan dengan perkataan saja. Kamu juga bisa memberikan dukungan lewat bentuk perhatian dan kepedulianmu terhadapnya. 

Contohnya saat datang momen penting untuknya, kamu bisa memberikan ucapan selamat ataupun penyemangat, kemudian membantunya menggapai impiannya, juga mendampinginya di setiap titik terendah ataupun kesuksesannya.

Mengapresiasikan segala hal kecil yang dia lakukan juga merupakan bentuk dukungan, lho. Apresiasi tersebut bisa berupa kata-kata pujian, kagum, ataupun bentuk hadiah. Sekecil apa pun bentuk apresiasimu, pasti akan memberikan dampak yang positif dan menyenangkan dalam hubunganmu.

5. Dapat menciptakan momen-momen menyenangkan

Freepik.com/freepik

Tanda healthy relationship lainnya adalah ketika kamu dan pasanganmu mampu menciptakan momen menyenangkan berkali-kali. Mulai dari bercanda ataupun tertawa bersama yang membuat mood kalian lebih baik dan mempererat hubungan ataupun momen intim berdua yang mampu meredakan kegelisahan dan ketegangan dalam kehidupan pribadi kamu ataupun pasanganmu.

6. Hanya fokus pada hubungan kalian

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Saat kamu dan pasanganmu sudah ada di tahap tidak lagi membanding-bandingkan hubungan kalian dengan pasangan lainnya atau dengan masa lalu, artinya kamu sudah ada di tahap hubungan yang sehat!

Sebab, membanding-bandingkan hubungan kalian hanya akan menimbulkan rasa stres, iri, dan cemburu satu sama lain yang berakibat kamu dan dia akan sering bertengkar.

7. Menghormati privasi satu sama lain

Freepik.com/tirachardz

Menjadi sepasang kekasih bukan berarti kamu bisa dengan bebas mencampuri dan mengatur urusan pribadinya. Tanda healthy relationship lainnya adalah ketika kamu bisa menghargai privasi pasanganmu.

Contohnya, kamu tidak bisa terlalu mengatur pertemanan pasanganmu selama temannya membawa pengaruh positif untukmu. Memberikan kebebasan pada pasanganmu membuat dia merasa lebih dihargai dan dipercaya.

8. Tidak menuntut banyak

Freepik.com/freepik

Seperti yang kamu tahu, tidak ada manusia yang sempurna. Jadi kamu dan pasanganmu tidak akan pernah bisa jadi sempurna. Hubungan yang sehat adalah ketika kamu bisa dengan mudah saling memberi dan menerima tanpa banyak menuntut.

Jika memang ada hal yang kamu inginkan dari pasanganmu, kamu bisa mencoba untuk mengomunikasikannya dengan baik-baik terlebih dahulu dibandingkan langsung menuntutnya.

9. Bisa menjadi diri sendiri

Pexels.com/August de Richelieu

Tanda healthy relationship yang terakhir adalah ketika kamu ataupun pasanganmu tidak perlu menjadi orang lain demi menyenangkan satu sama lain atau demi menuruti tuntutan satu sama lain. Ketika kamu dan dia bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka nanti kamu dan dia tidak akan lebih takut untuk menunjukkan diri satu sama lain apa adanya.

Itulah tanda-tanda healthy relationship. Apakah hubungan kamu dan pasanganmu sudah menunjukkan tanda-tanda di atas?

IDN Channels

Latest from Dating