Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Arti Bunga Mawar Hitam dalam Cinta, Punya Makna Mendalam

Bukan sebatas simbol dukacita

Astri Amalia

Kalau ditanya bunga apa yang paling populer, kamu pasti setuju bahwa jawabannya ialah bunga mawar. Biasanya, orang-orang akan memilih mawar berwarna merah untuk diberikan kepada orang terkasih. Sebab, warna merah terang menyala dari bunga mawar diartikan sebagai rasa cinta dan gairah.

Tapi, bagaimana dengan bunga mawar hitam?

Kendati tidak sepopuler mawar merah, bunga mawar hitam menjadi jenis bunga mawar yang selalu menarik perhatian karena memiliki warna yang terkesan misterius.

Menurut sejarah, bunga mawar hitam berasal dari Yunani Kuno dan Roma. Kala itu, bunga mawar hitam kerap dikaitkan dengan maskulinitas dan melambangkan kekuatan atau niat jahat. Sedangkan di era Victoria, mawar hitam menjadi simbol dukacita dan kematian. Karena pada zaman itu, orang-orang Victoria akan menggunakan mawar hitam untuk menunjukkan rasa dukacita atas kepergian orang-orang yang mereka kasihi untuk selama-lamanya.

Namun, seiring berjalannya waktu, arti bunga mawar hitam mulai bergeser dari dukacita dan kemalangan ke makna yang lebih positif. Kini, tren menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang memilih untuk memberikan buket mawar hitam untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pasangan, selain tentunya bunga mawar merah.

Mengapa demikian? Memangnya, apa, sih arti bunga mawar hitam dalam cinta?

Untuk menjawabnya, simak ulasan selengkapnya yang dikutip dari laman Eternal Roses berikut ini yuk, Bela. Keep scrolling!

1. Cinta yang abadi

Freepik.com/Freepik

Jika selama ini kamu mengira bahwa mawar merah adalah satu-satunya jenis bunga mawar yang meyimbolkan rasa cinta, nyatanya bunga mawar hitam memiliki arti yang lebih mendalam soal cinta, ketimbang mawar merah, lho.

Yes, arti bunga mawar hitam ialah cinta yang abadi dan tidak tergoyahkan di antara dua orang. Artinya, ketika pasanganmu memberikan bunga mawar hitam, ini menyimbolkan bahwa ia begitu berkomitmen di dalam hubungan percintaannya denganmu, Bela. Dengan kata lain, ia menunjukkan kesetiaannya padamu dan berharap agar cinta kalian bertahan selamanya.

2. Penyelesaian masalah dalam hubungan romantis

freepik.com/Drazen Zigic

Faktanya, kini mawar hitam dianggap sebagai simbol penyelesaian masalah dalam hubungan percintaan. Jadi jangan heran ketika kamu sedang beradu argumen dengan pacar dan berlanjut diam-diaman, tiba-tiba dia mengirimkan buket bunga mawar berwarna hitam untukmu.

Ini menunjukkan kalau dia berniat untuk mengakhiri pertengkaran di antara kalian dan berharap agar kamu mau kembali berbicara padanya.

3. Perlindungan untuk orang yang kamu cintai

unsplash.com/Edward Cisneros

Menurut salah satu mitologi, menaruh mawar hitam di rumah diartikan sebagai memohon perlindungan terhadap nasib buruk dan hal-hal negatif lainnya. Untuk itulah, memberikan bunga mawar hitam kepada pasangan juga diartikan kalau kamu ingin dia selalu dilindungi dari bahaya serta malapetaka.

4. Penjagaan hubungan romantis

Unsplash.com/unsplash.com

Arti bunga mawar hitam dalam cinta yang terakhir adalah menjaga hubungan romantis. Memberi bunga mawar hitam bak sebuah simbol bahwa seseorang ingin hubungan romantisnya bertahan selamanya. Ini juga jadi sebagai sebuah pengharapan agar hanya maut lah yang bisa memisahkan cinta di antara dua insan.

Arti lainnya dari bunga mawar hitam

Planetnatural.com/Kredit: Shutterstock

Selain memiliki beberapa pengertian positif dalam cinta, bunga mawar hitam juga memiliki makna mendalam lainnya, baik dari sisi spiritual maupun sejarah. Berikut Popbela rangkum arti lainnya dari bunga mawar hitam.

1. Melambangkan dualitas

Pexels.com/Brett Jordan

Jika ditilik dari sisi spiritual, mawar hitam merupakan simbol dualitas atau pertentangan. Dengan kata lain, bunga ini seperti melambangkan kebaikan dan kejahatan. Bisa dibilang bahwa simbolisme mawar hitam dari segi spiritualitas ibarat yin dan yang dalam kebudayaan Tiongkok, yang dimaknai sebagai keseimbangan antara dua hal yang berlawanan.

2. Simbol kebebasan di abad pertengahan

Historic-uk.com

Menurut sejarah, para petani di abad pertengahan yang melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap pemerintahan kala itu, menganggap mawar hitam sebagai simbol yang mirip dengan Holy Grail atau Cawan Suci yang digunakan oleh Yesus pada Perjamuan Terakhir.

Sebab, para petani ini membandingkan perjuangan mereka yang melelahkan untuk kebebasan dengan menemukan mawar hitam, yang diartikan sebagai sesuatu yang tidak mudah dijangkau, tetapi tetap dicari, seperti halnya Cawan Suci.

3. Kedamaian

Pexels.com/Anna Shvets

Sejak kemunculannya, mawar hitam masih sering diartikan sebagai simbol kebencian dan kegelapan. Padahal, warna hitam begitu spesial karena merupakan gabungan dari semua warna.

Maka dari itu, mawar hitam pun mulai dimaknai sebagai simbol penerimaan untuk semua kalangan, terlepas dari perbedaan ras, suku, warna kulit, dan lain sebagainya.

Sehingga, memberikan mawar hitam seperti menunjukkan kepada penerima bahwa kamu memiliki niat untuk menyebarkan cinta, kedamaian, dan penerimaan bagi semua orang.

4. Pesan dari alam semesta

Pexels.com/Pixabay

Di banyak budaya Barat, terutama di Eropa dan Amerika Utara, banyak yang menganggap bahwa ketika kita melihat mawar hitam, itu berarti semesta tengah memberikan perhatian khusus pada hidup kita. Beberapa guru spiritual juga menggunakan simbolisme mawar hitam ini untuk membuat seseorang lebih menyadari sisi spiritualnya.

Dengan kata lain, mawar hitam bagaikan sebuah pesan alam semesta yang memberitahumu untuk berhenti hidup dalam kegelapan, dan memintamu untuk membuka diri terhadap energi positif.

5. Simbol dukacita

pexels.com/cottonbro-studio

Arti lainnya dari bunga mawar hitam yang terakhir adalah dukacita. Simbolisme mawar hitam menandai akhir dari sesuatu dan awal dari sesuatu yang baru. Memberikan mawar hitam kepada orang yang tengah berduka ibarat sebuah harapan agar ia mampu meluapkan kesedihan atas kepergian orang tersayang, sekaligus mengingatkannya tentang masa depan yang baru dan lebih cerah yang akan segera datang.

Itulah tadi ulasan mengenai arti bunga mawar hitam dalam cinta, beserta makna lainnya dari sisi spiritual maupun sejarah. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating