Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Destinasi Wisata di Blitar, Liburan Ramah di Kantong!

Yuk, nikmati liburan di Blitar, Jawa Timur

Nindi Widya Wati

Terasa menyenangkan saat bisa menikmati waktu liburan ke tempat yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata. Termasuk, kalau menengok wilayah Blitar di Jawa Timur yang menjadi kabupaten dengan menawarkan beragam tempat liburan. 

Mulai dari keindahan panorama alam sampai keseruan wisata buatan ada di kabupaten ini. Dengan berbagai destinasi di Blitar, bisa mengajak orang tersayang liburan dengan menyenangkan serta harganya tetap ramah di kantong. 

Penasaran? Kira-kira mana saja destinasi wisata seru di Blitar, Jawa Timur? Mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Blitar Park

Dok. Istimewa

Menikmati liburan di Blitar terasa makin seru, karena keberadaan destinasi wisatanya yang makin beragam. Salah satunya, dengan adanya Blitar Park yang menjadi tempat liburan keluarga. Untuk memasuki area wisata ini, membayar tiket masuk Rp20.000 per orang atau Rp35.000 per orang untuk tiket paket terusan.

Saat tiba di Blitar Park, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana rekreasi seperti kolam renang, roller coaster, bioskop 5D, hingga gamezone anak. Blitar Park beralamat di Sawahan, Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, dengan buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 08:00 WIB - 22:00 WIB. 

2. Hutan Pinus Gogoniti

Instagram.com / kreativa.privablitar

Saat ingin menikmati alam tenang dan sejuk, Hutan Pinus Gogoniti di Blitar sepertinya menawarkan panorama ini. Sebelum memasuki wilayah hutan ini, pengunjung cukup membayar tiket parkir seharga Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Hutan Pinus Gogoniti terletak di Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

3. Gumuk Sapu Angin

Dok. Istimewa

Panorama alam di Blitar memang jadi satu keindahan yang tidak boleh terlewatkan, salah satunya adalah Gumuk Sapu Angin. Cukup memanjakan mata, karena dari sini pengunjung dapat melihat keindahan Gunung Kawi dan Gunung Kelud.

Sebelum memasuki Gumuk Sapu Angin, bakal membayar tiket masuk seharga Rp3.000 per orang. Wisata Gumuk Sapu Angin terletak di Purworejo, Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

4. Pantai Pangi

Instagram.com / shareblitar

Keindahan wilayah Blitar juga didukung dengan keberadaan pantai, salah satunya adalah Pantai Pangi yang punya air laut berwarna biru. Makin bikin betah, karena di Pantai Pangi tersedia penginapan yang berfasilitas cukup memadai.

Sebelum masuk ke Pantai Pangi, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang. Pantai Pangi terletak di ujung barat Kabupaten Blitar, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.  

5. Kampung Cokelat

Instagram.com / berandablitar

Bagi para pencinta cokelat, ayo merapat! Karena di Blitar ada wisata berupa Kampung Cokelat. Tak hanya bisa mencicipi cokelat secara langsung, tapi pengunjung juga diajak belajar tentang proses menanam dan mengolah buah cokelat.

Makin terasa seru, kalau melihat berbagai arena permainan untuk anak-anak dan terdapat kelas memasak cokelat. Cukup membayar tiket masuk Rp20.000, bisa berkunjung ke Kampung Cokelat yang berada di Jalan Banteng - Blorok Nomor 18, Desa Plosorejo, RT. 01/RW 06, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

6. Agrowisata Belimbing Karangsari

Dok. Istimewa

Blitar sebagai wilayah yang dikenal banyak menghasilkan belimbing terbaik, memiliki destinasi berupa Agrowisata Belimbing Karangsari. Selain melihat perkebunan belimbing, pengunjung bisa memetik dan menikmati buah belimbing langsung dari kebunnya.

Wisata ini buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 08:00 WIB - 16:00 WIB. Ketika hendak memasuki Agrowisata Belimbing Karangsari, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Alamat lengkapnya di Jalan Jeruk, RT.002/RW.006, Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Blitar.

7. Water Park Sumber Udel

Instagram.com / lutfiah_fitriya

Bila ingin menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas main air, maka Water Park Sumber Udel bisa menjadi rekomendasi menarik. Lantaran, tempat ini punya berbagai wahana air, mulai dari kolam anak, kolam dewasa, hingga kolam arus.

Wisata yang buka setiap hari Senin sampai Minggu ini, beroperasional mulai pukul 06:00 WIB - 17:00 WIB. Water Park Sumber Udel ada di Jalan Kalibrantas Nomor 31, Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kabupaten Blitar. Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini, harga tiket masuknya sebesar Rp10.000.

8. Makam Bung Karno

Instagram.com / jelajahblitar

Kurang lengkap rasanya, kalau sudah ada di Blitar tapi enggak berkunjung ke Makam Bung Karno. Saking ikoniknya tempat peristirahatan terakhir Presiden Pertama Republik Indonesia ini, kerap masuk daftar kunjungan wajib para wisatawan. Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno Nomor 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kabupaten Blitar. 

Makam Bung Karno buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 07:00 WIB - 18:00 WIB, dengan harga tiket Rp3.000 per orang. Saat berada di dalam kompleks Makam Bung Karno, biasanya pengunjung berziarah. Lalu, bisa pula melihat berbagai fasilitas berupa perpustakaan nasional RI, museum, hingga gong perdamaian.

9. De Karanganjar Koffieplantage

Instagram.com / vitaekasandra

Ada pula destinasi wisata menarik untuk para pecinta pecinta kopi, bernama De Karanganjar Koffieplantage. Area perkebunan kopi ini, dibuka sejak 1874 oleh Belanda sehingga memiliki bangunan yang bernuansa kolonial cukup kental.

Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di kaki lereng Gunung Kelud sembari menjajal berbagai olahan kopi. De Karanganjar Koffieplantage terletak di Karanganyar Timur, Modangan, Nglegok, Kabupaten Blitar. Sebelum memasuki area wisata, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp25.000. 

10. Pantai Tambak Rejo

Instagram.com / muhamad_wahyudii

Kalau ingin menikmati keindahan pantai pasir putih dengan ombak yang tenang, maka cobalah ke Pantai Tambak Rejo. Selain itu, pengunjung juga dapat mampir ke tempat pelelangan ikan, yang biasanya menjual tangkapan laut langsung dari para nelayan. Pantai yang harga tiket masuknya sebesar Rp6.000 ini, berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. 

Itulah, 10 destinasi wisata di Blitar, Jawa Timur yang bisa masuk daftar liburanmu! Tertarik untuk berkunjung, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel