Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Arti Kontak Mata dari Laki-Laki, Apa Benar Jatuh Cinta?

Bisa mengisyaratkan bahwa dia tertarik padamu

Astri Amalia

Kontak mata merupakan komunikasi non-verbal yang memiliki pengaruh besar dalam perilaku sosial. Ini berarti, secara umum kontak mata memainkan peran penting dalam komunikasi antarmanusia, menyampaikan emosi, membangun koneksi, hingga meningkatkan pemahaman satu sama lain.

Jika melihat dari sudut pandang laki-laki, beberapa ahli menyebutkan bahwa saat laki-laki melakukan kontak mata yang stabil dengan orang lain, mereka menganggap hal tersebut sebagai bagian penting dari sebuah hubungan dan komunikasi antarmanusia.

Namun, bagaimana jika laki-laki melakukan kontak mata dengan seorang perempuan? Apa benar dia melakukannya karena ia tertarik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa simak 10 arti kontak mata dari laki-laki yang sudah Popbela rangkum khusus untukmu, dikutip dari laman Marriage berikut ini.

1. Tertarik padamu

Pexels.com/Shvets Production

Jika kamu menerima kontak mata yang mendalam dari seorang laki-laki, kemungkinan dia memiliki ketertarikan padamu. Apalagi saat dia terus menatapmu tanpa memalingkan muka sama sekali.

Kalau kamu juga tertarik padanya, kamu bisa ikut menatap matanya saat berbicara. Tapi kalau tidak, palingkanlah padanganmu darinya.

2. Ingin mengenalmu

ukrainianspace.com

Pernahkah kamu menangkap seorang laki-laki melakukan kontak mata padamu, Bela? Jika jawabannya 'pernah', maka kemungkinan bahwa dia ingin mengenalmu.

Yup, laki-laki yang berusaha melakukan kontak mata dengan seorang perempuan yang nggak dikenalnya bisa jadi indikator yang cukup jelas bahwa ia tertarik dan ingin berkenalan lebih jauh.

3. Ingin mengatakan sesuatu

Freepik.com/master1305

Kalau kamu pernah melakukan kontak mata dengan seorang laki-laki dengan cukup intens, ini bisa berarti bahwa ia berusaha untuk memberi tahu sesuatu padamu. Maksudnya, dia mungkin ingin mengungkapkan perasaannya atau mengajakmu untuk berkencan.

Tapi, bisa jadi dia hanya sedang membutuhkan bantuanmu dan nggak ada hubungannya dengan hal-hal romantis.

4. Mendengarkanmu secara aktif

Freepik.com/Freepik

Siapa, sih yang nggak senang ketika seseorang yang kita ajak bicara mau mendengarkan secara aktif? Semua orang pasti merasa sangat dihargai saat seseorang mau mendengarkannya dengan baik.

Bagi laki-laki, saat mereka ingin mendengarkan lawan bicaranya secara aktif, mereka akan melakukan kontak mata. Gunanya yakni agar mereka bisa lebih fokus dengan apa yang diutarakan oleh lawan bicaranya.

5. Sedang menggodamu

Freepik.com/Freepik

Yup, seorang laki-laki nyatanya bisa berusaha menggoda seorang perempuan hanya dengan melalui kontak mata, lho. Kalau kamu melihat seorang laki-laki menatap matamu dengan intens, coba perhatikan mimik wajahnya. Apakah dia mengedipkan matanya, atau tersenyum?

Jika dia menunjukkan salah satu dari kedua hal tersebut, ini bisa menunjukkan bahwa dia memang sedang menggodamu.

6. Dia menegaskan dominasinya

Pexels.com/cottonbro studio

Laki-laki menyukai dominasi. Dan terkadang, kontak mata yang ia lakukan pada lawan jenis adalah cara mereka untuk menegaskan dominasinya.

Jenis kontak mata semacam ini biasanya akan kamu dapatkan dari rekan kerja laki-lakimu, atau atasanmu. Sehingga, hal ini nggak berarti bahwa mereka tertarik padamu secara romantis.

7. Menghargai kamu

Freepik.com/jcomp

Arti kontak mata dari seorang laki-laki lainnya adalah caranya untuk menghargaimu. Yes, beberapa laki-laki terbiasa untuk melakukan kontak mata dengan setiap orang yang ia ajak bicara. Sehingga, bisa jadi dia nggak memiliki intensi apa pun ketika memandangmu secara intens, itu mungkin hanya menunjukkan kalau dia sekadar memperhatikan secara fokus.

8. Dia menyukaimu

Freepik.com/Drobotdean

Kalau laki-laki yang memandangmu adalah pasanganmu, besar kemungkinan bahwa ia menunjukkan kalau dia jatuh cinta padamu. Itu caranya untuk menunjukkan rasa cinta tanpa melalui kata-kata.

Tetapi, kalau kamu mendapatkan pandangan dari laki-laki yang bukan pasanganmu, mungkin dia merasa malu untuk mengungkapkan perasaannya secara blak-blakan, sehingga yang terjadi dia menyampaikannya melalui kontak mata yang mendalam.

9. Menunjukkan bahwa ia sosok yang baik

pexels.com/keira-burton-

Laki-laki dengan sikap yang baik biasanya tercermin dengan bagaimana caranya berkomunikasi dengan orang lain. Bukan hanya menjaga pilihan katanya agar tetap sopan dan santun, namun dia juga memilih untuk melakukan kontak mata agar lawan bicaranya bisa merasa dihargai.

Tapi dalam lingkungan pekerjaan, kalau kamu sedang berdiskusi dengan salah satu rekan kerjamu, bisa menunjukkan kalau dia ingin mendengar masukanmu.

10. Dia punya kepercayaan diri yang tinggi

pexels.com/william-fortunato

Arti kontak mata dari laki-laki yang terakhir ialah menunjukkan bahwa dia punya kepercayaan diri yang tinggi. Seseorang yang percaya diri biasanya akan melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Sebab seseorang yang memiliki rasa cemas atau takut untuk berkomunikasi dengan orang lain cenderung memalingkan matanya ke arah yang lain serta menunjukkan bahasa tubuh yang kikuk.

Itu tadi 10 arti kontak mata dari laki-laki. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating