Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Atraksi Seru di Singapura Menyambut Liburan Akhir Tahun

Rencanakan liburan akhir tahun dari sekarang!

Niken Ari Prayitno

Akhir tahun hanya tinggal menunggu hitungan bulan, sudah saatnya kita mempersiapkan rencana liburan akhir tahun yang berkesan. Tak perlu jauh-jauh, Singapura yang membutuhkan waktu tempuh hanya dua jam menggunakan pesawat dari Jakarta, bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. 

Termasuk negara kecil, tapi Singapura selalu memiliki atraksi baru tiap tahunnya. Sehingga, kamu tak akan pernah bosan untuk menjelajahinya. Di akhir tahun 2024 ini, Singapura sudah menyiapkan berbagai atraksi seru yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Illumi in Singapore (mulai 13 September 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Marina Bayfront Singapura kini semakin berpendar dengan Illumi, instalasi pencahayaan, suara, dan multimedia terbesar di dunia, mulai 13 September 2024. Instalasi ini sekaligus menandai debut internasional acara yang pertama kali diluncurkan di Kanada. Illumi menampilkan pohon bercahaya tertinggi di dunia berjudul "Tree of Lights"; yang berdiri di ketinggian 47 meter, komidi putar yang mempesona, serta sembilan segmen berbeda yang dipenuhi dengan animatronik yang hidup dan ribuan instalasi yang diterangi dengan 20 juta lampu LED.

Kamu dapat menjelajahi sembilan segmen bertema unik, antara lain The Enchanted Maples yang mengangkut para tamu ke Kanada, negeri ajaib musim dingin dengan kepingan salju yang berkilauan di Wall of Lights, surga yang damai dengan lebih dari 200 struktur hewan di Puppies and Kitties, Hutan Ajaib yang bersinar dengan satwa liar yang megah, hinnga The Dune Palace yang terinspirasi Sahara. Keindahan Illumi yang unik menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi musim ini bersama keluarga.

2. Singapore Food Festival (1-31 Oktober 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Belum terlambat untuk hadir ke Singapore Food Festival, pesta kuliner selama sebulan penuh yang menghadirkan hidangan terbaik. Pencinta kuliner dapat menjelajahi beragam santapan lokal dan internasional, dengan festival pop-up unik yang menampilkan menu inovatif juga hidangan tradisional favorit.

Acara bertema khusus yang diadakan di berbagai tempat ternama seperti Yantra, ATLAS, Flowerhill, dan The Villa, akan mengajak para pengunjung untuk menyelami kisah di balik hidangan yang disajikan, menjadikan setiap gigitannya sebagai sebuah perjalanan melintasi lanskap kuliner Singapura. Dengan acara baru yang diumumkan setiap minggunya festival ini menjanjikan cita rasa yang kaya dan mengesankan dari hidangan terbaik yang ditawarkan Singapura.

3. The World of Studio Ghibli (4 Oktober 2024-2 Februari 2025)

Pameran Studio Ghibli pertama di Singapura siap menyapa kamu dan keluarga. Berlokasi di ArtScience Museum, Marina Bay Sands, pameran ini menawarkan kesempatan kepada pengunjung, baik orang dewasa yang tumbuh besar bersama Studio Ghibli atau anak-anak penggemar kisah magis yang diceritakannya, untuk bertemu dengan karakter favorit mereka dari 11 film karya Studio Ghibli yang paling dikenal.

Biarkan dirimu terhanyut dalam adegan ajaib dari My Neighbour Totoro, Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, Princess Mononoke, dan masih banyak lagi. Melalui panggung teatrikal serta instalasi dan aktivitas seni interaktif, The World of Studio Ghibli kamu akan dibawa mempelajari karakter dan kisah luar biasa yang diciptakan oleh salah satu studio animasi terkemuka di dunia.

4. Monet Inside (4 Oktober 2024-23 Februari 2025)

Dok. Singapore Tourism Board

Acara kultural selanjutnya adalah Monet Inside, pameran seni imersif yang membawamu ke dalam dunia Claude Monet. Pameran ini akan berlangsung di daerah Bugis, tepatnya di Parkview Square, 600 North Bridge Rd, Singapura. Pameran ini mengajak kamu menjelajahi kehidupan dan warisan pelukis ikonis asal Prancis ini, mulai dari awal kariernya sebagai seniman karikatur, hingga menciptakan karya impresionis terpenting dalam sejarah melalui proyeksi 360 derajat yang memukau dan instalasi interaktif.

Kisah hidup Monet juga akan diceritakan selama pameran oleh sahabat dekatnya, Paul Durand-Ruel, sehingga pengunjung dapat memperoleh wawasan unik mengenai kisah-kisah yang belum terungkap tentang rasa sakit dan ketangguhan yang mengilhami karyanya. Pameran ini merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta seni dan pengunjung, yang akan menghadirkan keindahan Impresionisme dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

5. UltraLuxe Singapore (4-13 Oktober 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Bagi kamu yang mencari kemewahan, UltraLuxe Singapore dapat menjadi tujuan utama. Acara eksklusif ini menyatukan merek dan pengalaman terbaik, mulai dari mencicipi hidangan gourmet, hingga perhiasan kelas atas dan peragaan busana yang sedang tren.

UltraLuxe Singapore akan dibagi menjadi dua segmen selama sepuluh hari, yaitu Edisi I (4 - 8 Oktober) dan Edisi II (9 - 13 Oktober) yang menampilkan 12 pameran tematik selama 10 hari yang menarik.

Diselenggarakan di TENT yang ikonis di Ngee Ann City Civic Plaza di Orchard Road, UltraLuxe Singapore merupakan acara yang sempurna bagi para penggemar fesyen dan penikmat hal-hal yang lebih baik dalam hidup.

