Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Catat! Ini 5 Tips dan Etika Menonton Dieng Culture Festival 2024

Biar nonton festivalnya nyaman!

Zikra Mulia Irawati

Dieng Culture Festival 2024 akan segera hadir pada 23–25 Agustus. Di sini, kamu akan diajak mengenali sederet budaya tradisional Dieng yang dilanjutkan dengan pertunjukan Jazz Atas Awan. Acara ini akan digelar di kawasan Candi Arjuna, Dieng yang terletak di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sebelum bersenang-senang selama tiga hari pada akhir pekan nanti, Popbela mau berbagi tips dan etika yang wajib kamu patuhi selama di Dieng Culture Festival nanti. Simak daftarnya bersama-sama, yuk!

1. Pakai pakaian yang nyaman dan skincare

instagram.com/festival_dieng

Memakai pakaian yang nyaman merupakan tips mutlak saat datang ke acara apa pun, termasuk Dieng Culture Festival. Ditambah lagi, area pegunungan ini memiliki suhu yang cukup ekstrem. Agar kesehatan tetap terjaga, penting untuk mengenakan baju yang tebal selama pertunjukan berlangsung.

Jika kamu tak terbiasa tinggal di area bersuhu dingin, jangan sampai lupa memakai skincare yang sifatnya melembapkan. Pasalnya, perubahan suhu mendadak berpotensi membuat kulit rentan kering. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan sunscreen apabila hendak mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada siang hari.

2. Sedia uang tunai dan tiket

instagram.com/festival_dieng

Rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival yang diselenggarakan di pegunungan membuat sejumlah provider internet rawan susah sinyal. Supaya bisa bertransaksi selama acara berlangsung, jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai lebih. Mengandalkan pembayaran digital akan terlalu berisiko.

Untuk urusan tiket pun, alangkah baiknya jika kamu sudah menukarkannya ke dalam bentuk tiket fisik dengan datang lebih awal. Pasti kamu juga nggak mau, dong, ketinggalan rangkaian acara seru yang akan ditampilkan di Dieng Culture Festival ini?

3. Memastikan keamanan barang bawaan

instagram.com/festival_dieng

Dieng Culture Festival membuat warga dari berbagai kota berdatangan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan keamanan barang bawaan karena akan ada banyak orang asing yang akan kamu jumpai.

Bawalah barang-barang yang kamu butuhkan secukupnya saja. Tinggalkan selebihnya di penginapan untuk meminimalkan potensi kehilangan. Perlu dicatat, pihak panitia tidak bertanggung jawab atas barang-barang pengunjung yang hilang.

4. Membawa obat-obatan pribadi

instagram.com/festival_dieng

Kondisi suhu dingin di Pegunungan Dieng berpotensi membuat daya tahan tubuh melemah jika memang tidak terbiasa. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, bawalah obat-obatan pribadi ke manapun kamu pergi.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit khusus yang membutuhkan langkah pertolongan tertentu, kamu juga bisa menambahkan catatan di kotak obat. Hal ini akan berguna jika sewaktu-waktu kamu kambuh. Orang di sekitarmu bisa memberikan pertolongan pertama yang tepat dan peluang selamatmu bisa lebih besar.

5. Menjaga sopan santun

instagram.com/festival_dieng

Sesuai namanya, Dieng Culture Festival akan mengajak kamu berkenalan dengan budaya tradisional yang masih diterapkan oleh masyarakat di kawasan tersebut. Oleh sebab itu, menjaga sopan santun adalah hal yang wajib kamu lakukan selama mengikuti kegiatan-kegiatan yang berlangsung.

Pihak penyelenggara sendiri telah melarang pengunjung untuk membawa hal-hal yang berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan, seperti minuman beralkohol, petasan, obat-obatan terlarang, senjata tajam, hingga laser. Agar seluruh kegiatan bisa berlangsung dengan lancar, mari patuhi imbauan ini, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel