Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Lagi Hits dan Ikonik

Wisata yang patut kamu kunjungi di Sidoarjo!

Nindi Widya Wati

Sidoarjo memang dikenal sebagai salah satu kota padat industri di Jawa Timur. Meski begitu, Kota Udang ini memiliki sejumlah tempat wisata alam hingga destinasi yang bersejarah. 

Bahkan, wisata di Sidoarjo kerap menjadi pilihan tempat liburan karena memiliki spot foto ikonik dan Instagramable. Lantas, mana saja tempat wisata di Sidoarjo yang lagi hits? Mari simak informasinya lewat artikel berikut ini, Bela! 

1. Candi Pari

Dok. Istimewa

Siapa sangka, di tengah hiruk pikuknya kawasan industri di Sidoarjo, kita bisa menikmati wisata sejarah berupa Candi Pari. Candi yang menjadi bukti masa keemasan Kerajaan Majapahit ini, terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong. 

Candi yang dibangun pada masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk ini, dibangun pada tahun 1293 saka atau 1371 masehi. Candi Pari kini menjelma tempat eduwisata yang buka 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang.

2. Candi Dermo

Dok. Istimewa

Candi Dermo menjadi saksi peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Sidoarjo. Candi yang dibangun pada masa kepemimpinan Adipati Terung di tahun 1353 masehi ini, beralamat di Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu.

Candi yang menjadi tempat eduwisata ini, buka 24 jam dengan pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Bila berkunjung ke Candi Dermo, kita bisa belajar tentang nilai-nilai sejarah kejayaan Kerajaan Majapahit dan warisan leluhurnya. 

3. Pantai Kepetingan

Dok. Istimewa

Mari bergeser menikmati keindahan Pantai Kepetingan yang berlokasi di Kepetingan, Kecamatan Buduran. Pengunjung bisa menikmati panorama pantai sembari menikmati sajian seafood yang nikmat dengan harga ramah di kantong.

Selain menjadi tempat wisata, Pantai Kepetingan terkadang digunakan untuk menjalankan ibadah melasti hingga ritual nyadran. Pantai Kepetingan buka setiap hari mulai pukul 05:00 WIB sampai 15:00 WIB ini, harga tiket masuknya Rp20.000 per orang.

4. Wisata Kampung Sepatu

Dok. Istimewa

Biasanya orang berwisata bukan hanya untuk liburan, tetapi juga untuk mencari inspirasi. Maka, tidak ada salahnya mampir ke Wisata Kampung Sepatu yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 11, Belahan, Wedoro, Kecamatan Waru.

Saat datang ke Wisata Kampung Sepatu ini, kita bisa berbelanja sepatu model terbaru dengan harga lebih terjangkau, dan bisa minta desain sesuai keinginan. Destinasi yang diharapkan makin ramai wisatawan ini, buka 24 jam setiap harinya.

5. Alas Prambon

Dok. Istimewa

Kalau ingin menikmati wisata yang lebih refreshing di Sidoarjo, maka ada ruang terbuka hijau bernama Alas Prambon. Alas Prambon yang letaknya mudah dijangkau ini, berlokasi di Dusun Ngingas, Desa Simpang, Kecamatan Prambon.

Selain memiliki pemandangan yang indah, Hutan Prambon juga dilengkapi beragam fasilitas outbond seperti line bridge, jaring laba-laba, chain swing, hingga crawling net. Wisata yang buka setiap pukul 08:00 WIB sampai 17:00 WIB ini, harga tiket masuknya sebesar Rp60.000 per orang.

6. Pemancingan Delta Sidoarjo

Dok. Istimewa

Pemancingan Delta Sidoarjo menawarkan serunya memancing sembari bermain bersama keluarga. Tempat yang dikenal punya hasil tangkapan ikan patin hingga ikan gurame jumbo ini, berlokasi di Jalan Mbah Sholeh Nomor 1, Prasungtambak, Prasung, Kecamatan Buduran. 

Kalau membahas wahana permainan di Pemancingan Delta Sidoarjo, ada flying fox, kolam renang, hingga perahu angsa. Wisata yang harga tiket masuknya Rp20.000 per orang ini, buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB sampai 17:00 WIB.

7. Museum Mpu Tantular

Dok. Istimewa

Bila suka dengan wisata sejarah, maka patut mengunjungi Museum Mpu Tantular yang terletak di Jl Raya Buduran Jembatan Layang, Kecamatan Buduran. Museum yang awalnya bernama Stedelijk Historisch Museum Soerabaia ini, resmi dibuka pada 25 Juli 1937.

Museum Mpu Tantular mengoleksi sejumlah hasil warisan budaya, mata uang, naskah kuno, fosil, hingga arca dari Buddha dan Hindu. Pengunjung bisa menjelajahi Museum Mpu Tantular dengan harga tiket masuk Rp4.000 per orang. 

8. Permata Water Park

Dok. Istimewa

Permata Water Park kerap menjadi wisata keluarga di Sidoarjo, yang menawarkan wahana kolam renang hingga outbound. Jika ingin berkunjung, Permata Water Park berlokasi di Permata Sidoarjo, Jalan Raya Kludan, Kludan, Kecamatan Tanggulangin. 

Wisata yang buka pukul 08:00 WIB sampai 18:00 WIB ini, harga tiket masuknya mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000. Biasanya, Permata Water Park akan ramai pengunjung saat musim liburan tiba.

Itulah, 8 tempat wisata di Sidoarjo yang lagi hits dan patut kamu kunjungi. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Travel