Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Telaga Saat Puncak: Lokasi, Rute, Tiket, dan Aktivitas Seru

Surga tersembunyi di puncak Bogor

Wahyu Fitri Utami

Puncak Bogor selalu menjadi destinasi wisata andalan warga Jabodetabek. Di antara banyaknya tempat wisata di Puncak, terdapat sebuah destinasi yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, yakni Telaga Saat Puncak.

Telaga Saat terletak di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Telaga Saat menawarkan pengalaman yang berbeda. Lokasinya yang agak tersembunyi membuat tempat ini lebih damai dan sepi dari keramaian, cocok bagi kamu yang sedang mencari kedamaian.

Telaga yang berada di ketinggian ini menyuguhkan pemandangan alam yang memukau serta suasana yang tenang. Telaga eksotis ini merupakan tempat yang sempurna untuk mencari ketenangan di tengah hiruk-pikuk kota.

Sebelum berlibur ke Telaga Saat, penting untuk mengetahui beberapa informasi berikut. Yuk, simak baik-baik panduan berlibur ke Telaga Saat Puncak berikut ini.

1. Lokasi Telaga Saat Puncak Bogor

instagram.com/telagasaatpuncak

Lokasi: Desa Cibulao, RT.02/RW.06, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.30 WIB hingga 18.00 WIB.

HTM:

  • Rp10.000 per orang (HTM khusus Telaga Saat)
  • Rp25.000 per orang (HTM pos pertama, termasuk Telaga Warna)
  • Rp2.000 untuk parkir motor
  • Rp5.000 untuk parkir mobil
  • Rp400.000 untuk sewa mobil komodo selama 90 menit
  • Rp50.000 untuk sewa perahu kano
  • Rp25.000 untuk camping
  • Rp5.000 per foto untuk jasa fotografi

2. Rute menuju Telaga Saat Bogor

instagram.com/larasnuraini

Meskipun letaknya agak tersembunyi, akses menuju Telaga Saat sebenarnya cukup mudah. Telaga saat dapat dijangkau dalam waktu satu setengah jam dari pusat Kota Bogor. Estimasi waktu tersebut untuk perjalanan darat yang dapat ditempuh menggunakan jalur tol ta, Bela.

Untuk menuju Telaga Saat dapat melalui dua rute, yakni dari arah Jakarta dan Bogor. Jika kamu berasal dari arah Jakarta, kamu bisa melalui pintu tol Gadog atau Jagorawi ke arah Puncak, Bogor. Setelah itu, kamu dapat mengikuti petunjuk arah Melrimba dan mengambil arah kiri hingga mencapai Telaga Saat.

Sementara itu, jika kamu berasal dari arah Bogor, rute dimulai dari pintu masuk Telaga Warna. Jika sudah sampai pada persimpangan, ambil arah kiri, kemudiam lurus terus sampai tiba di Telaga Saat.

Ketika memasuki arena Telaga Saat, biasanya akan menemui jalanan berbatu atau makadam sebelum melewati jalanan beraspal, mengingat telaga ini berada di tengah perkebunan teh. Area tersebut tidak diizinkan memiliki jalan aspal sepenuhnya.

3. Daya tarik Telaga Saat Puncak Bogor

instagram.com/shnxxrxb

Daya tarik utama Telaga Saat adalah kejernihan air telaga yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan hijau yang masih asri. Telaga Saat memiliki air yang sangat tenang dan jernih. Saking jernihnya, permukaan airnya mampu memantulkan bayangan objek di sekitarnya, termasuk pepohonan. Tak jarang pula Telaga saat diselimuti kabut tipis khas pegunungan.

Telaga Saat sejatinya merupakan danau alami dengan luas sekitar 1,5 hektar. Salah satu fakta menarik dari telaga ini adalah meskipun terlihat cukup luas, sebenarnya kedalaman telaga ini relatif dangkal. Selain itu, Telaga Saat juga berfungsi sebagai hulu Sungai Ciliwung dan titik nol kilometer sungai tersebut. Dengan demikian, air danau ini terus mengalir menuju Jakarta.

4. Fasilitas dan aktivitas seru yang bisa dilakukan

instagram.com/telagasaatpuncak

Telaga Saat menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir, toilet, mushola, gazebo untuk bersantai, dan tempat makan. Perpaduan sempurna antara keindahan alam Telaga Saat serta fasilitas yang cukup memadai, membuat wisata ini menjadi tempat yang ideal untuk destinasi wisata keluarga.

Destinasi ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas outdoor. Beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di telaga tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Berkeliling Danau dengan Kano

Menikmati keindahan telaga dari atas air dengan menggunakan perahu kano akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Aktivitas ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan kedamaian sambil menikmati pemandangan sekitar telaga.

2. Offroad

Bagi yang suka tantangan, offroad di sekitar Telaga Saat adalah pilihan tepat. Offroad di sini memberikan sensasi petualangan seru dengan melewati medan berbatu dan jalur yang menantang.

3. Berkemah

Bagi kamu yang ingin berlama-lama menikmati suasana telaga, cobalah melakukan kegiatan kemah di area yang telah disediakan. Berkemah di Telaga Saat memberikan pengalaman menyenangkan untuk merasakan kesunyian alam dan udara pegunungan yang sejuk.

4. Fotografi

Telaga Saat memiliki banyak spot foto yang memukau. Pemandangan hijau perbukitan dan jernihnya air telaga menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berswafoto. Ideal bagi kamu yang ingin mengabadikan momen liburan di alam terbuka.

5. Fun Tracking

Kamu bisa menjelajah area sekitar telaga dengan berjalan kaki melalui jalur fun tracking. Kamu bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang asri dan udara yang segar dengan tracking kecil-kecilan di sekitar area telaga.

Telaga Saat merupakan destinasi wisata healing terbaik di wilayah puncak Bogor. Wisata ini layak menjadi destinasi liburanmu bersama keluarga. Jadi, apa kamu tertarik untuk berlibur ke Telaga Saat? Jika iya, semoga informasi di atas bisa menjadi panduan liburanmu, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel