Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Penyebab Pasangan Berubah Sikap Secara Tiba-Tiba

Hati-hati, mungkin kesalahan ada pada dirimu

Anggita Ayu Pratiwi

Dalam menjalani sebuah hubungan, memang wajar jika mengalami pasang dan surut. Berbagai masalah bisa datang dari manapun, tidak terkecuali ada pada pasanganmu atau dirimu sendiri. Bahkan, tidak jarang jika kamu tidak mengetahui penyebab dari datangnya masalah tersebut, hingga membuat hubungan kalian semakin sulit. 

Apalagi ketika masalah yang kamu hadapi adalah perubahan sikap dari pasanganmu secara drastis dan mendadak. Pastinya kamu akan merasa bingung saat berada dalam situasi tersebut. Mencari tahu penyebabnya akan sangat membantumu memperbaiki hubunganmu. Berikut penyebab pasangan berubah sikap.

1. Dia sedang ada masalah

Pexels.com/Andrew Neel

Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari masalah. Apa pun masalah itu bisa saja datang dari sumber yang berbeda, bisa dari keluarga, keuangan, pekerjaan, pasangan, atau yang lainnya. Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghadapi masalah yang datang padanya. 

Bisa saja penyebab pasangan berubah sikap adalah karena dia sedang menghadapi masalah yang terlalu sulit. Hal tersebut membuat dia terlalu fokus menghadapi masalahnya hingga membuat dia terasa mengabaikanmu. Jika memang itu penyebab dari perubahan sikap pasanganmu, coba komunikasikan dengannya dan berikan dia dukungan. Berusahalah untuk mengerti dia.

2. Mau putus, tapi tidak tahu caranya

Pexels/Cottonbro

Menebak isi hati dan pikiran seseorang memang terasa sangat sulit. Selama ini kamu mungkin menganggap pasanganmu merasa nyaman dan sangat mencintaimu. Namun, bisa jadi pasanganmu ternyata tidak menikmati hubungan denganmu dan terpaksa bertahan hanya untuk tidak menyakitimu. 

Hal tersebut akan sangat memungkinkan untuk pasanganmu yang sedang merasa bingung untuk mengakhiri hubungan kalian membuat perubahan sikap tiba-tiba dengan signifikan. Sehingga kamu merasa jengah dan akan memutuskannya terlebih dahulu. 

3. Trauma

Freepik.com/freepik

Untuk mereka yang memiliki masa lalu yang tidak baik, trauma akan menjadi masalah terbesar yang harus mereka hadapi. Sering sekali orang-orang mengubur traumanya dalam-dalam, tapi hal itu justru membuat traumanya terpancing kapan pun dan membuatnya harus berjuang menghadapi traumanya kembali.

Trauma tersebut bisa jadi penyebab pasangan berubah sikap. Dia mungkin mengalami tindakan atau hal-hal yang membuat traumanya terpancing muncul kembali. Sehingga hal tersebut membuat pasanganmu mengalami perubahan sikap mendadak. Coba komunikasikan dengan dia, ya.

4. Sifat aslinya

Pexels/ Anete Lusina

Saat kamu melihat pasanganmu mengubah sikapnya secara drastis dan tiba-tiba, pasti kamu akan merasa heran sekaligus sedih. Namun, bisa jadi sebenarnya dia tidaklah berubah, melainkan sikapnya saat ini merupakan sifat aslinya yang baru dia tunjukkan kepadamu. 

Bisa saja selama ini pasanganmu hanya menunjukkan citra palsu kepadamu hingga kamu percaya kalau memang itu sifat aslinya. Lalu, ketika dia memperlihatkan sifat aslinya, kamu menganggap kalau pasanganmu memberikan perubahan sikap secara drastis.

5. Selingkuh

freepik.com/stefamerpik

Penyebab pasangan berubah sikap selanjutnya bisa jadi karena pasanganmu melakukan perselingkuhan diam-diam. Kamu patut bersikap waspada dan mengeceknya sendiri untuk memastikan memang benar pasanganmu berubah sikap karena selingkuh.

Pasangan yang tiba-tiba melakukan perubahan sikap secara drastis bisa saja memang karena dia sedang berselingkuh. Sehingga secara tidak sadar menunjukkan banyak perubahan sikap kepadamu. Perubahan sikap itu sendiri bisa jadi salah satu bukti dia melakukan perselingkuhan. Namun, coba kamu selidiki kembali.

6. Kamu yang melakukan kesalahan secara berulang

Pexels.com/Yan Krukov

Saat kamu melakukan kesalahan padanya, pada awalnya mungkin dia masih bisa sabar dan mencoba memaafkan kesalahan yang telah kamu lakukan. Namun, karena kamu tidak juga memperbaiki diri dan terus melakukan kesalahan yang sama, pasanganmu juga bisa merasa jenuh dan lama-lama capek, lho.

Kamu perlu melakukan introspeksi diri, apakah memang pasanganmu berubah sikap karena kamu melakukan kesalahan yang sama berulang? Cobalah perbaiki diri, jangan sampai kamu hanya menyalahkan dia atas perubahan sikap darinya tanpa menyadari kesalahan yang kamu lakukan.

7. Merasa jenuh

freepik.com/freepik

Jenuh pada pasangan merupakan hal yang sering kali terjadi di setiap hubungan, dan itu adalah hal yang wajar terjadi. Apalagi ketika kamu dan pasanganmu sudah melalui banyak hal bersama dalam waktu yang lama. Ketika kamu dan dia melakukan rutinitas yang sama setiap hari bersama-sama, itu bisa membuat kamu maupun dia jenuh. 

Kalau memang pasanganmu melakukan perubahan sikap karena merasa jenuh, kamu hanya perlu memberinya ruang untuk diri sendiri. Kamu juga bisa menjadi aktivitas baru yang belum pernah kalian lakukan bersama-sama.

8. Punya sesuatu yang disembunyikan

/unsplash.com/Andrik Langfield

Penyebab pasangan berubah sikap yang terakhir, mungkin saja pasanganmu mempunyai sesuatu yang ingin dia sembunyikan darimu. Sehingga muncul rasa tegang dan hati-hati yang membuatnya mengubah sikap dan sifatnya secara drastis padamu. 

Kamu harus coba mencari tahu apakah yang disembunyikan oleh pasanganmu adalah hal positif atau negatif. Jangan sampai justru malah hal yang berdampak negatif bagi dia dan hubunganmu.

Itulah penyebab dari pasangan berubah sikap. Sebelum merasa curiga dan marah padanya, akan sangat baik jika kamu mencoba untuk intropeksi diri dan mencari tahu lebih dalam.

IDN Channels

Latest from Dating