Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Penjelasan Ending K-Drama 'Lovely Runner', Penuhi Harapan Penonton!

Im Sol dan Sun Jae menikah?

Adinda Tasya Mutiara

Drama Korea, Lovely Runner, akhirnya berhasil menyelesaikan perjalanan ceritanya yang menarik dengan menayangkan episode terakhir pada Selasa (28/5/2024) kemarin. Mengusung tema time traveler, drama romantis karya penulis Lee Si Eun ini memiliki ending yang dinilai sangat sesuai harapan para penonton.

Bahkan, penayangan terakhir dari Lovely Runner juga sukses meraih rekor tertingginya, yaitu 5,7% berdasarkan Nielsen Korea. Meski mendapat banyak pujian, drama ini tetap saja meninggalkan kebingungan bagi beberapa para penontonnya, lho.

Nah, kali ini Popbela akan berikan penjelasan ending drama Korea Lovely Runner yang mencakup teori-teorinya. Yuk, simak di bawah ini!

1. Takdir Ryu Sun Jae digantikan oleh supir taksi misterius

Instagram.com/Tvn_drama

Para penonton Lovely Runner pasti sudah mengetahui kalau kematian Ryu Sun Jae (Byeon Wong Seok) disebabkan oleh Kim Young Soo (Heo Hyeong Gyu), seorang supir taksi misterius yang ingin membunuh Im Sol (Kim Hye Yoon).

Namun, karena takdir yang berubah, Young Soo pun menjadi tidak memiliki hubungan lagi dengan Im Sol. Alhasil, Young Soo justru mengincar daerah Gangnam untuk melakukan penculikan berantai, salah satu targetnya adalah Sun Jae. 

Sayangnya, Young Soo yang berniat membunuh Sun Jae malah menggantikan takdir sang idol karena dirinya tewas tertabrak truk sampah dan jasadnya terpental ke dalam sungai. Hal ini mirip dengan kematian terakhir Sun Jae yang tenggelam di laut saat menyelamatkan Im Sol.

2. Ryu Sun Jae mengingat timeline kenangan dengan Im Sol

Instagram.com/Tvn_drama

Sempat mengalami hilang ingatan, Ryu Sun Jae akhirnya bisa kembali mengingat semua kenangan dari empat timeline yang dilalui Im Sol. Sun Jae secara perlahan berhasil mengingat momen pertama kali jatuh cinta dengan Im Sol di timeline pertama, hingga meninggal tertusuk Kim Young Soo di timeline ketiga.

Puncak ingatannya kembali penuh saat Sun Jae memegang jam yang pernah didapatnya dari Im Sol. Selain itu, ucapan nenek dari Im Sol, Mal Ja (Sung Byoung Sook), yang mengatakan bahwa otak bisa lupa, tetapi jiwa akan selalu mengingat pun menjadi faktor Sun Jae akhirnya mengingat semua kenangannya bersama Im Sol.

3. Hubungan jam time travel dan nenek Im Sol

Instagram.com/Tvn_drama

Diketahui, jam digital yang ternyata dapat melakukan time travel itu adalah milik Sun Jae. Sejak awal, nenek Im Sol sudah tertarik dengan jam tersebut, dan seiring berjalan waktu seperti menyadari kondisi time slip yang dialami oleh Im Sol, seperti Im Sol yang bisa berjalan, Im Sol merindukan Sun Jae, hingga berbicara bahwa kenangan akan tersimpan di jiwa seseorang.

Namun, Im Sol tidak menyadari sikap sang nenek tersebut karena menganggap hanya kebetulan semata saja. Ternyata, pada episode terakhir terkuak kalau sang nenek memiliki hubungan dengan jam time travel, di mana jam itu akhirnya dibuang ke sungai seolah menjelaskan bahwa perjalan waktu Im Sol telah berakhir.

4. Im Sol melakukan perjalanan waktu sendiri

Instagram.com/Tvn_drama

Sebelumnya, para penonton ramai membuat teori yang berisi kemungkinan Ryu Sun Jae juga melakukan time travel. Namun, teori itu terbantahkan dalam penayangan terakhir. Ternyata hanya Im Sol yang menjelajahi waktu dan ingatan Sun Jae kembali tanpa melakukan time travel hanya dengan berusaha mengingat kenangan-kenangan saja.

5. Im Sol dan Ryu Sun Jae menikah

Instagram.com/Tvn_drama

Setelah mengalami kejadian yang berat, Im Sol dan Ryu Sun Jae kembali menjalin hubungan asmara. Kebahagiaan pun bertambah saat Sun Jae melamar Im Sol dengan memberikan cincin yang begitu indah usai momen lamaran tersebut sempat tertunda karena mimpi Im Sol sebagai sutradara.

Menariknya, Im Sol dan Sun Jae sama-sama membayangkan upacara pernikahan mereka ketika sedang berciuman. Meski pernikahan mereka belum terjadi, tentu pada momen itu seluruh penonton merasa ikut berbahagia atas kisah cinta Im Sol dan Sun Jae yang berakhir romantis.

6. Nasib para karakter lain

Instagram.com/Tvn_drama

Tak hanya memberikan akhir bahagia untuk Im Sol dan Ryu Sun Jae, Lovely Runner juga memperhatikan nasib dari karakter lainnya. Kim Tae Sung (Song Geon Hee) yang sangat mencintai Im Sol menjadi seorang polisi jitu yang mampu membongkar kasus kriminal, salah satunya kasus supir taksi misterius.

Kemudian, kakak Im Sol, Im Geum (Song Ji Ho), yang menikah dengan sahabat Im Sol, Hyun Joo (Seo Hye Won), juga memiliki kehidupan yang bahagia bersama anak-anak mereka. Selain itu, ibu Im Sol (Jeong Young Ju) dan ayah Sun Jae (Kim Won Hae), menjadi orangtua suportif yang kerap membanggakan dan berbahagia atas hubungan kedua anak mereka.

Itulah keenam penjelasan ending drama Korea Lovely Runner. Apakah kamu puas dengan akhir cerita drama ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating