Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Jogging Track di Kawasan Jakarta

Mulai gaya hidup sehat dengan jogging

Wahyu Fitri Utami

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta dikenal dengan kepadatan lalu lintas dan aktivitas yang sangat tinggi. Kondisi ini sering kali membuat penduduknya kesulitan menemukan tempat yang nyaman untuk jogging. Udara yang penuh polusi dan jalanan yang macet menjadi tantangan tersendiri bagi para pelari.

Namun, di tengah kesibukan dan kerumitannya, Jakarta masih menawarkan beberapa tempat yang nyaman untuk jogging. Beberapa area hijau dan jalur khusus disediakan untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk berolahraga dengan nyaman. Berikut 7 rekomendasi jogging track di Jakarta. 

1. Gelora Bung Karno

instagram.com/mulaakmal

Siapa yang tidak tahu Stadion Gelora Bung Karno? Gelora Bung Karno atau GBK merupakan tempat olahraga yang luas dan lengkap di kawasan Jakarta. Tak heran jika tempat ini jadikan sebagai jogging track favorit penduduk Jakarta.

Di tempat ini terdapat fasilitas berupa trek dengan desainnya yang nyaman karena dikelilingi oleh banyak pohon. Kamu pun dapat berolahraga sambil menghirup udara yang sejuk dan segar. Selain itu, kamu juga bisa menitipkan barang bawaan dengan aman di persewaan loker yang terjaga oleh petugas.

2. Taman Cattleya

instagram.com/temantaman.jkt

Jogging track di Jakarta selanjutnya yaitu Taman Cattleya di Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Memiliki luas 31.945 meter persegi, taman ini dikelilingi oleh lebih dari seribu pohon sehingga areanya cukup rindang dan teduh.

Selain itu, terdapat kolam di tengah-tengah taman yang semakin menambah cantik tempat ini. Taman Cattleya tidak hanya bisa kamu gunakan sebagai tempat jogging, namun juga cocok untuk rekreasi.

3. Taman Menteng

instagram.com/jakarta_tourism

Taman Menteng dahulunya merupakan rumah dari klub sepak bola PERSIJA yang dikenal dengan nama Stadion Menteng. Tempat ini kemudian diubah menjadi taman yang cantik karena terbatasnya resapan air hujan di kawasan Jakarta. Taman Menteng memiliki luas sekitar 30 hektar dengan 30 spesies tumbuhan di dalamnya.

Selain itu, terdapat beragam fasilitas umum yang bisa digunakan, mulai dari jogging track, taman bermain, lapangan futsal dan basket, hingga rumah kaca untuk tempat pameran seni. Uniknya lagi, taman ini juga punya Bookhive di beberapa sudt tamannya, lho!

4. Taman Ayodya

instagram.com/temantaman.jkt

Taman Ayodya merupakan salah satu taman kota di Jakarta Selatan, lokasinya bersebelahan dengan Taman Langsat. Tempat ini dahulunya digunakan sebagai sentra dagang ikan dan bunga hias yang kemudian dialihfungsikan menjadi taman pada awal tahun 2008. Taman Ayodya menawarkan berbagai fasilitas, seperti gazebo, pendopo, jalur pijakan, kamar mandi, jogging track, dan sebagainya. 

5. Monumen Nasional (Monas)

instagram.com/ritzcarltonpacificplace

Monas atau Monumen Nasional merupakan ikon Kota Jakarta. Tempat ini sering menjadi tujuan utama para pelancong yang datang ke ibukota. Selain menjadi tempat wisata, Monas memiliki area yang cukup luas sehingga cocok sebagai tempat jogging.

Dilengkapi dengan hamparan tanaman hijau membuat tempat ini semakin nyaman. Keberadaan air mancur dan danau yang indah juga bisa menjadi pemandangan ciamik untuk kamu yang hendak olahraga lari di sini.

6. Allianz Ecopark Ancol

instagram.com/ecopark_ancol

Tempat jogging terbaik di Jakarta berikutnya adalah Ancol. Meskipun dikenal sebagai tempat yang menyajikan beragam wahana bermain, Ancol juga punya lokasi untuk jogging. Kamu bisa memilih dua tempat yang disediakan, yakni Ecopark Ancol atau Symphony of the Sea.

Ecopark Ancol memiliki jogging track yang cukup panjang dengan pepohonan menghiasi kanan kiri. Ruang terbuka hijau ini mengusung konsep green lifestyle.

Sementara itu, Symphony of the Sea dapat menjadi tempat jogging anti mainstream. Tempat ini menawarkan pengalaman trek lari yang berada di pinggir pantai berpasir putih. Cukup seru, bukan?

7. Kebun Binatang Ragunan

instagram.com/shees.y1

Terakhir, ada Kebun Binatang Ragunan yang bisa jadi area jogging track-mu di Jakarta Selatan. Memiliki luas sekitar 140 hektar, tempat ini menjadi salah satu area jogging favorit di Jakarta karena lokasinya yang begitu teduh. Kamu pun dijamin tidak akan kepanasan dan lebih santai dalam berolahraga. 

Bagi kamu yang hendak jogging di tempat ini, disarankan untuk datang pada pagi hari sekali. Hal ini dikarenakan kebun binatang ini biasanya akan ramai dengan pengunjung yang berwisata jika sudah terlalu siang atau sore.

Demikian, tujuh jogging track di kawasan Jakarta yang bisa kamu coba. Kira-kira tempat mana yang akan jadi favoritmu untuk jogging?

IDN Channels

Latest from Travel