Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cafe Ghibli di Jakarta, Pecinta Ghibli Wajib Mampir!

Nongkrong serasa di film Ghibli

Wahyu Fitri Utami

Pecinta film Studio Ghibli tentu tidak asing lagi dengan kata ghibli vibes. Ghibli vibes ini sebenarnya merujuk pada sesuatu yang mencerminkan suasana atau karakter seperti di film Ghibli. Film-film produksinya identik dengan pemandangan alam hijau dan warna-warna earth tone, seperti cokelat serta hijau.

Buat kamu yang ingin merasakan suasana film Ghibli, kamu bisa mengunjungi beberapa kafe di Jakarta yang punya nuansa a la Ghibli. Beragam interiornya di-setting sesuai karakter yang ada pada film Ghibli.

Suasananya yang damai cocok untuk kamu yang ingin keluar sementara dari hiruk-pikuk Jakarta. Penasaran cafe mana saja yang memiliki suasana Ghibli di Jakarta? Berikut 5 cafe Ghibli vibes di Jakarta yang wajib kamu kunjungi.

1. Mandira’s Garden

instagram.com/mariaendahwu

Berada di komplek perumahan warga, Mandira’s Garden hadir sebagai tempat nongkrong yang dipenuhi Ghibli vibes. Kafe berkonsep rumah ini dikelilingi oleh tanaman hijau dan bunga-bunga yang cantik.

Kafe ini memiliki area outdoor dan indoor yang nyaman. Area indoor-nya berbalut nuansa vintage di tiap sudutnya.

Saat memasuki kafe ini, kamu akan disuguhkan dengan pernak-pernik Totoro. Buat kamu yang suka membaca buku di tempat tenang, Mandira’s Garden juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sesuai dengan konsepnya "From Garden to Table", makanan yang disajikan di kafe ini berbeda tiap harinya, bergantung pada hasil kebun mereka. Bahkan kamu bisa berbelanja beragam hasil kebun dari kafe ini. Cukup menarik, bukan?

Alamat: Jalan Kemang Timur Raya No.55, RT 6/RW 3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam operasional: pukul 11.00-20.00 WIB (Senin-Jumat), pukul 08.00-20.00 WIB (Sabtu), pukul 08.00-17.00 WIB (Minggu).

2. Kodaigiri

instagram.com/eat.andchillax

Bergeser ke daerah Universitas Bina Nusantara, ada satu cafe Ghibli vibes yang didesain a la Jepang. Meskipun tempatnya kecil dan mungil, kafe ini dipenuhi dengan dekorasi dan pajangan bertema Studio Ghibli.

Tiap sudutnya estetis sehingga cocok untuk kamu yang suka mengabadikan momen lewat kamera. Berbeda dengan kafe pada umumnya, Kodaigiri menyajikan menu-menu a la Jepang seperti onigiri dan fruit sando.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa menu makanan berat. Mulai dari creamy chicken, spicy tuna cream, spicy carbonara, hingga creamy mushroom. Harganya pun masih terjangkau di kantong. Saat ke sini, kamu wajib mencoba menu fruit sando-nya yang cukup populer.

Alamat: Jalan Mandala 5, Kios Unit 5E, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jam operasional: pukul 08.00-22.00 WIB (Senin-Jumat), pukul 09.00-22.00 WIB (Sabtu-Minggu).

3. Bukanagara Coffee & Roastery

instagram.com/elfqinkopi

Jalan-jalan di daerah Ashta, kurang lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke kafe estetisnya yang ada di daerah tersebut. Kamu bisa menemukan kafe a la Ghibli di kawasan central business district tersebut yang banyak dikunjungi oleh pegawai, baik work from cafe ataupun sekadar nongkrong.

Saat pertama kali masuk, kamu akan disambut dengan interior estetis dan mirip greenhouse dengan tanaman hijau yang mengelilinginya. Kamu juga akan menemukan banyak boneka Totoro yang menggemaskan.

Bukanagara Coffee & Roastery dapat menjadi pilihan tepat untuk kamu yang nugas dengan suasana sepi dan tenang. Tidak hanya menawarkan makanan dan minuman, tempat ini menyediakan aneka merchandise Totoro yang bisa pilih, mulai dari boneka, tas, totebag, gelas, buku tulis, dan sebagainya.

Menu yang ditawarkan kafe ini juga beragam. Meskipun harganya cukup pricey, namun kamu akan dipuaskan dengan rasa dan nuansanya.

Alamat: Ashta District 8, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, SCBD, Kebayoran, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam operasional: pukul 09.00-21.00 WIB (Senin-Minggu).

4. Membumi Kopi

instagram.com/yogakadewa_

Kecil tapi nyaman menjadi definisi yang pas untuk menggambarkan kafe satu ini. Membumi Cafe merupakan kafe dengan suasana Ghibli yang cukup sejuk.

Sesuai dengan namanya, suasana kafe ini benar-benar "membumi" dengan tone hijau dan cokelat yang mendominasi. Saat ke sini, kamu akan disambut dengan tanaman hias yang menyegarkan mata.

Meskipun tidak terlalu luas, tempat ini menawarkan suasana yang asik dan estetis di tiap sudutnya. Areanya yang adem juga cocok untuk kamu yang ingin mengistirahatkan badan dari hiruk-pikuk Jakarta. Untuk kamu yang ingin mengerjakan tugas juga cocok karena tempat ini menyediakan stop kontak dan free Wifi.

Alamat: Jalan Cipete VIII No.93, Cipete Selatan, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam operasional: pukul 06.00-22.00 WIB (Senin-Kamis), pukul 06.00-23.00 WIB (Jumat-Minggu).

5. Kase Heritage

instagram.com/caesarenodswr

Mencari kafe dengan sudut-sudut yang estetis? Kase Heritage wajib dikunjungi nih, Bela! Kafe ini cukup unik dengan konsep bangunannya berbentuk Hobbit House.

Saat memasuki tempat ini kamu akan disambut dengan pintu masuk dan tangganya yang begitu estetis. Tak salah, apabila tempat ini diberi julukan sebagai cafe a la Ghibli karena konsep hijau dan cokelatnya yang mirip dengan ciri khas pada film-film Ghibli.

Tiap sudut kafe ini begitu minimalis dan elegan. Tempat ini juga menyediakan beberapa buku bacaan yang bisa kamu pilih. Untuk menu, Kase Heritage menyediakan beragam dessert yang bisa kamu beli mulai dari Rp30.000-an saja, lho!

Alamat: Golf Island, Rukan Beach Boulevard, Jalan Pantai Indah Kapuk No. 15 blok B, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jam operasional: pukul 10.00-22.00 WIB (Senin-Minggu).

Itulah tadi beberapa cafe Ghibli yang dapat menjadi rekomendasi tempat nongkrongmu. Selain menawarkan kesan yang asri, kamu juga bisa merasakan suasana layaknya di film-film Ghibli tanpa harus jauh-jauh ke Jepang.

IDN Channels

Latest from Travel