Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tujuan Pacaran Sehat, Memberi Banyak Dampak Positif

Salah satunya bikin kamu mengenal diri dengan lebih baik

Astri Amalia

Pacaran secara sehat dengan orang yang kamu cintai pasti sangat membahagiakan ya, Bela. Bayangkan saja, saat kamu berpacaran sehat, kamu akan merasa begitu aman, dicintai, dan juga berharga di mata pasanganmu. Pokoknya, hidupmu bakal terasa jadi lebih menyenangkan, deh!

Di samping itu, pacaran sehat juga punya beragam tujuan yang sangat positif.

Memangnya, apa saja, sih tujuan pacaran sehat?

Tanpa panjang lebar lagi, yuk, langsung simak jawabannya di bawah ini, Bela!

1. Mengurangi stres

unsplash.com/sean Kong

Tujuan pacaran sehat yang pertama ialah mengurangi stres. Yup, berada di dalam hubungan romantis sehat dapat membantumu merasa lebih aman dan nyaman. Sehingga bisa membantu dalam menurunkan tingkat stres yang kerap kamu rasakan.

Di samping itu, adanya dukungan dari pacar dapat membuatmu merasa termotivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Mampu meningkatkan empati

unsplash.com/Jonathan Borba

Pacaran sehat juga bisa membantumu meningkatkan level empatimu, Bela. Misalnya, ketika pacarmu mengutarakan kebutuhan atau menyampaikan perasaannya, kamu akan berusaha meresponnya dengan penuh empati, seperti memvalidasi perasaannya ataupun memahami sudut pandangnya dengan lebih baik.

Nantinya, kemampuan berempati yang telah kamu kembangkan dengan pacarmu akan memberimu kemudahan untuk berempati di dalam hubungan lainnya.

3. Membuatmu mengenal diri sendiri dengan lebih baik

Freepik.com/freepik

Saat kamu berada di dalam hubungan percintaan yang sehat, kamu akan berusaha untuk terus mengenal dirimu dengan lebih baik. Gunanya, tentu saja supaya kamu dapat menyampaikan kebutuhanmu dengan jelas kepada pacarmu.

Kalau kamu mau mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik, otomatis kamu pun akan tertarik untuk lebih memahami diri pacarmu.

4. Mampu menyelesaikan konflik dengan baik

Pexels.com/Alena Darmel

Tujuan pacaran sehat selanjutnya yakni membuatmu mampu menyelesaikan konflik dengan baik. Tentunya, kamu nggak cuma handal dalam mengatasi perselisihan yang ada di dalam hubungan romantis saja, tapi juga di dalam hubungan keluarga, pertemanan, maupun pekerjaan.

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Andrea Piacquadio/Pexels

Berpacaran dengan orang yang mampu berkomunikasi secara sehat pastinya dapat membantumu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kepada siapa pun. Hal ini tentunya sangat berharga, mengingat komunikasi yang sehat adalah fondasi penting dalam menjaga sebuah hubungan.

6. Mempererat tali persahabatan

Pexels.com/Jonathan Borba

Hubungan percintaan yang sehat itu biasanya dibarengi dengan jalinan persahabatan yang erat. Itu artinya, kamu akan merasa aman menjadi diri sendiri di depan pacarmu tanpa takut bakal dihakimi, seperti saat kamu bersama dengan sahabat-sahabatmu, Bela.

Di samping itu, kamu juga akan senantiasa mendapatkan dukungan maupun apresiasi dari pacarmu.

7. Mendorong perkembangan diri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Berada di dalam hubungan yang sehat berarti mendorongmu untuk terus mengembangkan diri. Karena, salah satu ciri hubungan yang sehat ialah adanya dorongan dari tiap pasangan kepada satu sama lain untuk menjadi versi terbaik diri sendiri.

Selain itu, kamu pun nggak akan pernah dibatasi untuk menggapai impian atau meningkatkan kemampuan. Yang ada, pacarmu akan selalu memberi dukungan dengan tulus, tanpa adanya perasaan iri maupun tersaingi.

8. Memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik

Freepik.com/lookstudio

Nyatanya, pacaran sehat juga bertujuan supaya kamu mempunyai kesehatan tubuh yang lebih baik. Sebab, di dalam hubungan yang sehat, kamu cenderung merasa aman, minim stres, termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, serta selalu mendapatkan dukungan dari pacarmu.

Tidak seperti hubungan yang toxic, di mana kamu rentan merasakan stres, kesulitan untuk mengembangkan diri, hingga nggak merasa disayangi.

9. Mampu menghargai batasan

Unsplash.com/unsplash.com

Setiap orang mempunyai hak untuk menetapkan batasan pribadinya masing-masing, termasuk juga kamu dan pacarmu.

Nah, di saat kamu berada dalam hubungan asmara yang sehat, maka kamu akan belajar menghargai batasan personal yang ditetapkan oleh pacarmu, dan begitu pula sebaliknya, Bela.

Apabila kamu mampu menghargai batasan pacarmu, secara alami kamu akan jauh lebih mudah menghargai batasan orang-orang di sekitarmu, baik itu sahabat, ataupun rekan kerjamu.

10. Mampu memaafkan dengan tulus

freepik.com/jcomp

Tujuan pacaran sehat yang terakhir adalah kamu mampu memaafkan orang-orang di sekelilingmu dengan tulus.

Nggak bisa dipungkiri bahwa di dalam hubungan romantis yang sehat sekalipun, akan ada saja konflik yang muncul. Kendati begitu, dalam hubungan asmara yang sehat, permasalahan akan selalu diselesaikan dengan cara yang baik, dan ditutup dengan saling memaafkan satu sama lain secara tulus hati.

Ketika kamu telah terbiasa menyelesaikan konflik dengan baik dan memaafkan pacarmu dengan tulus, maka akan memudahkanmu untuk memaafkan orang lain saat muncul permasalahan.

Nah, jadi itulah tadi 10 tujuan pacaran sehat. Semoga artikel ini dapat membantumu ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Dating