Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Asal, Ini 10 Hal yang Bisa Ditanyakan di Aplikasi Kencan 

Pertanyaan ini juga ada maksudnya

Elga Windasari

Namanya juga aplikasi kencan, seharusnya ini digunakan untuk mencari teman kencan potensial dan menjadi jalan awal untuk menjalin hubungan serius. Namun, karena hanya lewat chat, terkadang komunikasi jadi tidak lancar.

Itulah mengapa, mengajukan pertanyaan yang tepat sangat penting saat menggunakan aplikasi kencan.

"Semakin banyak informasi yang dapat kamu peroleh dari seseorang, semakin sedikit kamu akan merasa khawatir atau curiga dengan orang ini," kata Tara Suwinyattichaiporn, PhD, seorang profesor komunikasi seksual dan interpersonal di California State University.

Lalu, bagaimana bertanya yang “baik dan benar” dalam aplikasi kencan.

Pertama, pikirkan tentang hubungan seperti apa yang kamu inginkan dan komunikasikan secara terbuka di profil.

Jika kamu mencari orang yang memiliki karakteristik demografis yang sama, seperti agama, pendidikan, atau lokasi geografis, maka profilmu harus mencerminkan hal itu, kata Jess Carbino, PhD, seorang sosiolog kencan dan hubungan.

Dengan niat tersebut, kamu akan menjadi lebih bijaksana mengenai pertanyaan apa yang akan kamu ajukan dalam aplikasi kencan.

Pertanyaan tersebut dapat membantu menentukan apakah orang ini adalah seseorang yang menarik untukmu dan nyaman ingin pergi bersamanya.

Jadi, apa saja yang sebaiknya kamu tanyakan di aplikasi kencan? Ini beberapa menurut para ahli.

1. Apa yang kamu sukai?

Freepik.com/Benzoix

Jika dia dengan semangat menjawab dan menceritakan hal yang disukainya, ini akan membantumu memahami bahwa dia memiliki kesadaran diri untuk menghabiskan waktu dengan hal-hal yang disukainya.

Selain itu, jika saat kamu menanyakan hal ini dan orang tersebut bilang tidak ada hal yang disukainya, itu mungkin bisa menjadi salah satu red flag yang harus diwaspadai.

2. Apa saja rencana kamu tahun ini?

freepik.com/cookie_studio

Bukan berarti dia harus memiliki rencana yang pasti, tetapi pertanyaan ini paling tidak akan membuatmu lebih memahami orientasi hidupnya, kata Tara.

Apakah dia tipe yang spontan atau lebih kepada, dari jawabannya kamu juga bisa memutuskan apakah kalian berdua akan cocok atau tidak.

Jika dia menyebutkan langkah besar yang akan dilakukannya tahun ini, kamu juga bisa memutuskan apakah hal tersebut akan berpengaruh dengan hubungan kalian ke depannya, jika memang ingin meneruskannya.

3. Kalau alter ego kamu selebriti, kira-kira siapa dan mengapa?

freepik.com/wayhomestudio

Sara Nasserzadeh, PhD, psikolog sosial yang mengkhususkan diri dalam seksualitas dan hubungan, mengatakan bahwa ini adalah pertanyaan “konyol” yang bertujuan untuk mengenal selera seseorang.

Kalau dia bilang, "Oh, aku suka A karena saya selalu bisa menarik perhatian perempuan”, artinya mungkin dia sedikit narsis.

Namun, jika dia menjawab, "Aku ingin jadi B karena aku ingin bisa bekerja keras untuk karier seperti dirinya”, artinya dia memiliki pribadi yang menarik.

4. Kalau punya waktu luang, kamu biasanya ngapain?

freepik.com/lookstudio

Jika ingin melihat titik-titik ketertarikan—baik secara intelektual, fisik, atau yang lain, salah satu hal yang bisa ditanyakan adalah apa yang dilakukan di waktu luang.

"Apakah mereka lebih memilih berolahraga? Membaca? Atau memiliki hobi yang menyenangkan? Dari jawabannya, kamu bisa melihat apakah kalian memiliki 'visi bersama'," kata Sarah.

5. Siapa saja sahabat kamu dan seperti apa mereka?

freepik.com/jcomp

Tara bilang, sangat penting bagi kamu untuk menanyakan hal ini.

"Ini pertanyaan yang sangat menarik agar kamu bisa memahami bagaimana dia terkait dengan jejaring sosialnya," katanya.

Lalu, jika dia bilang tidak punya banyak teman, ini juga mungkin bisa menjadi red flag yang wajib diwaspadai.

6. Apa film terbaru yang kamu tonton dan bagian apa yang kamu suka?

Pexels.com/Ron Lach

Sebenarnya, subjek dari pertanyaan ini bukan hanya film, tetapi juga buku, acara TV, dan sebagainya. Jawaban yang diberikannya akan memberitahumu seberapa “dalam” dirinya,  juga untuk mengetahui cara dirinya menghabiskan waktu.

Tara bilang, pertanyaan ini juga menjadi cara lain untuk memastikan nilai-nilai kalian berdua bisa sejalan.

7. Bagaimana kehidupan kamu saat tumbuh dewasa?

Pexels.com/Andrea Piacquadio

"Memahami bagaimana dia tumbuh dapat membantumu benar-benar memahami kisah lengkap orang ini," kata Tara.

Meskipun obrolan lewat chat tidak akan memberimu pemahaman penuh tentang orang tersebut, tetapi tetap saja jawabannya bisa memberitahumu apakah dia mungkin ingin menginvestasikan waktu dan usaha ke dalamnya.

8. Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan mental dan fisik?

Freepik.com/Rawpixel

Ini hal penting lain yang harus bisa dilakukan bersama-sama. Bagaimana cara dirinya memandang kesehatan, apakah dengan rutin berolahraga, bermeditasi, atau berlatih yoga?

"Ini akan memungkinkanmu untuk mengetahui gaya hidupnya dan apakah itu kompatibel denganmu atau bertentangan dengan keyakinan kesehatan dan kebugaran pribadimu," kata Sara.

9. Apa tiga hal yang menurutmu menarik saat mencari pasangan?

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menurut Sara, "Pertanyaan ini akan membantumu memahami ketertarikannya terhadap orang lain karena ada begitu banyak jenis daya tarik."

Misalnya, kamu lebih peduli tentang ketertarikan fisik , sedangkan dia lebih peduli tentang kecerdasan. Jadi, penting untuk memastikan kalian berdua memahami pikiran dan kebutuhan masing-masing.

10. Apa yang kamu cari di aplikasi ini?

pexels.com/olly

Setelah mengajukan beberapa pertanyaan pemanasan yang lebih ringan, kamu mungkin ingin tahu apa yang dicarinya saat ini. Jadi, kamu tidak perlu membuang waktu jika memang tujuan kalian berbeda.

"Ini akan memungkinkanmu untuk melihat apakah kalian memiliki tujuan yang sama untuk memulai hubungan," kata Sara.

Jangan sampai kamu menginginkan hubungan jangka panjang, tetapi sebenarnya dia hanya mengharapkan hubungan jangka pendek. Ujung-ujungnya bisa kamu yang jadi sakit hati.

IDN Channels

Latest from Dating