Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Masih Jomblo? Ini 8 Alasan Kamu Berharga daripada Status Hubunganmu

Coba lihatlah lebih dekat dirimu sendiri

Anatasia Anjani

Saat memasuki usia 20-an dan 30-an, tampaknya ada stigma negatif tentang menjadi lajang. Seolah-olah kamu melihat kekurangan dalam dirimu hanya karena tidak sedang menjalin hubungan romantis. Meskipun kamu memiliki kehidupan single yang cukup luar biasa, tampaknya itu masih mengganjal.

Banyak dari kita yang menganggap diri sendiri tidak cukup karena nggak memiliki kekasih. Ini saat yang tepat untuk keluar dari pikiran tersebut. kamu perlu lebih dari sekadar status hubungan dan perlu mengingatnya.

Yuk, simak alasan mengapa kamu berharga daripada status hubunganmu, Bela!

1. Tidak ada yang bisa melengkapimu

Pexels/ Sora Shimazaki

Gagasan bahwa pasangan adalah dua bagian dari satu kesatuan sudah ketinggalan jaman, dan hal ini membuat kamu siap menghadapi hal tidak terduga. Tidak ada orang lain yang bisa membuat kamu bahagia, kamu harus bisa melakukannya sendiri.

Ketika kamu benar-benar menemukan suatu hubungan, itu bukan dengan seseorang yang melengkapimu. Mereka akan menjadi ceri di atas kue yang sudah kamu panggang sendiri, artinya itu adalah pelengkapmu.

2. Kebahagianmu lebih penting

pexels.com

Jika kamu terus-menerus mendahulukan kebutuhan orang lain di atas kebutuhanmu sendiri, pada akhirnya kamu akan menyadari kehilangan banyak hal dan mulai membenci mereka. Kalau setiap orang berfokus pada kebahagiaannya sendiri terlebih dahulu, secara umum akan ada hubungan yang jauh lebih sukses.

Jadi ketika kebutuhanmu telah terpenuhi, kamu sudah siap untuk membahagiakan orang lain juga. Oleh karena itu, don’t forget to put yourself first, ya, Bela!

3. Ada kehidupan lain selain romansa

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Setiap kali kamu merasa tertekan dengan kehidupan cintamu, cobalah mengingat semua hal hebat lainnya yang kamu alami dalam hidup. Semakin kamu fokus pada hal positif, semakin sedikit kemunduran dalam cinta yang akan memengaruhimu.

Kamu memiliki teman-teman yang luar biasa, karier yang baik, keluarga yang suportif, serta hobi dan minat yang membuatmu merasa puas. Selalu ingat hal ini kalau hidup itu baik, maka hal-hal menyenangkan akan mengikutimu.

4. Sendirian lebih baik daripada berada dalam hubungan yang buruk

pexels.com/Alex Green

Membayangkan sendirian terkadang terasa menakutkan, namun faktanya, berada dalam hubungan yang toxic jauh lebih buruk. Tidak ada yang akan menyalahkanmu karena memilih untuk menyendiri, bahkan mereka mungkin mengagumimu karenanya.

Kemungkinannya adalah kamu pernah berpasangan dengan seseorang yang sebelumnya berbuat salah padamu, dan putus dengan mereka seperti beban berat yang terangkat dari pundakmu. Jadi syukurilah hal yang kadang terlihat tidak baik, tetapi sebenarnya baik untukmu.

5. Kamu lahir sendiri dan akan meninggal sendirian

Pexels.com/Hanna Saad

Ada beberapa hal dalam hidup yang harus kita alami sendiri. Menjadi mandiri bukanlah hal yang buruk, jadi berhentilah berpikir ada yang salah dengan diri kamu karena lebih memilih menyendiri.

Dan hei, meskipun kamu tidak melajang karena pilihan, fakta bahwa kamu tetap merasa nyaman ditemani sendiri adalah hal yang indah.

6. Pencapaianmu berhasil karena usahamu

Freepik.com/pressfoto

Bukan berarti kamu mendapat promosi pekerjaan itu karena kamu sedang menjalin hubungan, dan kamu tidak mencapai tujuan mengunjungi setiap benua karena kamu lajang. Perlu diingat kamu melakukan hal-hal itu karena kamu berusaha untuk itu. Lagi pula, itu tidak ada hubungannya dengan apakah kamu sedang menjalin hubungan atau tidak.

7. Semua hubungan mengajarkanmu sesuatu

freepik.com/nensuria

Kita semua mengalami pasang surut dalam kehidupan cinta kita, tetapi kegagalan tidak harus mendefinisikan kita. Selama kamu mengambil sesuatu yang baik dari setiap pengalaman, maka tidak ada yang membuang-buang waktu.

Semua hubungan gagal yang pernah kamu jalani di masa lalu telah menginformasikan pandanganmu tentang cinta ke depan, dan hubungan kamu di masa depan akan mendapat manfaat darinya.

8. Tidak ada yang memperhatikan kehidupan cintamu

Pexels/ John Diez

Kamu mungkin berpikir bahwa orang-orang memperhatikan setiap tindakan saat berkencan, tetapi sebenarnya tidak. Tidak ada yang benar-benar peduli dengan status hubunganmu. Mereka memiliki hal-hal yang lebih besar untuk dikhawatirkan daripada berapa banyak kencan pertama yang gagal yang pernah kamu jalani.

Selain itu, kita semua pernah mengalami masa sulit, jadi kamu bisa tenang dengan mengetahui bahwa tidak ada orang yang menilai Anda berdasarkan berapa lama kamu melajang.

Jadi, kamu harus mengingat delapan alasan tersebut, ya, Bela! Cobalah untuk lebih percaya diri!

IDN Channels

Latest from Dating