Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Slowcation di Jogja, Mana Favoritmu?

Destinasi wisata yang menyenangkan

Wahyu Fitri Utami

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan sejarah. Namun, kota ini juga menawarkan beragam tempat yang cocok untuk bersantai dengan tenang. Jika kamu sedang mencari pelarian dari kesibukan sehari-hari, Jogja memiliki beberapa tempat slowcation yang ideal untuk relaksasi. Di tempat ini kamu bisa menikmati suasana yang tenang sambil mengeksplorasi keindahan alam dan kekayaan budaya setempat.

Dari pemandangan alam yang menenangkan hingga akomodasi nyaman, Jogja menawarkan berbagai pilihan untuk mengisi waktu dengan aktivitas yang santai. Destinasi slowcation-nya tersebut sangat cocok untuk mengisi ulang energi dan menghilangkan stres. Mana saja? Berikut 8 tempat slowcation di Jogja yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Sungai Mudal

instagram.com/neli_erliani

Taman Sungai Mudal menawarkan kolam pemandian bersumber dari mata air alami yang menyegarkan. Tempat ini selalu menjadi destinasi andalan wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Di sini kamu bisa bermain air, bahkan berenang bebas di air yang begitu jernih dan bersih. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti flying fox dan camping area.

2. Air Terjun Kembang Soka

instagram.com/bgs_triy

Tempat slowcation di Jogja selanjutnya adalah Air Terjun Kembang Soka. Lokasi air terjun ini dikelilingi dengan pemandangan perbukitan Menoreh yang indah. Mengusung konsep back to nature, kolam dan jembatan yang ada di tempat ini tak lepas dari penggunaan material kayu.

Air Terjun Kembang Soka memiliki dua kolam dari dua aliran air terjun dengan warnanya birunya yang menawan. Suara gemericik air yang jatuh akan membawa kamu pada ketenangan dan kedamaian. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti toilet, warung makan, kamar mandi, hingga musala.

3. Museum Ullen Sentalu

instagram.com/ryanassagaf_

Ingin mencoba merasakan slowcation sambil belajar sejarah? Kamu bisa mampir ke Museum Ullen Sentalu. Museum yang diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 ini memiliki penamaan yang unik berasal dari akronim falsafah Jawa, yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku.

Saat berkunjung kesini, kamu akan disuguhkan dengan kehidupan dan budaya bangsawan Dinasti Mataram di masa lampau. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat berbagai koleksi batik dan patung-patung tokoh bangsawan jaman dahulu.

Tersedia dua tur yang bisa kamu pilih yaitu Tur Adiluhung Mataram dan Vorstenlanden. Lewat Tur Adiluhung Mataram, kamu akan diajak menjelajahi area Guwa Sela Giri dan Kampung Kambang. Sementara itu, Tur Vorstenlanden menawarkan tiga area, yakni Jagad Gallery, Sasan Sekar Bawana, dan Esther Huis.

4. Desa Wisata Nglanggeran

instagram.com/haloyogya

Desa Wisata Nglanggeran adalah tempat yang ideal untuk slowcation dengan sentuhan budaya lokal. Desa yang pernah meraih penghargaan Best Tourism Village 2021 dari UNWTO ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan dan suasana pedesaan yang damai.

Saat berlibur ke sini, ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilewatkan diantaranya, mencoba trekking di Gunung Api Purba Nglanggeran, berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang, wisata edukasi kambing etawa, belajar budaya seru khas Desa Wisata Nglanggeran, dan sebagainya.

5. Pantai Sadranan

instagram.com/haloyogya

Pantai Sadranan dapat menjadi lokasi slowcation di Jogja yang menyenangkan. Pantai ini menawarkan aktivitas snorkeling dan mendayung kano yang belum tentu dimiliki oleh pantai lain di Gunung Kidul. Selain itu, ombak di pantai ini juga cukup tenang, cocok untuk kamu yang ingin bersantai sambil bermain air laut.

6. Pantai Watu Lumbung

instagram.com/april_r.a

Tempat slowcation di Jogja yang satu ini lumayan diminati oleh masyarakat, baik lokal maupun mancanegara. Keberadaan Pantai Watu Lumbung konon berasal dari letusan gunung api purba jutaan tahun lalu.

Ciri khas dari pantai ini ialah keberadaan batu berbentuk lumbung padi dengan diameter 5 meter dan tinggi 6 meter. Bongkahan batu raksasa tersebut dapat kamu lihat dari dekat saat air sedang surut. Hal yang tidak boleh kamu lewatkan ialah berfoto di spot foto bebatuan yang ada di sana.

7. Museum Nasional Jogja

instagram.com/dwilinda_a

Museum Nasional Jogja atau Jogja National Museum merupakan salah satu museum di Jogja yang menyajikan berbagai karya seni kontemporer unik dan berkualitas tinggi. Di dalam kompleks JNM ini terdapat empat ruang pamer yaitu Ruang Fine Art Museum Gallery, Pendopo Ajiyasa, Ruang Seni Situs Patung, dan Ruang Situs Karya.

Selain bisa melihat berbagai karya seni, kamu juga bisa mengikuti diskusi seni yang sering diadakan di museum ini. Bagi kamu yang memiliki jiwa seni, tentu tempat ini cocok untuk dipilih.

8. Garrya Bianti Yogyakarta

instagram.com/garryabianti

Terletak di tepi Sungai Denggung, Desa Gabungan, Garra Bianti merupakan salah satu penginapan di Jogja yang menawarkan konsep slow living. Resort ini menghadirkan 24 villa modern dengan dekorasinya yang mengombinasikan warisan Jawa dan kontemporer. Di sini kamu juga membeli karya seni dan kerajinan tangan yang dibuat para pengrajin lokal, lho! Cukup seru bukan?

Beberapa tempat slowcation di Jogja tersebut menawarkan pengalaman menarik yang harus kamu coba. Masih banyak tempat lain yang bisa digunakan untuk slowcation dan masih perlu dieksplor di kota ini. Kamu tidak hanya sekedar liburan, namun juga memiliki pengalaman yang mengesankan lewat beberapa tempat yang ditawarkan tersebut.

IDN Channels

Latest from Travel