6. Tour de France Prudential Singapore Criterium (9 - 10 November 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Kembali untuk edisi kedua yang sangat dinanti-nantikan, Tour de France Prudential Singapore Criterium (9 - 10 November) mempertemukan 32 pesepeda selebritas paling elit di dunia dalam sebuah pertunjukan atletis yang menggembirakan. Dengan latar belakang langit Singapura yang ikonis, para pesepeda akan melintasi sirkuit jalanan Singapura yang dirancang khusus dan melintasi berbagai lokasi penting seperti War Memorial dan Fountain of Wealth di Suntec City.

Sebagai ajang balap sepeda unggulan di Asia Tenggara yang didukung oleh Tour de France yang bergengsi, akhir pekan yang mendebarkan ini bukan hanya tentang balapan, tetapi juga menghadirkan kesempatan bagi para penggemar untuk berinteraksi dengan para pembalap sepeda favorit mereka melalui sesi temu sapa, di samping suasana yang meriah dan penuh dengan hiburan. Puncaknya, acara ini akan ditutup dengan dua malam konser yang meriah, menjadikannya perayaan olahraga, komunitas, dan budaya yang sesungguhnya.

7. Standard Chartered Singapore Marathon (29 November - 1 Desember 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Bersiaplah untuk mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon (29 November - 1 Desember), sebuah perayaan kesehatan, komunitas, dan kecintaan terhadap olahraga lari. Acara ikonik ini mengundang para peserta dari berbagai kalangan atlet elit, pelari kasual, dan pelari pemula untuk bergabung dalam keseruannya. Dengan berbagai kategori lomba, termasuk maraton penuh, setengah maraton, 10K, dan 5K, selalu ada sesuatu untuk semua orang.

Para pelari akan melintasi rute-rute indah yang melewati lingkungan kota yang semarak, taman-taman yang rimbun, dan landmark ikonis, sembari memupuk semangat persahabatan di antara para peserta dan penonton.

Maraton ini mempertemukan ribuan pelari yang bersemangat, acara ini tidak hanya mempromosikan kebugaran, tetapi juga menyoroti dedikasi Singapura terhadap gaya hidup sehat. Pastikan kamu bergabung dalam acara penting ini, di mana setiap langkahnya membantu memupuk rasa kebersamaan dan pencapaian bersama.

8. Anime Festival Asia Singapore (29 November - 1 Desember 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Untuk para Wibu, bersiap berlibur akhir tahun ke Singapura. Sebab, Anime Festival Asia Singapore (29 November - 1 Desember) kembali hadir dengan lebih besar dan lebih berani dari sebelumnya. Akan berlangsung di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre, 1 Raffles Boulevard Singapore, acara tahun ini akan menampilkan pemutaran film eksklusif, temu sapa dengan para pengisi suara, dan pertunjukan hololive spesial dari para artis papan atas.

Para penggemar dapat mengunjungi stan interaktif, mengikuti kompetisi cosplay, dan membeli official merchandise edisi terbatas.

Untuk kamu, seorang penggemar lama maupun pendatang baru di dunia anime, AFASG 2024 menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan di mana kreativitas, fandom, dan komunitas menjadi satu.

9. Singapore Comic Con 2024 (7 - 8 Desember 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Kemeriahan berlanjut dengan Singapore Comic Con 2024 (7 - 8 Desember). Perayaan budaya pop terbesar ini akan kembali hadir di Sands Expo and Convention Centre, Marina Bay Sands, Singapura. Singapore Comic Con akan menghadirkan sederet acara yang menjanjikan sesuatu bagi setiap penggemar, mulai dari komik, game, film, anime, dan barang koleksi.

Para pengunjung dapat menantikan panel-panel yang menampilkan para kreator buku komik ternama, cuplikan eksklusif film dan serial blockbuster yang akan datang, dan Artist Alley yang semarak di mana para kreator indie memamerkan karya-karya terbaru mereka.

Kompetisi cosplay akan kembali menjadi sorotan, dengan para penggemar yang mengenakan kostum unik yang menghidupkan karakter-karakter kesayangan mereka, sementara lokakarya interaktif menawarkan pembelajaran langsung di berbagai bidang seperti desain karakter, mendongeng, dan seni digital.

Ruang pameran akan dipenuhi dengan koleksi langka dan dagangan eksklusif lebih dari 250 peserta pameran, menjadikannya tempat yang tepat bagi para penggemar untuk menemukan barang-barang unik dari seluruh spektrum budaya pop.

Untuk penggemar komik yang sudah lama atau baru pertama kali menjelajahi dunia geek, Singapore Comic Con 2024 menjanjikan akhir pekan yang penuh dengan keseruan, kreativitas, dan pengalaman mendalam.

10. Marina Bay Singapore Countdown 2025 (31 Desember 2024)

Dok. Singapore Tourism Board

Terakhir, Singapura akan menutup tahun ini dengan acara tahunan Marina Bay Singapore Countdown 2025. Sebagai acara Malam Tahun Baru terbesar di Singapura, perayaan sambutan tahun baru ini akan menampilkan kembang api dan cahaya yang memukau di Marina Bay yang ikonis.

Di luar kemeriahannya, penghitungan mundur malam Tahun Baru ini juga akan menjadi momen refleksi dan pembaharuan bersama. Jadi, pastikan kamu menyambut impian dan harapanmu di tahun yang baru dengan memasang "wishing spheres" bercahaya di Bay of Hope and Light.

Bagaimana, Bela? Sudah menentukan ingin menikmati atraksi dan event yang mana di Singapura akhir tahun nanti?

IDN Channels

Latest from Travel