Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Spot Sunset di Jogja, Cantik Banget!

Pemburu sunset wajib ngonten di sini

Niken Ari Prayitno

Momen sunset atau saat matahari tenggelam menjadi momen yang sangat dinanti. Sebab, di waktu-waktu inilah, cahaya matahari tampak begitu jingga menyala sebelum akhirnya tenggelam dan hari bergantikan malam. Karena waktunya yang singkat itulah, maka para pemburu sunset harus sigap mengabadikan momen. Tak jarang, mereka rela menunggu dan mendatangi spot tertentu agar mendapatkan momen sunset terbaik.

Yogyakarta menjadi salah satu lokasi yang memiliki cukup banyak spot untuk menangkap sunset. Bukan hanya di pantai, ini beberapa spot sunset di Jogja yang nggak boleh kamu lewatkan.

1. Rooftop Pasar Prawirotaman

Mengejar spot sunset di Jogja, kamu nggak perlu jauh-jauh ke pantai. Di tengah kota juga terdapat spot cantik untuk mengabadikan sunsetkok. Salah satu lokasinya ada di Rooftop Pasar Prawirotaman. 

Di lokasi tersebut terdapat kafe yang menyajikan makanan dan minuman, bahkan kopi. Sehingga, saat menunggu sunset kamu bisa sambil ngemil atau ngopi. Jadi waktu menunggu bisa nggak terasa, kan?

Alamat: Jl. Parangtritis No.103, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Candi Ratu Boko

Menikmati keindahan matahari terbenam di balik bangunan yang bersejarah bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Spot sunset juga kini menjadi salah satu agenda wisata yang di-highlight di Candi Ratu Boko. Setiap harinya, cukup banyak pengunjung yang memang sengaja hadir untuk mengabadikan sunset di sana. 

Candi Ratu Boko memberikan tarif Rp20 ribu untuk anak-anak dan Rp40 ribu untuk pengunjung dewasa. Dengan harga tiket tersebut, kamu sudah bisa mengeksplorasi keindahan sejarah Candi Ratu Boko. Jika ingin menangkap momen sunset, datang pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Sebab, terakhir pembelian tiket setiap harinya maksimal di pukul 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bukit Paralayang Watugupit

Berbatasan langsung dengan pantai, Bukit Paralayang Watugupit memiliki pemandangan yang super cantik. Apalagi jika kamu adalah penikmat sunset. Bukit Paralayang Watugupit menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. 

Menyajikan menu yang ramah di kantong dan makanan-makanan comfort, Bukit Paralayang Watugupit langsung menjadi destinasi favorit. Kamu pernah mampir ke sini, Bela?

Alamat: Jl. Paralayang, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

4. Bukit Bintang

Sore menjelang malam menjadi waktu yang sempurna untuk menghabiskan waktu di Bukit Bintang, Yogyakarta. Sebab, sebelum malam turun menutupi langit dan hamparan lampu terlihat bak gugusan bintang, kita akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang tak kalah cantik. 

Terdapat beberapa kafe di sana, kamu bisa menghabiskan waktu sambil quality time bersama orang tersayang sambil menikmati sunset yang tak akan terlupakan.

Alamat: Area Kebun, Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul Regency, Yogyakarta

5. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Tidak sempat mengunjungi kawasan pantai, tapi tetap ingin menikmati suasana matahari terbenam yang romantis di Yogyakarta? Tenang saja, Bela. Alun-Alun Kidul menjadi salah satu spot sunset di Jogja yang juga banyak diburu pencinta sunset. Bukan hanya kaya akan sejarah dan mitos karena pohon beringin kembarnya, Alun-Alun Kidul juga menjadi tempat yang cantik untuk menikmati matahari terbenam.

Alamat: Jl. Ngadisuryan Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

6. Puncak Sosok

Sembari menunggu sunset, Puncak Sosok menyajikan live music, menu makanan kekinian, dan minuman yang bisa menemani kamu. Bahkan, kamu bisa memiliki spot-mu sendiri untuk menikmati matahari terbenammu. Kamu bisa duduk di meja ala kafe, lesehan di pendopo, atau duduk di undakan batu. Semua terserah kamu, senyamannya kamu.

Alamat: Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Shoka Bukit Senja

Menghadap langsung ke arah Pantai Parangtritis, Shoka Bukit Senja menjadi lokasi favorit untuk menikmati matahari terbenam. Warnanya yang jingga kemerahan, ditemani dengan angin sepoi yang bertiup, ditambah dengan secangkir kopi hangat, dijamin soremu akan jauh lebih berkesan dan tak terlupakan.

Alamat: Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul Regency, Yogyakarta 55872

8. Gunung Api Purba

Masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark, Gunung Api Purba di Yogyakarta ini juga menjadi spot sunset terbaik. Bukan hanya menjadi tempat untuk memburu matahari terbenam yang panoramanya memanjakan mata, Gunung Api Purba juga sangat indah sebagai tempat berkemah. Tunggu saja sampai malam datang, kamu akan melihat hamparan lampu-lampu yang berkelap-kelip layaknya bintang. 

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Candi Ijo

Mirip dengan Candi Ratu Boko, di Candi Ijo kamu juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang indah. Sayangnya, pesona Candi Ijo kurang dikenal oleh para wisatawan. Lokasi menikmati sunset di sini jadi tidak begitu ramai. Sehingga, untuk kamu yang ingin membuat konten, tak akan banyak terganggu karena tak begitu banyak orang yang belalu lalang.

Harga masuk ke dalam Candi Ijo juga jauh lebih murah. Yakni hanya Rp7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp14.000 untuk wisatawan asing.

Alamat: Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

10. Puncak Becici

Terakhir, kamu bisa menikmati matahari terbenam sekaligus berfoto di spot yang Instagramable di Puncak Becici. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk tiket masuk dan kamu bisa menikmati sunset yang tak terlupakan. Di dalam lokasi terdapat pula penjual makanan dan minuman yang bisa kamu pesan untuk menemani kamu menunggu sunset.

Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itulah tadi spot sunset di Jogja yang bisa kamu pilih untuk menikmati matahari terbenam. Ingin berkunjung ke yang mana dulu, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel