Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 MBTI yang Paling Mudah Jatuh Cinta, Siapa Saja?

Jatuh cinta pada orang yang tepat membuat mereka bersemangat

Anatasia Anjani

"Jatuh cinta, berjuta rasanya". Begitulah Eyang Titik Puspa menggambarkan perasaan orang yang sedang jatuh cinta. Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta.

Karakter manusia yang berbeda-beda membuat proses jatuh cinta ini menjadi unik, istimewa, sekaligus beragam. Ada di antara mereka yang jatuh cinta dengan mudahnya, ada pula yang butuh waktu yang lebih lama untuk meyakinkan perasaannya. Yuk, cari tahu karakter MBTI apa saja yang jatuh cinta paling cepat!

1. ESFP

Pexels/ Pavel Danilyuk

Karakter yang berjiwa bebas, suka bersenang-senang, dan enerjik ini menjadi salah satu MBTI yang cepat merasakan jatuh cinta. Mudah bagi mereka menarik perhatian lawan jenis dengan sifatnya yang easy-going ini.

Bahkan, para ESFP tidak keberatan mengambil langkah terlebih dahulu dan mengejar pujaan hati mereka. Si Entertainer ini sangat menikmati sensasi jatuh cinta, ‘kupu-kupu’ di perut mereka, dan sangat mengantisipasi bertemu dengan orang yang spesial. Mereka adalah sosok yang terbuka dan antusias dalam menunjukkan rasa cintanya.

Namun, ESFP juga terkenal sebagai orang yang mudah bosan dan suka menghindari konflik. Mereka lebih memilih lari dari situasi bermasalah daripada mencoba memperbaikinya. ESFP adalah pribadi berhati besar dan terbuka, namun mereka bukanlah orang yang bisa membuat janji atau komitmen yang bisa ditepati dan tidak selalu memikirkan konsekuensi jangka panjang dari tindakannya.

2. ESTP

pexels.com/Emma Bauso

MBTI yang cepat jatuh cinta selanjutnya adalah ESTP. Karakter yang disebut sebagai Si Entrepreneur ini terkenal sangat spontan. Oleh karena itu, ESTP menjadi karakter yang paling berisiko karena perilakunya. Mereka memiliki gairah, kesenangan, dan sensasi emosional lainnya yang membuat mereka jatuh cinta dengan cepat. Kegemarannya mencari sensasi, berpetualang, dan tidak sabar membuat mereka mengejar hubungan tanpa mempertimbangkan dampak potensial ketika mereka merasa bosan.

Pada awal hubungan, ESTP cenderung antusias dan memenuhi rasa ingin tahunya tentang segala hal terkait pasangan barunya. Mereka akan merencanakan kencan yang berkesan setiap waktunya dan membangun keintiman melalui percakapan panjang. Namun, mereka adalah sosok yang tidak ingin dibatasi, baik dalam pekerjaan maupun hubungan.

Ketika mereka merasa hubungan menahan dirinya dalam berbagai aspek, ESTP mungkin berpikir untuk menyerah secepat mereka jatuh cinta. Mereka akan bertahan dalam hubungan jangka panjang jika pasangannya adalah orang yang sama-sama suka berpetualang dan mampu mempertahankan rasa ketertarikannya.

3. ISFP

unsplash.com/Candice Picard

Karakter yang juga disebut sebagai Si Petualang ini menjadi salah satu MBTI yang cepat jatuh cinta. ISFP yang bersemangat, menawan, dan kesukaannya untuk bereksperimen serta berinovasi, membuatnya selalu mencoba sesuatu yang baru termasuk dalam hubungan.

Mereka membiarkan hati mengambil alih daripada kepala, sehingga mereka mampu menjalin hubungan yang intens dalam waktu yang singkat. Mereka juga membuat batasan yang jelas, apakah orang yang akan dijadikan pasangannya itu benar atau tidak.

Namun, ISFP bisa menjadi orang yang tidak terduga dalam berperilaku. Tidak berbeda dengan rekan ekstrovertnya—ESFP—para ISFP ini mudah stres dan berusaha keras menghindari konflik.

