Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata di Sumedang yang Suguhkan Panorama Alam

Wisata di Sumedang yang patut kamu kunjungi

Nindi Widya Wati

Sumedang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Maka dari itu, tak heran kalau wisata berupa air terjun, pegunungan, hingga keindahan hutan pinus selalu banyak menarik minat wisatawan. 

Apalagi, kalau melihat setiap destinasi yang ada masih memiliki udara yang sejuk dan panorama indah. Kalau tertarik ingin menikmati wisata di Sumedang, maka bisa menyimak informasi lengkapnya berikut ini, Bela! 

1. Waduk Jatigede

Instagram.com /

Waduk Jatigede adalah tempat yang banyak menarik minat wisatawan di Sumedang karena pemandangannya yang indah. Selain itu, Waduk Jatigede memiliki pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi dengan perahu.

Waduk yang kerap menjadi tempat mancing ikan gabus sampai ikan mas ini, berlokasi di Jalan Jatigede-Bakom, Cijeungjing, Kecamatan Jatigede. Jika tertarik ingin liburan di Waduk Jatigede, buka setiap hari pukul 08:00 WIB - 20:00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

2. Taman Endog

Instagram.com /

Taman Endog menjadi ruang terbuka hijau di Sumedang yang cukup ikonik. Taman yang kerap menjadi tempat liburan keluarga ini berlokasi di Jalan Mayor Abdurachman, Talun, Kotaleker, Kecamatan Sumedang Utara.

Taman yang dibangun pada tahun 1990 ini, berupa tugu berbentuk telur raksasa yang di bawahnya terdapat dua buah tangan sebagai penyangga. Jika ingin mengabadikan momen di taman yang buka 24 jam ini, pengunjung tidak ditarik biaya alias gratis.

3. Curug Cinulang

Instagram.com /

Kalau sedang menacari rekomendasi destinasi alam di Sumedang, maka ada Curug Cinulang yang patut masuk rekomendasi wisata. Curug yang berjarak 43 kilometer dari pusat Kota Sumedang ini, berlokasi di Jalan Cicalengka Sindang Wangi, Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka.

Curug Cinulang memiliki dua air terjun kembar yang tingginya mencapai 50 meter, yang menjadi spot foto ikonik. Curug yang setiap hari buka pukul 08:00 WIB sampai 16:00 WIB ini, harga tiket masuknya sebesar Rp20.000 per orang.

4. Gunung Kerenceng

Instagram.com /

Gunung Kerenceng kerap menjadi pilihan favorit para pendaki pemula. Gunung setinggi 1754 mdpl ini, punya track mendaki yang tidak terlalu sulit dan biasanya dapat dicapai kurang lebih hanya 4 jam. 

Gunung yang harga tiketnya sebesar Rp5.000 per orang ini, beralamat di Sukajaya, Sumedang Selatan, Kecamatan Cimanggung. Kalau ingin menikmati keindahan Gunung Krenceng, waktu yang paling tepat saat matahari terbit. 

5. Gunung Tampomas

Instagram.com /

Mari bergeser ke Gunung Tampomas, yang biasanya selalu ramai oleh para pendaki. Gunung berapi dengan ketinggian 1684 mdpl ini, berlokasi di Cibeureum Wetan, Cimalaka, Kabupaten Sumedang. 

Kalau ingin mencapai puncak Gunung Tampomas, biasanya dapat ditempuh dalam waktu 4 hingga 7 jam. Harga tiket masuk ke gunung yang memiliki wisata air panas ini, sebesar Rp5.000 per orang. 

6. Pangjugjugan

Instagram.com /

Bila ingin menikmati waktu santai bersama orang tersayang, maka terdapat wisata alam Pangjugjungan. Tempat liburan ini berada di lingkungan pedesaan atau tepatnya di Dusun Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan. 

Wisata yang berada di kaki Gunung Kareumbi, ini memiliki area hutan pinus, perkebunan, dan area bermain flying fox. Tempat dengan suasana yang masih asri ini, buka setiap hari pukul 07:00 WIB sampai 16:00 WIB dengan hatga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. 

7. Curug Gorobog

Instagram.com /

Curug Gorobog jadi wisata alam yang cukup populer di Sumedang karena suasananya asri. Destinasi yang kerap menjadi favorit keluarga ini, berlokasi di kaki Gunung Goong, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. 

Curug Gorobog dengan tiga tingkat air terjun ini memiliki spot foto yang Instagramable. Kalau ingin berkunjung ke Curug Gorobog, tarif masuknya sebesar Rp10.000. 

8. Kampung Ciherang

Instagram.com /

Sumedang memiliki destinasi wisata berupa Kampung Ciherang, yang memiliki kolam renang, wahana arung jeram mini, dan aktivitas outbond. Kampung Ciherang berlokasi di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari.

Terdapat spot foto berupa hutan pinus yang biasanya digunakan pula sebagai tempat bermain motocross. Kampung Ciherang buka setiap hari pukul 08:00 WIB sampai 17:00 WIB, dengan harga tiket masuknya Rp20.000 per orang. 

Itulah, 8 tempat wisata di Sumedang yang bisa masuk daftar tempat liburan. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Travel