Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Aktivitas Seru di Pantai Kura-kura Lombok yang Harus Kamu Coba

Dari surfing hingga berkemah

Wahyu Fitri Utami

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar Pantai Kura-kura? Pantai yang dipenuhi dengan kura-kura mungkin menjadi salah satu yang terlintas.

Pantai Kura-kura sebenarnya merupakan salah satu pantai tersembunyi di Lombok Timur. Tepatnya berada di Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.  

Penamaan "kura-kura" berasal dari sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di tengah pantai. Tampak dari kejauhan, pulau tersebut mirip dengan kura-kura. Penduduk lokal menyebut pulau tersebut sebagai Gili Tenge. Tak heran, jika Gili Tenge menjadi ikon dari pantai ini.

Selain menawarkan keindahan laut, ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Pantai Kura-kura. Penasaran? Yuk, simak 6 aktivitas seru yang bisa dilakukan selama kamu berada di Pantai Kura-kura, Lombok Timur.

1. Menikmati keindahan Pantai Kura-kura

instagram.com/laelaskftr

Pantai Kura-kura menjadi destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat berada di Lombok Timur. Bukan tanpa alasan, pantai ini menyajikan pemandangan eksotis yang mampu memikat siapa pun yang datang ke tempat ini. Hamparan pasir putih dan birunya laut, ditambah suara deburan ombak menjadi kombinasi pas untuk kamu yang ingin menenangkan diri.

Saat ke sini, kamu akan terpukau dengan pemandangan perbukitan nan hijau dan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gili Tenge dari atas bukit. Ada beberapa gazebo kecil yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai menikmati panorama Pantai Kura-kura.

2. Surfing

instagram.com/ellamayh

Ingin aktivitas yang menantang? Kamu bisa uji adrenalin dengan olahraga surfing. Selain snorkeling, surfing biasanya memang menjadi aktivitas yang disukai oleh wisatawan.

Ombak di Pantai Kura-Kura cukup besar dan stabil sehingga cocok untuk pemula maupun surfer berpengalaman. Surfing ditemani pemandangan yang indah tentu menjadi pengalaman yang berkesan untukmu!

3. Berkeliling bukit

instagram.com/aryapinatih.ngurah

Pantai Kura-kura diapit oleh dua perbukitan hijau. Jika ingin melihat keindahan pantai dari ketinggian, kamu bisa mendaki dua bukit yang berada di kedua sisi pantai.

Di sisi barat, kamu bisa melihat pemandangan ladang jagung yang begitu subur, dilengkapi dengan panorama perbukitan lainnya. Pemandangan luar biasa pun akan kamu dapatkan dari puncak bukit

Jika ingin suasana yang berbeda, berkeliling di sekitar bukit menggunakan sepeda atau motor bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi aman ya, Bela!

4. Berswafoto dengan latar belakang yang ciamik

instagram.com/rnpradaniyy_

Liburan tanpa mengabadikan momen lewat kamera pastinya kurang lengkap, ya. Apalagi Pantai Kura-kura menyajikan sudut-sudut cantik untuk berswafoto.

Ada beberapa spot foto yang bisa kamu kunjungi, mulai dari gardu pandang berbentuk kapal, ayunan, hingga gazebo. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan Gili Tenge maupun tebing-tebing tinggi di sekitar.

5. Kulineran di warung sekitar pantai

instagram.com/student_council.id

Setelah beraktivitas di pantai seharian, tubuh tentu membutuhkan pengisi energi kembali. Tidak usah khawatir, kamu bisa mencoba kulineran di warung sekitar pantai.

Warung-warung tersebut biasanya menyediakan berbagai hidangan laut yang segar. Pemandangan alam di sekitar pantai yang indah tentu akan membuat suasana santap nikmat makin berkesan.

6. Berkemah

instagram.com/yusni_wahyudi

Terakhir, kamu bisa camping juga jika ingin menghabiskan suasana malam di Pantai Kura-kura, lho. Pilih tempat berkemang di area bukit maupun pinggir pantai yang aman. Menyaksikan gemerlap bintang disertai suasana pantai yang damai akan menjadi pengalaman menyenangkan untukmu, deh!

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memikat, Pantai Kura-kura juga memiliki berbagai aktivitas seru yang wajib kamu coba. Beberapa aktivitas yang ditawarkan di atas bisa menjadi pengalaman liburan mengasyikkan saat kamu ingin mencari suasana baru. Tunggu apalagi yuk, main!

IDN Channels

Latest from Travel