Jika mereka ditempatkan dalam hubungan yang sulit dan terlihat adanya keretakan, mereka akan mengikuti instingnya untuk mencari kedamaian diri dengan cara menyerah daripada mengusahakan hubungan tersebut untuk berhasil. Mereka tidak ragu untuk menyelamatkan diri dari hubungan yang menghambat kebebasannya.

4. ENFP

Pexels/Cottonbro Studio

Karakter yang mudah jatuh cinta selanjutnya adalah ENFP. Si Juru Kampanye ini memiliki sifat yang penuh dengan semangat kegembiraan dan gairah. Mereka senang merasakan perasaan jatuh cinta karena debaran yang dihasilkan membuatnya bersemangat. Bagi para ekstrovert ini, jatuh cinta menjadi proses berpetualang yang sangat menarik.

Mereka tidak tanggung-tanggung dalam mengekspresikan perasaannya dan berpikir untuk tidak melewatkan peluang sekecil apa pun itu. Mereka juga dikenal sebagai pribadi yang tidak kenal takut, bahkan dalam urusan asmara.

ENFP lebih suka memuaskan keinginan hatinya untuk merasakan cinta. Ketika mereka jatuh cinta dan bertemu dengan orang yang tepat, ENFP akan mendedikasikan seluruh waktunya untuk orang tersebut.

5. INFP

Pexels.com/Cottonbro

INFP menjadi karakter introvert yang jatuh cinta dengan cepat. Karakter yang dikenal juga sebagai Si Mediator ini akan cepat menjatuhkan hatinya jika bertemu dengan orang yang tepat dan bisa mengimbanginya. Meskipun tidak bisa terlepas dari kesan pendiam, INFP secara mengejutkan menjadi simbolisme emosi berjalan yang dengan mudah menjadi perasa dan peka dalam sekejap.

Oleh karena itu, jatuh cinta menjadi hal yang mudah dan cepat bagi mereka, meskipun para INFP tidak ekspresif dalam mengungkapkan perasaannya. Kemampuan imajinasi INFP yang kuat, sangat beragam, dan mewah membuatnya mampu membangun keintiman dengan cara mereka sendiri.

Satu isyarat manis saja mampu membuat mereka terpana. Begitu Si Mediator ini jatuh cinta, mereka akan terlena dalam debaran yang dirasakan dan semakin lama perasaannya semakin dalam.

6. ENTP

Freepik

Karakter selanjutnya yang sangat mudah jatuh cinta adalah ENTP. Ekstrovert yang suka berdebat ini akan jatuh cinta dengan keras dan cepat ketika mereka bertemu dengan orang yang tepat. Tentu saja, bagi mereka untuk bertemu dengan orang yang bisa terus mempertahankan rasa ketertarikan mereka adalah hal yang sangat jarang terjadi.

ENTP sangat menyukai perasaan menggebu-gebu yang dirasakan saat jatuh cinta. Seperti sebutannya, ENTP akan selalu mengajukan banyak pertanyaan pada orang yang membuatnya tertarik. Hal ini ia lakukan guna memahami bagaimana orang yang akan menjadi pasangannya tersebut berpikir tentang banyak hal. 

7. ESTJ

unsplash.com/Scott Broome

Karakter MBTI yang mudah merasakan jatuh cinta yang terakhir adalah ESTJ. Si Pengarah yang tegas ini pun ternyata akan merasa jatuh cinta dengan keras dan cepat jika bertemu dengan orang yang tepat. Ketegasan dan keinginan untuk semua terorganisir dengan baik membuatnya tahu secara persis apa yang mereka inginkan termasuk dalam urusan percintaan.

Pemikirannya yang logis membuat mereka selalu memastikan bahwa orang yang akan ia jadikan pasangan adalah orang yang sesuai dengan rencana masa depannya sebelum membawanya ke tahapan yang lebih dalam lagi.

Nah, itu dia beberapa karakter MBTI yang cepat merasa jatuh cinta. Apakah karakter kalian adalah salah satu di antaranya?

IDN Channels

Latest from Dating