Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Curug Panetean Tasikmalaya: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Destinasi wajib saat berada di Tasikmalaya

Wahyu Fitri Utami

Jalan-jalan ke Tasikmalaya tidak lengkap rasanya apabila melewatkan wisata alamnya. Tasikmalaya terkenal dengan berbagai wisata alamnya, terutama curug.

Salah satu curug yang patut kamu pertimbangkan saat berkunjung ke sini adalah Curug Panetean. Air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memesona, namun juga kesempatan untuk bersantai dan menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota.

Lokasinya yang berada di tengah hutan seakan menjadi hidden gems menarik. Tertarik dengan wisata curug ini? Yuk, simak informasi seputar Curug Panetean berikut ini. Mulai dari lokasi, harga tiket, daya tarik, hingga tips berwisata ke tempat ini.

1. Lokasi dan rute menuju Curug Panetean

instagram.com/__aabdull__

Curug Panetean terletak di Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Perlu waktu sekitar 2 jam dari Kota Tasikmalaya untuk menuju lokasi curug ini. Setibanya di daerah Pancatengah, kamu masih harus berjalan kaki melalui jalur yang terjal untuk mencapai Curug Panetean. Selain terjal, kondisi jalan juga cukup licin karena masih berupa tanah.

Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dan memastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima. Meskipun perjalanan menuju lokasi lumayan menguras tenaga, sesampainya di curug rasa lelahmu akan terbayar dengan tuntas melihat keindahan alam ciptaan Tuhan yang satu ini.

2. Harga tiket dan jam operasional

instagram.com/yudha.anggara95

Curug Panetean beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00–17.00 WIB. Adapun harga tiketnya hanya Rp15.000 per orang. Kamu sudah langsung bisa menikmati semua fasilitas yang ada di tempat ini.

3. Daya tarik Curug Panetean

instagram.com/ingeanggr

Beragam daya tarik curug ini antara lain sebagai berikut:

1. Pesona air terjun yang indah

Daya tarik utama dari Curug Panetean ialah pesona air terjunnya yang indah. Berbeda dengan kebanyakan curug yang ukurannya cukup tinggi, Curug Panetean tidak terlalu tinggi.

Pemandangan alam yang ditawarkan dari tempat ini masih sangat alami dan asri. Tak heran, jika para pengunjung betah berlama-lama berenang dan berendam karena aliran sungainya yang jernih dan menyegarkan.

2. Kolam renang alami

Salah satu keunikan lain yang ditawarakan Curug Panetean ialah adanya kolam renang yang terbentuk secara alami. Curug ini sering disebut dengan Curug Leuwi karena banyaknya cekungan layaknya kolam yang melengkapi tempat ini.

Saat suasana tidak terlalu ramai, kamu bisa merasakan berenang layaknya di kolam pribadi yang berada di alam. Bentuknya yang unik, cocok digunakan untuk berswafoto dengan latar belakang yang menarik mata.

3. Aktivitas seru

Selain berendam ataupun berenang, pihak pengelola tempat ini juga menyediakan fasilitas lain bagi pengunjungnya. Ada gardu pemandangan dan sampan yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling curug.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk camping di area ini. Jika kamu ingin berkemah di Curug Panetean, pastikan membawa perlengkapannya dan camping di kawasan yang aman ya, Bela!

4. Fasilitas yang tersedia

Curug Panetean menawarkan beragam fasilitas untuk menunjang kebutuhan para pengunjungnya. Fasilitas tersebut meliputi area parkir yang luas, musala, toilet, wahana bermain, camping area, hingga gazebo.

4. Tips berwisata ke Curug Panetean

instagram.com/ayana9909

Saat berkunjung ke curug ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

  • Pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang cocok untuk digunakan di alam terbuka. Hal ini dikarenakan ada situasi kamu harus berjalan kaki untuk mencapai curug.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke destinasi wisata ini ialah saat pagi hari ini. Suasana asri, damai, dilengkapi dengan air yang menyegarkan di badan, akan kamu dapatkan apabila berkunjung pada pagi hari.
  • Curug Panetean menawarkan keindahan alam yang masih terjaga kealamiannya. Oleh karena itu, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan ini.

Demikian, informasi wisata Curug Panetean, Tasikmalaya. Tempat ini cocok dijadikan sebagai pilihan destinasi liburanmu. Tertarik berkunjung?

IDN Channels

Latest from Travel