Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 MBTI yang Kesulitan dalam Hubungan Asmara

Ada MBTI-mu?

Astri Amalia

Beberapa kepribadian MBTI dikenal secara natural begitu mudah dalam memulai dan mempertahankan hubungan romantis. Beberapa di antaranya ialah ENFJ, INFJ, hingga ESTJ. Ini disebabkan karena mereka senang memiliki ikatan yang erat dengan pasangan, dan menganggap hubungan romantis adalah sesuatu yang serius.

Namun, keahlian MBTI di atas dalam hubungan romantis nggak menular kepada 6 MBTI di bawah ini. Sayangnya, tipe kepribadian berikut sampai dicap sebagai MBTI yang kesulitan dalam hubungan asmara.

MBTI apa sajakah?

Dikutip dari laman Your Tango, cek ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya.

1. INFP

Freepik.com/Freepik

Sebagai salah satu MBTI yang dikenal hopeless romantic, INFP sering kali berimajinasi akan pasangan dan hubungan yang 'sempurna'. Namun, tentu saja nggak ada satu orang pun yang bisa memenuhi krtieria ideal INFP.

Sering kali INFP nggak menyadari bahwa standar sempurna yang mereka ciptakan adalah hal yang toxic. Dari sinilah INFP memulai kesulitan mereka terhadap hubungan asmara.

Belum lagi kecenderungan INFP yang membandingkan pasangan mereka saat ini dengan kriteria ideal yang mereka ciptakan, ini rentan mengakibatkan konflik hubungan yang cukup serius.

INFP perlu belajar untuk lebih terbuka dan menghadapi konflik yang muncul dalam hubungannya. Sebab terkadang, INFP memilih untuk kabur dari konflik, ketimbang berani menghadapinya dengan cara yang sehat.

2. ENTP

Freepik.com/artursavronovvvv

Sudah bukan rahasia bahwa ENTP dikenal begitu mementingkan pengembangan diri mereka sendiri. Sebab, ENTP punya dorongan dari dalam diri untuk terus meningkatkan diri hingga batas kemampuan mereka.

Meskipun di satu sisi menguntungkan, sayangnya dalam hubungan asmara, hal tersebut mengakibatkan ENTP cukup menuntut pasangannya.

Daripada menjalani hubungan yang rileks dan penuh cinta, secara nggak sadar ENTP malah membuat pasangannya kelelahan. Itulah sebabnya ENTP kerap kali gagal dalam urusan asmara.

3. ENTJ

Pexels.com/Budgeron Bach

Sebagai satu-satunya MBTI dengan tipe Judging (J) di dalam daftar ini, ENTJ yang dikenal memiliki kepribadian alfa kerap mendominasi di setiap hubungan yang mereka jalin, nggak terkecuali dalam hubungan romantis.

ENTJ jadi terlalu cepat dalam memutuskan keberlangsungan hubungan, apakah bisa untuk dilanjutkan atau tidak, bahkan tanpa meminta pendapat pasangannya. Inilah yang menjadi cikal bakal kegagalan ENTJ dalam hubungan asmara.

4. ESTP

Freepik.com/cookie_studio

Sebagai kepribadian yang paling spontan dan suka bersenang-senang, bukan berarti ESTP jadi punya keuntungan dalam hubungan romantis, lho. Memang, sih, hubungan asmara ESTP jadi menarik, tapi sayangnya hanya bertahan sementara waktu.

Karena ESTP nggak pernah berpikir secara jangka panjang, ini menjadi hambatan terbesar mereka dalam hubungan romantis. Karenanya, ESTP perlu belajar bagaimana cara untuk membangun hubungan romantis yang lebih mendalam dan penuh makna, bisa dimulai dari belajar untuk berhenti mengambil keputusan yang impulsif dan terburu-buru.

Selain itu, tipe MBTI yang dikenal mudah bosan ini acap kali move on dengan sangat cepat, yang terkadang membuat mereka terlihat sangat egois dan nggak memikirkan perasaan pasangannya.

5. INTP

Freepik.com/teksomolika

Berbeda halnya dengan INFP yang punya standar sempurna, INTP justru kesulitan dalam hubungan asmara karena kepribadian mereka yang pemalu. Pertemuan dengan orang baru jelas bukan keahlian bagi INTP.

Meskipun tipe MBTI ini dikenal setia, tapi untuk mengawali hubungan, INTP masih cukup kebingungan. Terlebih dengan kesulitan INTP dalam mengungkapkan perasaan mereka, ini mengakibatkan INTP jadi kesulitan juga untuk memahami kebutuhan emosional pasangannya.

Nggak hanya itu saja, kelemahan INTP dalam hubungan romantis adalah kebiasaan mereka melupakan tanggal-tanggal penting, yang membuat pasangan INTP merasa frustrasi.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, INTP perlu menyadari bahwa beberapa hal dalam hubungan romantis, seperti mengingat tanggal jadian dan memberikan kejutan pada pasangan di hari ulang tahunnya, akan membuat mereka lebih mudah untuk punya hubungan romantis jangka panjang.

6. ESFP

Pexels.com/Keira Burton

MBTI yang kesulitan dalam hubungan asmara terakhir ialah ESFP. Tipe kepribadian milik Jaehyun 'NCT' ini dikenal cukup struggle dalam mengetahui apa yang mereka inginkan. Hal ini terkadang membuat seorang ESFP terlihat kurang dewasa dalam hubungan romantis yang serius.

ESFP juga dikenal menganggap hubungan romantis sebagai sesuatu yang santai dan menyenangkan. Sehingga mereka kerap kali nggak berusaha untuk membangun hubungan yang dalam.

Maka dari itu, ESFP perlu lebih serius melihat hubungan romantis mereka, agar nggak terus-menerus gagal di kemudian hari.

Itulah 6 MBTI yang kesulitan dalam hubungan asmara. Meski kesulitan, bukan berarti tipe MBTI di atas nggak punya peluang untuk sukses dalam hubungan romantis mereka. Hanya saja mereka butuh kesadaran lebih tinggi agar mampu berada dalam hubungan romantis yang serius dalam jangka panjang. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Channels

Latest from Dating