Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tips First Date untuk Perempuan, Buat Gebetan Semakin Jatuh Hati!

Menjadi diri sendiri adalah kunci

Astri Amalia

First date alias kencan pertama adalah hal yang paling ditunggu-tunggu sekaligus bikin gugup bagi perempuan. Sebab, kencan pertama adalah momen penentuan kelanjutan hubungan. Maka nggak heran jika banyak perempuan yang ingin tahu tips jitu first date supaya kencan bisa berjalan lancar dan gebetan tertarik untuk mengajaknya mengulang kencan.

Nah, kalau kamu salah satu yang tengah deg-degan menanti hari spesialmu itu, Popbela sudah merangkum 10 tips first date untuk perempuan, supaya acara kencanmu sukses. Cus, scroll artikelnya sampai habis, ya!

1. Jadilah percaya diri

Pexels.com/Boris Ivas

Tips first date untuk perempuan yang pertama adalah dengan menjadi diri sendiri. Yup, ketika kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka kamu akan terlihat lebih atraktif di mata teman kencanmu. Selain itu, kepercayaan diri akan membuatmu lebih rileks saat kencan pertama dengannya.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, sebelum pergi menuju tempat kencan, coba, deh ucapkan beberapa afirmasi positif sembari berdiri di depan cermin. Beberapa contoh afirmasinya seperti, "Aku percaya diri," "Aku menarik cinta dengan kepercayaan diriku," atau "Kencan akan berjalan dengan baik." 

2. Persiapkan penampilan dengan baik

Freepik

Satu hari sebelum kencan pertamamu, sisihkanlah waktu untuk memilih pakaian yang akan dipakai di hari spesialmu itu ya, Bela. Pastikan bahwa pakaian yang kamu kenakan nanti membuatmu nyaman.

Di hari H, pastikan pula kamu bersiap-siap beberapa jam sebelum pergi ke tempat kencan, agar kamu bisa mempersiapkan penampilan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk merias wajah, menata rambut, serta memakai parfum favoritmu.

Dengan mempersiapkan penampilan dengan baik, maka kamu akan tampil secara lebih percaya diri dan membantu menjaga mood-mu sepanjang hari. 

3. Bersikaplah ramah padanya

Freepik.com/Freepik

Saat bertemu dengan teman kencan, cobalah untuk menyapanya dengan ramah sembari tersenyum. Ini akan menjadi impresi pertama yang sangat baik di mata teman kencanmu, Bela. Kalau kamu merasa gugup, nggak apa-apa, lho, untuk jujur padanya. Yakinlah, dia juga pasti sama gugupnya sepertimu.

Di samping itu, ingatlah untuk terus menjaga kontak mata saat kamu berbicara dengan dia. Karena, ini merupakan tanda kalau kamu ingin memfokuskan perhatianmu padanya, sekaligus membuatnya merasa sangat dihargai.

Nah, setelah acara kencan selesai, jangan lupa sampaikan rasa terima kasihmu padanya dan katakan bahwa kamu menikmati waktu kebersamaan dengan dia, ya.

4. Biarkan gebetanmu membayar

Shutterstock/Lesterman

Apabila gebetanmu ingin membayar untuk makan malam kalian, kamu nggak perlu menawarkan diri untuk split bill atau membagi bayarannya, ya. Sebab, sikapnya ini menunjukkan bahwa dia benar-benar 'berinvestasi' di dalam hubungan kalian.

Sebaiknya, ucapkan saja terima kasih dan tunjukkan betapa bahagianya kamu dengan acara kencan kalian, ketimbang memaksa untuk membayar tagihan makan malammu sendiri.

5. Tanyakan seputar minatnya

Freepik.com/freepik

Tips first date untuk perempuan selanjutnya adalah dengan menanyakan seputar minat yang ia miliki. Gunakanlah kesempatan kencan pertama ini untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai dirinya. Tanyakan seputar hobi yang ia miliki, makanan dan minuman favoritnya, hingga buku atau musik kesukaannya.

Kemudian, biarkan percakapanmu mengalir secara apa adanya. Yakin, deh, kalau kamu dan dia sama-sama 'klik', dijamin obrolan kalian nggak akan ada habisnya!

6. Ceritakan hal-hal menarik padanya

Pexels.com/cottonbro

Setelah bertanya seputar minat, kamu juga bisa ceritakan hal-hal lucu dan menarik yang pernah kamu alami. Selain bikin percakapan jadi semakin seru, hal ini juga berguna untuk semakin mendekatkan kamu dengan gebetan.

Salah satu hal yang bisa kamu bagikan padanya ialah kisah lucu semasa kecil dulu. Atau kamu juga bisa membagikan kisah lucu seputar anggota keluargamu. Tapi ingat untuk tidak mendominasi percakapan ya, Bela.

Untuk itulah, supaya percakapan seimbang, pancing dia untuk membagikan ceritanya dan dengarkan dengan penuh antusias.

7. Tunjukkan ketertarikanmu

Pexels.com/Meruyert Gonullu

Di era kencan modern, banyak yang menyugestikan perempuan untuk tidak menunjukkan perasaan dan terkesan misterius supaya laki-laki semakin penasaran. Nyatanya, ketidakterbukaan terhadap perasaanmu pada gebetan hanya akan membuatnya bingung. Bukannya tertarik untuk mengulang kencan, ujung-ujungnya dia malah menjauh!

Jadi, sebenarnya sangat penting untuk menunjukkan perasaanmu kepada teman kencan, apabila kamu memiliki ketertarikan padanya. Meski cukup rentan, tapi dengan adanya kejujuran, dia bisa menangkap 'sinyal' dengan lebih baik dan ia pun merasa nggak tertolak, deh.

8. Jauhkan distraksi

pexels.com/ravi-roshan

Saat first date, kamu wajib menjauhkan distraksi atau hal-hal yang dapat mengalihkan perhatianmu, seperti ponsel dari pandanganmu. Jangan sampai kamu malah lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggulir linimasa media sosialmu, ketimbang fokus berbicara dengan gebetanmu.

Meski penggunaan ponsel mungkin bisa jadi pengalih rasa gugup yang kamu miliki selama acara kencan pertamamu, akan tetapi kamu harus berusaha untuk meminimalisir penggunaan ponsel saat sedang bersamanya.

9. Perhatikan bahasa tubuhmu

Pexels.com/cottonbro

Faktanya, bahasa tubuh alias body language punya peran yang sangat penting demi menyukseskan first date-mu, nih. Contohnya, ketika sedang mendengarkan dia berbicara, cobalah untuk sedikit mencondongkan badanmu ke arahnya, daripada duduk bersender ke kursi. Ini menunjukkan kalau kamu sangat tertarik dengan cerita yang ia bagikan.

10. Jadilah dirimu sendiri

pexels.com/Andie Venzl

Tips first date yang terakhir adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Ingatlah untuk tidak mengubah dirimu, demi menarik perhatiannya. Menjadi diri sendiri berarti membiarkan dirimu yang autentik untuk dikenali seutuhnya. Sehingga, apabila dia semakin jatuh hati padamu, maka dia memang benar-benar menyukaimu dengan apa adanya.

Jadi, itu tadi 10 tips first date untuk perempuan. Dengan mengikuti tips di atas, semoga acara kencan pertamamu berjalan lancar ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Dating